MANAJEMEN PESANTREN DALAM MENINGKATKAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI PONDOK PESANTREN AL-AMIN NGASINAN REJOMULYO KEDIRI
DOI:
https://doi.org/10.32478/evaluasi.v1i1.66Keywords:
Peningkatan Pendidikan, Pondok PesantrenAbstract
Pondok pesantren adalah lembaga pendidikan Islam yang telah ikut andil dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Lembaga ini sering dikatakan tradisional dikarenakan mempunyai kekhasan tersendiri dalam sistem pendidikannya. Namun, seiring dengan perkembangan zaman tidak sedikit pondok pesantren yang mengadakan pengembangan dengan menerapkan sistem pendidikan modern. Hal ini dimaksudkan sebagai upaya pemeliharaan pesantren agar tetap survive di tengah arus modernasi. Untuk itu menjadi tantangan bagi seoran kyai dalam mengelolannya. Karena dia sangat bertanggungjawab terhadap kelangsungan pendidikan di sana. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, yaitu suatu pendekatan untuk menguraikan ucapan atau tindakan dan keadaan yang dapat diamati dari orang-orang atau subyek. Sumber data yang berupa kata-kata dan tindakan serta dokumen diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Setelah dilakukan analisa, kemudian data dicek keabsahannya melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan serta trianggulasi. Tahap terakhir yaitu berupa penulisan laporan.
Pengembangkan pendidikan adalah mengalir saja maksudnya apa yang dibutuhkan santri itu yang menjadi prioritas utama asalkan bermanfaat bagi semua pihak baik bagi dirinya sendiri, agama, masyarakat dan bangsa. pengembangkan pendidikan meliputi beberapa bidang, yaitu: a) pendidikan agama, b) pendidikan formal/umum, c) pendidikan dakwah, d) pendidikan kesenian, e) pendidikan ketrampilan, dan f) pendidikan olahraga dan kesehatan.
Downloads
References
Abdullah, Yazid, "kyai antara moral dan simbol", (http://serrum.org/buntet pesantren/2015/10/21 DEPAG, Pola Pembelajaran di Pesantren (Jakarta: Ditpekapontren Ditjen Kelembagaan Agama Islam Depag, 2003). Dhofier, Zamakhsyari, Tradisi Pesantren Studi tentang Pandangan Hidup Kyai (Jakarta: LP3ES, 1985). Furchan, Arif, Pengantar Metode Penelitian Kualitatif (Surabaya: Usaha Nasional, 1992). H. M. Sulthon dan Moh. Khusnuridlo, Manajemen Pondok Pesantren (Laks Bang Pressindo, 2006).
http://www.balitbangjatim.com/jurnal_mainIsi_detail.asp?id_jurnal=12&id_isi=17&hal=5
http://www.mail-archive.com/rantaunet@googlegroups.com/msg02206.html. Husen Usman, Purnomo Setiyadi Akbar, Metodologi Penelitian Sosial (Jakarta: Bumi Aksara, 1998). Khoirudin, Politik Kyai, Malang: Averroes Press, 2005. Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian kualitatif (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2000). Mubin, Nurul, Gagap Politik Kaum Santri (Yogyakarta: Rumah Mustika, 2006).
S. Margono, Metode Penelitian Pendidikan (jakarta: PT. Rineka Cipta, 2005).
Suharsini, Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan praktek (Jakarta: Rineka Cipta, 1998). Suhartono, Irwan. Metodologi Sosuial (Bandung: Remaja Rosda Karya, 1995) Tri Dayakisni dan Hudaniyah, Psikologi Sosial (Malang: UMM Press, 2006). Wahid, Marzuki. Pesantren Masa Depan (Bandung: Pustaka Hidayah, 1999)
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
How to Cite
Similar Articles
- Siti Aminah Prayogo, Ari Widodo, MEMBANGUN BUDAYA MUTU DI MADRASAH UNGGUL (Studi Kasus di MAN 1 Jember dan MA Unggulan Nurul Islam Jember) , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 3 No. 1 (2019): EVALUASI-edisi MARET
- Noorrela Ariyunita, PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH TERHADAP KINERJA PENDIDIDIK DAN KEPENDIDIKAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) AL HUDA MAGUWO, SLEMAN. , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 3 No. 1 (2019): EVALUASI-edisi MARET
- - Muzamil, DAMPAK REVOLUSI BUDAYA TERHADAP PENDIDIKAN ANAK DALAM PERSPEKTIF ISLAM , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 1 No. 2 (2017): EVALUASI-edisi SEPTEMBER
- Muhammad Faishal Haq, MANAJEMEN GURU ERA OTONOMI DAERAH , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 1 No. 2 (2017): EVALUASI-edisi SEPTEMBER
- Irwan Fathurrochman, Siswanto Siswanto, Irfan Qowwiyul Aziz Alhajj, Syaiful Bahri, Muhammad Amin, PERAN KEPALA TATA USAHA DALAM MENGEMBANGKAN PENGELOLAAN ARSIP PERKANTORAN , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 8 No. 1 (2024): Evaluasi-Edisi Maret
- Iip Muhammad, Septi Gumiandari, Huriyah Huriyah, PENERAPAN PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI MA MIFTAHUTTHOLIBIN KUNINGAN , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 4 No. 2 (2020): Evaluasi-edisi September
- Jodang Setia Adi Anista, PERAN LEMBAGA PENDIDIKAN TINGGI DALAM MENGAWAL EKONOMI KREATIF , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 8 No. 1 (2024): Evaluasi-Edisi Maret
- Alfin Mustikawan, Agus Maimun, Sugeng Listyo Prabowo, INTELLECTUAL CAPITAL IN ISLAMIC HIGHER EDUCATION: PESANTREN-BASED INSTITUTIONS , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 8 No. 2 (2024): Evaluasi-Edisi September
- Ismatul Izzah, ANALISIS MANIFESTASI IMPLEMENTASI SCHOOL BASED MANAGEMENT PADA PENGEMBANGAN PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) DI LEMBAGA PENDIDIKAN , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 8 No. 1 (2024): Evaluasi-Edisi Maret
- Uuh Buchori, Ilzamudin Ma'mur, Ali Muhtarom, PERAN PENTING KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DALAM PROSES PENGEMBANGAN MADRASAH , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 8 No. 1 (2024): Evaluasi-Edisi Maret
You may also start an advanced similarity search for this article.