STRATEGI PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN MINAT SISWA BARU DI MTSN 5 SLEMAN YOGYAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.32478/evaluasi.v4i2.381Keywords:
Pemasaran Jasa Pendidikan, Siswa Baru, Marketing MixAbstract
Hakikat lembaga pendidikan sebagai penyedia jasa pendidikan adalah untuk memberikan layanan yang baik kepada pengguna jasa pendidikan. Tujuan dari marketing atau pemasaran adalah memberikan informasi tentang keunggulan dari layanan dan fasilitas suatu Lembaga pendidikan kepada calon pengguna jasa pendidikan agar tertarik untuk menggunakan jasa pendidikan tersebut. Bauran pemasaran atau Marketing mix adalah strategi pemasaran barang yang di asosiasikan dengan jasa, sehingga umum digunakan oleh lembaga pendidikan sebagai strategi pemasaran dibidang jasa pendidikan untuk merespon persaingan dalam dunia pendidikan. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang dilakukan dengan mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, MTs Negeri 5 Sleman Yogyakarta menjalankan strategi pemasaran jasa pendidikan jenis marketing mix atau bauran pemasaran dalam upaya untuk meningkatkan minat siswa baru, hal ini ditunjukkan dengan komponen strategi pemasaran yang dijalankan yaitu: produk (product), harga (price), lokasi/tempat (place), promosi (promotion), orang (people), bukti fisik (proof), proses (process). Kedua, beberapa faktor yang mempengaruhi peningkatan minat siswa baru di MTs Negeri 5 Sleman diantaranya; mempunyai program unggulan sebagai produk seperti program unggulan tahfidz, literasi, sekolah ramah anak; guru dan karyawan yang berkualitas dan berwawasan luas; biaya terjangkau; fasilitas yang menunjang pembelajaran; lokasi yang strategis. Ketiga, faktor-faktor yang menghambat dalam proses pemasaran jasa pendidikan MTs Negeri 5 Sleman Yogyakarta diantaranya yaitu kurangnya pengetahuan masyarakat tentang program unggulan yang dimiliki oleh MTs negeri 5 Sleman. Pelaksanaan pemasaran jasa pendidikan di MTs Negeri 5 Sleman berdampak positif, hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya jumlah minat siswa baru dari tahun ke tahun.Downloads
References
Afifah, M. (2017). Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan sebagai Upaya Meningkatkan Kepuasan Stakeholder di SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Skripsi Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Alma, B., & Hurriyati, R. (2011). Manajemen Corporate dan Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan. Alfabeta.
Ara, H., & Machali, I. (2012). Pengelolaan Pendidikan, Konsep, Prinsip, Dan Aplikasi Dalam Mengelola Sekolah Dan Madrasah. Penerbit Kaukaba.
Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian : suatu pendekatan praktik. Rineka Cipta.
Azizah, E. Z. (2016). Startegi Pemasaran Jasa Pendidikan Sebagai Upaya Peningkatan Animo Peserta Didik ( Studi Kasus di SMP Muhammadiyah 1 Depok Yogyakarta). Skripsi Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Bungin, B. (2001). Metodologi Penelitian Sosial: Format-Format Kuantitatif Dan Kualitatif. Airlangga University Press.
Gradus. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan MAN 1 Kalibawang Kulonprogo. Skripsi Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Hamruni. (2011). Strategi Pembelajaran. Insan Madani.
Lexy J. Moleong. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). In PT. Remaja Rosda Karya.
Muhaimin, dkk. (2011). Manajemen Pendidikan: Aplikasinya Dalam Penyusunan Rencana Pengembangan Sekolah/Madrasah. Kencana.
Mulyasa. (2003). Kurikulum Berbasis Kompetensi : Konsep, Karakteristik, dan Implementasi. PT Remaja Rosdakarya.
Paryatun, T. (2013). Peran Humas dalam Pemasaran Jasa Pendidikan di SMA Terpadu Insan Cendekia Yogyakarta. Skripsi Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Samani, M., & dkk. (2011). Manajemen Sekolah: Panduan Praktis Pengelolaan Sekolah. Adicita Karya Nusa .
Sanaky, H. A. (2005). Sertifikasi dan Profesionalisme Guru di Era Reformasi Pendidikan. Jurnal Pendidikan Islam, 7, 29–45.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Syamsuddin A. R., & Damianti, V. S. (2007). Metode penelitian pendidikan bahasa. Remaja Rosdakarya.
Tanzeh, A. (2011). Metodologi penelitian praktis. Teras.
Wijaya, D. (2012). Pemasaran Jasa Pendidikan : Mengapa Sekolah Memerlukan Marketing? Salemba Empat.
Wijaya, D. (2016). Pemasaran Jasa Pendidikan. Bumi Aksara.Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
How to Cite
Similar Articles
- Zainul Arifin, STUDI EVALUATIF TENTANG KEBERADAAN SEKOLAH PROGRAM BAKAT ISTIMEWA DI MTsN MALANG III BERDASARKAN 8 STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN TINGKAT SMP/MTS , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 2 No. 1 (2018): EVALUASI-edisi MARET
- MIFTACHUL ULUM, PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA MELALUI PENDIDIKAN BERBASIS PONDOK PESANTREN , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 2 No. 2 (2018): EVALUASI-edisi SEPTEMBER
- Iip Muhammad, Septi Gumiandari, Huriyah Huriyah, PENERAPAN PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI MA MIFTAHUTTHOLIBIN KUNINGAN , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 4 No. 2 (2020): Evaluasi-edisi September
- A. Qomarudin Qomarudin, BIAYA MUTU PENDIDIKAN , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 2 No. 2 (2018): EVALUASI-edisi SEPTEMBER
- Noorrela Ariyunita, PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH TERHADAP KINERJA PENDIDIDIK DAN KEPENDIDIKAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) AL HUDA MAGUWO, SLEMAN. , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 3 No. 1 (2019): EVALUASI-edisi MARET
- Devi Pramitha, REVITALISASI KEPEMIMPINAN KOLEKTIF-KOLEGIAL DALAM MEMBANGUN EFEKTIFITAS KOMUNIKASI ORGANISASI PESANTREN (STUDI INTERAKSIONISME SIMBOLIK DI PONDOK PESANTREN JOMBANG) , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 4 No. 1 (2020): Evaluasi- edisi Maret
- Mohammad Ma'ruf, EKSISTENSI PONDOK PESANTREN SIDOGIRI PASURUAN DALAM MEMPERTAHANKAN NILAI-NILAI SALAF DI ERA GLOBALISASI , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 1 No. 2 (2017): EVALUASI-edisi SEPTEMBER
- - Romdloni, PENINGKATAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) MELALUI MANAJEMEN KELAS , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 1 No. 2 (2017): EVALUASI-edisi SEPTEMBER
- Siti Aminah Prayogo, Ari Widodo, MEMBANGUN BUDAYA MUTU DI MADRASAH UNGGUL (Studi Kasus di MAN 1 Jember dan MA Unggulan Nurul Islam Jember) , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 3 No. 1 (2019): EVALUASI-edisi MARET
- Citra Anisa, Rahmatullah Rahmatullah, Visi Dan Misi Menurut Fred R. David Dalam Perspektif Pendidikan Islam , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 4 No. 1 (2020): Evaluasi- edisi Maret
You may also start an advanced similarity search for this article.