MODEL PENDEKATAN PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
DOI:
https://doi.org/10.32478/evaluasi.v1i1.67Keywords:
Model pendekatan, peningkatan mutu, pendidikan agama IslamAbstract
Salah satu permasalahan pendidikan yang dihadapi oleh bangsa Indonesia adalah rendahnya mutu pendidikan pada setiap jenjang dan satuan pendidikan, khususnya pendidikan dasar dan menengah. Padahal kebijakan pemerintah untuk meningkatkan mutu lembaga pendidikan dilakukan berbagai cara. Masalah pendidikan agama merupakan masalah yang kompleks dan membutuhkan kerja keras dari semua elemen yang terkait dengannya. Pendidikan agama Islam memiliki karakteristik tersendiri yang berbeda dengan mata pelajaran lainnya. Istilah pendidikan yang melekat pada nama pelajaran ini menuntut guru sebagai pelaksana, tidak saja berusaha untuk mentransfer pengetahuan, akan tetapi lebih dari itu ia harus berusaha agar pengetahuan yang disampaikannya dapat terinternalisasi dalam diri para siswa
Oleh karenanya perlu kiranya mencari solusi atau jalan keluar untuk peningkatan mutu pendidikan di negeri ini lebih-lebih pada pendidikan agama Islam, hal ini bukan tidak ada alasan karena kualitas pendidikan di lembaga sekolah sangat bervariasi dan sebagaian besar sangat memprihatinkan, contohnya saja di lembaga Madrasah Model pendekatan peningkatan mutu pendidikan agama Islam antara lain Preliminary control, concurrent control, rework control dan damage control. Dari ke empat model pendekatan mutu pendidikan ini lebih ringkasnya mencakup input, transformasi (proses), output, dan stakeholder value ( nilai pengguna)
Downloads
References
Alma, Buchari & ratih Hurriyati. Manajemen Corporate dan Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan. (bandung: Alfabeta, 2008) Bafadal, Ibrahim. Manajemen Peningkatan Mutu Sekolah dasar (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2006) Hadis, Abdul dan Nurhayati. Manajemen Mutu Pendidikan ( Bandung; Alfabeta,2010) Hanafiah, Nanang & Cucu Suhana. Konsep Strategi pembelajaran. (Bandung: PT Refika Aditama, 2009) Muhaimin. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. ( Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2010) Rachman Abdul Shaleh. Madrasah dan Pendidikan Anak Bangsa. (Jakarta:PT RajaGrafindo Persada, 2006) Rivai, Veitsal dan Sylviana Murni. Education Management ( Jakarta; PT Rajagrafindo, 2009) Rusman. Manajemen kurikulum. (bandung:PT Rajagrafindo Persada, 2009) Tafsir, A dalam www.scribd.com/.../STRATEGI-MENINGKATKAN-MUTU-PAI Tim Pengembang ilmu Pendidikan FIP-UPI. Ilmu dan Aplikasi Pendidikan. (Bandung: PT Imperial Bhakti utama, 2007) Tim Dosen Administrasi pendidikan UPI. Manajemen Pendidikan. (Bandung: Alfabeta, 2009) Usman, Husaini. Manajemen teori praktik dan riset pendidikan. (Jakarta:Bumi Aksara, 2008) Zuhairini dan Abdul Ghofir. Metodologi pembelajaran Pendidikan Agama islam ( Malang: UM Pres, 2004) www.kabar-pendidikan.blogspot.com
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
How to Cite
Similar Articles
- - Romdloni, MANAJEMEN PERSONALIA SEBAGAI UPAYA DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PERSONALIA DI MADRASAH , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 1 No. 1 (2017): EVALUASI-edisi MARET
- Muhammad Faishal Haq, MANAJEMEN GURU ERA OTONOMI DAERAH , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 1 No. 2 (2017): EVALUASI-edisi SEPTEMBER
- Ahmad Buchori Muslim, KONSEP KEPEMIMPINAN PERSPEKTIF TASAWUF POSITIF MODERN , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 3 No. 1 (2019): EVALUASI-edisi MARET
- 'Aabidah Ummu 'Aziizah, Gerontology Curriculum in the Aisyiyah Senior School (ASS) Program in Condong Catur Sleman , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 8 No. 2 (2024): Evaluasi-Edisi September
- Sa'adatun Niswah, Nur Asiyah, Nasikhin Nasikhin, Wahyudi Wahyudi, TECHNOLOGY-BASED EDUCATION MANAGEMENT IN SALAF ISLAMIC BOARDING SCHOOLS , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 8 No. 2 (2024): Evaluasi-Edisi September
- Rosidin, OPTIMALISASI MANAJEMEN WAKTU MAHASISWA DALAM PERSPEKTIF TAFSIR TARBAWI , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 8 No. 2 (2024): Evaluasi-Edisi September
- Zaedun Na'im, ETIKA KEPEMIMPINAN DALAM PERSPEKTIF ISLAM DAN KORELASINYA TERHADAP KINERJA , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 6 No. 1 (2022): EVALUASI- Edisi Maret
- siswanto siswanto, Syaiful Bahri, Dian Bastian, Kontribusi Mahasiswa dan Prodi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Dalam Kegiatan Program Latihan Profesi (PLP) , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 6 No. 2 (2022): SEPTEMBER
- Rani Putri Prihatin, Iqbal Faza Ahmad, STRATEGI PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN MINAT SISWA BARU DI MTSN 5 SLEMAN YOGYAKARTA , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 4 No. 2 (2020): Evaluasi-edisi September
- Nisrina Nabilah, Munirul Abidin, IMPLEMENTASI BALANCE SCORE CARD PERSPEKTIF PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN ISLAM , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 6 No. 2 (2022): SEPTEMBER
- Zaedun Na'im, MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM SEBAGAI DISIPLIN ILMU , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 1 No. 2 (2017): EVALUASI-edisi SEPTEMBER
- Zaedun Na'im, ETIKA KEPEMIMPINAN DALAM PERSPEKTIF ISLAM DAN KORELASINYA TERHADAP KINERJA , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 6 No. 1 (2022): EVALUASI- Edisi Maret
- Zaedun Na'im, KONSEP DASAR DAN TATA KELOLA MANAJEMEN PESERTA DIDIK DI SEKOLAH , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 2 No. 2 (2018): EVALUASI-edisi SEPTEMBER
- Zaedun Na'im, Relevansi Teknologi Pendidikan dan Mutu Pendidikan , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 3 No. 2 (2019): EVALUASI-Edisi SEPTEMBER
You may also start an advanced similarity search for this article.