MANAJEMEN PERSONALIA SEBAGAI UPAYA DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PERSONALIA DI MADRASAH
DOI:
https://doi.org/10.32478/evaluasi.v1i1.65Keywords:
Manajemen, Personalia, MadrasahAbstract
Manajemen adalah suatu proses penataan dengan melibatkan sumber-sumber potensial baik yang bersifat manusia maupun yang bersifat non manusia dalam rangka mencri tujuan yang efektif dan efisien. Adapun manajemen personalia adalah manajemen yang menitik beratkan perhatiannya kepada soal-soal pegawai atau personalia di dalam suatu organisasi. Keberhasilan suatu pendidikan tidak hanya dilihat dari manajemen kelas, kurikulum, murid dan sebagainya, tetapi juga manajemen personalia ikut berperan dalam keberhasilan suatu pendidikan. Maka diperlukan manajemen personalia. Manajemen personalia adalah perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan kegiatan-kegitan, pengadaan, pengembangan dan pemberian kompensasi, pengintegrasian, pemeliharaan dan pelepasan sumberdaya manusia agar tercapai berbagai tujuan individu dan organisasi dalam masyarakat. KataDownloads
References
Arikunto, Suharsimi. 1990. Organisasi Administrasi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Jakarta: Rajawali Pers. Armstrong, Michael. 1990. A Handbook of Human Resources Management. Alih bahasa oleh Sofyan Cikmat dan Haryanto dengan judul Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Elex Media Komputindo Barber, David. 1982. Manajemen Personalia. Jakarta: Erlangga. Daryanto. 2001. Administrasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta. Flippo, Edwin B. 1984. Manajemen Personalia. Jakarta: Erlangga. Indrawijaya, Adam I. 1989. Perilaku Organisasi. Bandung: Sinar Baru. L. Daft, Richard. 1986. Organization Theory and Desaign. New York: West Publishing Company.
Nawawi, Hadari. 1984. Administrasi Pendidikan. Jakarta: Gunung Agung. Pidarta, Made. 2004. Manajemen Pendidikan Manusia. Jakarta: PT. Rineka Cipta. Purwanto, Ngalim. 1991. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya. Saksono, Slamet. 1993. Administrasi Kepegawaian. Yogyakarta: Kanisius. Soeratman. 1978. Permasalahan Tentang Kesejahteraan Pendidikan. Jakarta: FIP. Soetopo, Hendayat dan Wasty Soemanto. 1982. Pengantar Operasional Administrasi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional. Subroto, Suryo. 1988. Dimensi-Dimensi Administrasi Pendidikan di Sekolah. Jakarta: Bina Aksara. Sudirman. 1991. Ilmu Pendidikan:Kurikulum, Program pengajaran, Efek Intruksional dan pengiring, CBSA, Metode mengajar, Media pendidikan, Pengelolaan kelas dan Evaluasi hasil belajar. Bandung: Remaja Rosdakarya. Sudjana, Nana. 1989. CBSA Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru. Sugiyono. 2005. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta. Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan:Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: PT. Bumi Aksara. Sutisna, Oteng. 1979. Supervisi dan Administrasi Pendidikan. Bandung: Jenmars. Syafaruddin. 2002. Manajemen Mutu Terpadu Dalam Pendidikan, Konsep Strategi dan Aplikasi. Jakarta: Grasindo. Tim Dosen FIP-IKIP Malang. 1980. Pengantar Dasar-Dasar Kependidikan. Surabaya: Usaha Nasional. Usman, Mohammad Uzer. 1995. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset. Wursanto. 2003. Manajemen Kepegawaian I. Surabaya: Kanisius.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
How to Cite
Similar Articles
- Mochamad Nurcholiq, ACTUATING DALAM PERSPEKTIF AL-QURAN DAN AL-HADITS (Kajian Al-Quran dan Al-Hadits Tematik) , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 1 No. 2 (2017): EVALUASI-edisi SEPTEMBER
- Iip Muhammad, Septi Gumiandari, Huriyah Huriyah, PENERAPAN PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI MA MIFTAHUTTHOLIBIN KUNINGAN , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 4 No. 2 (2020): Evaluasi-edisi September
- Mohammad Ma'ruf, EKSISTENSI PONDOK PESANTREN SIDOGIRI PASURUAN DALAM MEMPERTAHANKAN NILAI-NILAI SALAF DI ERA GLOBALISASI , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 1 No. 2 (2017): EVALUASI-edisi SEPTEMBER
- Siswoyo Aris Munandar, Rinda Khoirunnisfa, KH Hasyim Asy'ari and the Teacher Code of Ethics: Thought Study KH. Hasyim Asy’ari on Ethics Education and Its Relevance to Modern Education in Indonesia , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 4 No. 1 (2020): Evaluasi- edisi Maret
- Zaedun Na'im, SEJARAH PERKEMBANGAN MANAJEMEN LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 5 No. 1 (2021): EVALUASI-Edisi Maret
- Zaedun Na'im, KONSEP DASAR DAN TATA KELOLA MANAJEMEN PESERTA DIDIK DI SEKOLAH , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 2 No. 2 (2018): EVALUASI-edisi SEPTEMBER
- Zaedun Na'im, MODEL PENDEKATAN PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 1 No. 1 (2017): EVALUASI-edisi MARET
- Bahar Agus Setiawan, Sofyan Rofi, Antara Recognisi, Rekonstruksi dan Kekhawatiran Hilangnya Indigenousity Pondok Pesantren , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 4 No. 1 (2020): Evaluasi- edisi Maret
- yeyen afista, Umi Sumbulah, Rifqi Hawari, PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM TRANSFORMASI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM DI DI INDONESIA , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 5 No. 1 (2021): EVALUASI-Edisi Maret
- Murniyanto Murniyanto, Siswanto Siswanto, MANAJEMEN SARANA PRASARANA MUTU PEMBELAJARAN DI SMK NEGERI 1 REJANG LEBONG , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 5 No. 1 (2021): EVALUASI-Edisi Maret
You may also start an advanced similarity search for this article.