Penerapan Metode Tsaqifa Dengan Metode Kooperatif Pada Pengajaran Baca Al-Quran Kelompok Pengajian Muslimah Dusun Pokoh Desa Wonoboyo Kecamatan Wonogiri Kabupaten Wonogiri
DOI:
https://doi.org/10.32478/evaluasi.v3i2.262Keywords:
Perencanaan, Metode Tsaqifa, Bebas Buta Aksara Hijaiyyah, Belajar Membaca Huruf Hijaiyyah, Baca Tulis Al-Quran.Abstract
Tujuan umum penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode Tsaqifa di;ingkup pengajian muslimah dusun Pokoh desa Wonoboyo kecamatan Wonogiri kabupaten Wonogiri. Tujuan khusus penelitian ini adalah; (1) mengetahui perencanaan penerapan metode Tsaqifa dengan metode pembelajaran kooperatif (2) megetahui penerapan metode Tsaqifa dengan metode pembelajaran kooperatif (3) mengetahui hasil penerapan metode Tsaqifa dengan metode pembelajaran kooperatif. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif study lapangan (penelitian lapangan). Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa; (1) Dengan penerapan Tsaqifa dan metode kooperatif ini mampu menuntaskan anggota kelompok pengajian muslimah dusun Pokoh desa Wonoboyo kecamatan Wonogiri dari buta aksara Hijaiyyah. (2) Penerapan metode Tsaqifa dalam kelompok pengajian ini diikuti dengan pembelajaran tahsin praktis dengan cara tilawah bergilir setelah selesai program. (3) Untuk menunjang kelancaran membaca Al-Quran, ditindak lanjuti dengan tilawah bergilir setiap pekannya.
Abstract
The general objective of this research was to study the method of applying Tsaqifa in; recitation of Muslim recitation of Pokoh hamlet Wonoboyo village Wonogiri sub-district Wonogiri. The specific objectives of this study were; (1) Learning the plan of applying the Tsaqifa method with cooperative learning method (2) Learning the application of the Tsaqifa method with cooperative learning method (3) Learning the result of applying the Tsaqifa method with cooperative learning method. The research method was used qualitative field study (field research). Data collection technique through observations, interviews, documentations and triangulations. Data analysis techniques were using data reduction, data presentation and drawing conclusion. The results of this study concluded that; (1) With the application of Tsaqifa and this cooperative method, it is able to complete the Muslimah recitation group members of Pokoh hamlet in Wonoboyo village, Wonogiri sub-district from illiteracy of Hijaiyyah. (2) The application of the Tsaqifa method in the study group follows practical tahsin learning by taking turns recitations after the program finishes. (3) To support the smooth reading of the Qur'an, it was followed up with rotating recitation every week.
Keywords: Tsaqifa Method, Hijaiyyah Script Blindness, Learning to Read Hijaiyyah Letters, Reading Al-Qur'an.
Downloads
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
How to Cite
Similar Articles
- Rani Putri Prihatin, Iqbal Faza Ahmad, STRATEGI PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN MINAT SISWA BARU DI MTSN 5 SLEMAN YOGYAKARTA , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 4 No. 2 (2020): Evaluasi-edisi September
- Sherfina Indah Aprilia, Dwi Ratnasari, M. Slamet Yahya, Penggunaan Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa di UIN Saifuddin Zuhri Purwokerto , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 6 No. 1 (2022): EVALUASI- Edisi Maret
- Mochamad Fathoni, Husniyatus Salamah Zainiyati, PEMANFAATAN WEBSITE MADRASAH SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING DI TENGAH PANDEMI COVID-19 DI MTs KEDUNGJAMBE SINGGAHAN TUBAN , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 4 No. 2 (2020): Evaluasi-edisi September
- Sundaniawati Safitri, ANALISIS SWOT PONDOK PESANTREN AL-QURAN CIJANTUNG CIAMIS MENGHADAPI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 6 No. 1 (2022): EVALUASI- Edisi Maret
- Muhammad Syauqillah, Muhammad Zaironi, Ida Fitri Anggarini, PENGUATAN LEMBAGA PESANTREN MELALUI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT, SANTRI DAN ALUMNI PONDOK PESANTREN AL-KHOIROT KARANGSUKO PAGELARAN MALANG , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 7 No. 2 (2023): EVALUASI- Edisi September
- Siti Ngaisah Nurochim, Nurochim Nurochim, OPTIMALISASI USAHA KESEHATAN SEKOLAH/MADRASAH (UKS/M) SEBAGAI DAYA UNGKIT MUTU SUMBER DAYA MANUSIA , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 4 No. 2 (2020): Evaluasi-edisi September
- Siti Almaratus Sholikah, EVALUASI PENERAPAN MODERASI BERAGAMA TERHADAP SIKAP BERAGAMA PESERTA DIDIK DI SMP PGRI KECAMATAN NGRAHO KABUPATEN BOJONEGORO , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 6 No. 1 (2022): EVALUASI- Edisi Maret
- Slamet Slamet, Larasati Sukma Nurhidayah, EVALUASI KINERJA LAYANAN PENDIDIKAN TINGGI: PENDEKATAN METODE IMPORTANCE-PERFORMANCE ANALYSIS , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 7 No. 2 (2023): EVALUASI- Edisi September
- Muhammad Akbar, Aswar Aswar, MANAJEMEN PESERTA DIDIK PADA PONDOK PESANTREN TAHFIZH AL-QUR’AN IMAM ASY-SYAATHIBY WAHDAH ISLAMIYAH TINGKAT ‘ULYA BOTTOBADDO , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 4 No. 2 (2020): Evaluasi-edisi September
- Ebi Nabilah, Mohamad Erihadiana, TELAAH MANAJEMEN KURIKULUM KHAS SEKOLAH RABBANI DALAM UPAYA MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MANDIRI SISWA , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 6 No. 1 (2022): EVALUASI- Edisi Maret
You may also start an advanced similarity search for this article.