STRATEGI PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN MINAT SISWA BARU DI MTSN 5 SLEMAN YOGYAKARTA

Published : 2020-09-04 | Abstract viewsc: 1066 | PDF views: 762
------------------------------------------------------------------------------------------------
: Rani Putri Prihatin(1*), Iqbal Faza Ahmad(2),

(1) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
(2) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Hakikat lembaga pendidikan sebagai penyedia jasa pendidikan adalah untuk memberikan layanan yang baik kepada pengguna jasa pendidikan. Tujuan dari marketing atau pemasaran adalah memberikan informasi tentang keunggulan dari layanan dan fasilitas suatu Lembaga pendidikan kepada calon pengguna jasa pendidikan agar tertarik untuk menggunakan jasa pendidikan tersebut. Bauran pemasaran atau Marketing mix adalah strategi pemasaran barang yang di asosiasikan dengan jasa, sehingga umum digunakan oleh lembaga pendidikan sebagai strategi pemasaran dibidang jasa pendidikan untuk merespon persaingan dalam dunia pendidikan. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang dilakukan dengan mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, MTs Negeri 5 Sleman Yogyakarta menjalankan strategi pemasaran jasa pendidikan jenis marketing mix atau bauran pemasaran dalam upaya untuk meningkatkan minat siswa baru, hal ini ditunjukkan dengan komponen strategi pemasaran yang dijalankan yaitu: produk (product), harga (price), lokasi/tempat (place), promosi (promotion), orang (people), bukti fisik (proof), proses (process). Kedua, beberapa faktor yang mempengaruhi peningkatan minat siswa baru di MTs Negeri 5 Sleman diantaranya; mempunyai program unggulan sebagai produk seperti program unggulan tahfidz, literasi, sekolah ramah anak; guru dan karyawan yang berkualitas dan berwawasan luas; biaya terjangkau; fasilitas yang menunjang pembelajaran; lokasi yang strategis. Ketiga, faktor-faktor yang menghambat dalam proses pemasaran jasa pendidikan MTs Negeri 5 Sleman Yogyakarta diantaranya yaitu kurangnya pengetahuan masyarakat tentang program unggulan yang dimiliki oleh MTs negeri 5 Sleman. Pelaksanaan pemasaran jasa pendidikan di MTs Negeri 5 Sleman berdampak positif, hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya jumlah minat siswa baru dari tahun ke tahun.

Keywords


Pemasaran Jasa Pendidikan, Siswa Baru, Marketing Mix

Full Text:

PDF

References


Afifah, M. (2017). Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan sebagai Upaya Meningkatkan Kepuasan Stakeholder di SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Skripsi Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Alma, B., & Hurriyati, R. (2011). Manajemen Corporate dan Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan. Alfabeta.

Ara, H., & Machali, I. (2012). Pengelolaan Pendidikan, Konsep, Prinsip, Dan Aplikasi Dalam Mengelola Sekolah Dan Madrasah. Penerbit Kaukaba.

Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian : suatu pendekatan praktik. Rineka Cipta.

Azizah, E. Z. (2016). Startegi Pemasaran Jasa Pendidikan Sebagai Upaya Peningkatan Animo Peserta Didik ( Studi Kasus di SMP Muhammadiyah 1 Depok Yogyakarta). Skripsi Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Bungin, B. (2001). Metodologi Penelitian Sosial: Format-Format Kuantitatif Dan Kualitatif. Airlangga University Press.

Gradus. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan MAN 1 Kalibawang Kulonprogo. Skripsi Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Hamruni. (2011). Strategi Pembelajaran. Insan Madani.

Lexy J. Moleong. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). In PT. Remaja Rosda Karya.

Muhaimin, dkk. (2011). Manajemen Pendidikan: Aplikasinya Dalam Penyusunan Rencana Pengembangan Sekolah/Madrasah. Kencana.

Mulyasa. (2003). Kurikulum Berbasis Kompetensi : Konsep, Karakteristik, dan Implementasi. PT Remaja Rosdakarya.

Paryatun, T. (2013). Peran Humas dalam Pemasaran Jasa Pendidikan di SMA Terpadu Insan Cendekia Yogyakarta. Skripsi Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Samani, M., & dkk. (2011). Manajemen Sekolah: Panduan Praktis Pengelolaan Sekolah. Adicita Karya Nusa .

Sanaky, H. A. (2005). Sertifikasi dan Profesionalisme Guru di Era Reformasi Pendidikan. Jurnal Pendidikan Islam, 7, 29–45.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Syamsuddin A. R., & Damianti, V. S. (2007). Metode penelitian pendidikan bahasa. Remaja Rosdakarya.

Tanzeh, A. (2011). Metodologi penelitian praktis. Teras.

Wijaya, D. (2012). Pemasaran Jasa Pendidikan : Mengapa Sekolah Memerlukan Marketing? Salemba Empat.

Wijaya, D. (2016). Pemasaran Jasa Pendidikan. Bumi Aksara.


Article metrics

Abstract views : 1066 | views : 762


DOI: http://dx.doi.org/10.32478/evaluasi.v4i2.381

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 Rani Putri Prihatin, Iqbal Faza Ahmad

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.