MANAJEMEN PESERTA DIDIK PADA PONDOK PESANTREN TAHFIZH AL-QUR’AN IMAM ASY-SYAATHIBY WAHDAH ISLAMIYAH TINGKAT ‘ULYA BOTTOBADDO

DOI:

https://doi.org/10.32478/evaluasi.v4i2.451

Authors

Keywords:

Pesantren, Peserta Didik, Hafizh, Manajemen, Wahdah Islamiyah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan, faktor pendukung dan penghambat manajemen peserta didik di Pondok Pesantren Tahfizh Al Qur’an Imam Asy Syaathiby Wahdah Islamiyah Tingkat ‘Ulya. Metode penelitian mengaplikasikan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah menerapkan flow model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pondok Pesantren Tahfizh Al-Qur’an Wahdah Islamiyah tingkat ‘Ulya melakukan perencanaan dan penetapan jumlah peserta didik yang akan diterima serta melakukan penentuan program kegiatan bagi peserta didik. Faktor pendukung penyelenggaraan manajemen peserta didik adalah besarnya minat masyarakat untuk menyekolahkan anaknya di pondok pesantren, tenaga pengajarnya merupakan alumni universitas ternama dan favorit baik di dalam maupun luar negeri, promosi kegiatan dan program pondok pesatren yang berjalan dengan baik, besarnya sokongan dana dari para donatur (muhsinin), afiliasi dengan ormas Wahdah Islamiyah yang memiliki citra positif sebagai ormas yang memiliki pesantren dan sekolah yang cukup berkualitas. Faktor penghambat penyelenggaraan manajemen peserta didik adalah keterbatasan sarana dan prasarana khususnya ruang kelas dan asrama, tidak adanya bantuan operasional dari pemerintah, keterbatasan sumber daya manusia khususnya tenaga pengajar. Penelitian ini dapat berkontribusi secara khusus bagi manajemen penyelenggaraan peserta didik (santri) dalam institusi pendidikan Islam (pesantren).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dasar, U. U. (1945). Pasal 31 Ayat 1. Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Ekawita, R., & Supiyati, S. (2020). Pengenalan Teknologi dan Assembling Robotik RC Bagi Siswa dan Guru di MTs Alquran Harsallakum Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 7(1), 1-6.

Emzir. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan, Kuantitatif & Kualitatif. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Hamidah, Y. S. (2014). Manajemen Peserta Didik (Penelitian di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kawali) (Doctoral dissertation, UIN Sunan Gunung Djati Bandung).

Hidayat. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter di SD IT Wahdah Islamiyah 01 Makassar. Tesis. Tidak diterbitkan. Makassar: Program Pascasarjana UNM.

Irfan, M., Wiyono, B. B., & Benty, D. D. N. (2013). Manajemen Peserta Didik Di Sekolah Satu Atap, Manjemen Pendidikan Volume 24 Nomor 1 Maret 2013, 52-60.

Jahari, J., Khoiruddin, H., & Nurjanah, H. (2018). Manajemen Peserta Didik. Jurnal Isema: Islamic Educational Management, 3(2), 170-180.

Mas’udi, M. F. (2013). Syarah UUD 1945 Perspektif Islam. Pustaka Alvabet.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook. United State America: Sage.

Nasional, D. P. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas, 33.

Purwanti, A. R. (2015). Manajemen Pembinaan Peserta Didik Full Day School (Studi Kasus pada SDIT Luqmanul Hakim Bandung) (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Ramayulis. (2018). Metodologi Pendidikan Agama Islam. Jartarta: Kalam Mulia.

Riduwan, Tim Dosen Administrasi; Pend. UPI. (2013). Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Rifqi, A., Imron, A., & Mustiningsih, M. (2016). Manajemen Alumni di Pondok Pesantren Modern dan Salaf (Studi di Pondok Pesantren Nurul Jadid dan Pondok Pesantren Sidogiri). Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(4), 686-691.

Risdianti, D. (2017). Manajemen Rekrutmen Peserta Didik. Jurnal Isema: Islamic Educational Management, 2(2), 59-70.

Rohiat. (2015). Manajemen Sekolah: Teori dan Praktik. Bandung: Refika Aditama

Soebahar, Abdul Halim. (2013). Kebijakan pendidikan Islam dari Ordonansi Guru Sampai UU Sisdiknas. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta

Werang, Basilius R. (2015). Manajemen Pendidikan di Sekolah. Yogyakarta: Media Akademi.

Downloads

Additional Files

Published

2020-09-04

Issue

Section

Original Research Article

How to Cite

MANAJEMEN PESERTA DIDIK PADA PONDOK PESANTREN TAHFIZH AL-QUR’AN IMAM ASY-SYAATHIBY WAHDAH ISLAMIYAH TINGKAT ‘ULYA BOTTOBADDO. (2020). Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 236-260. https://doi.org/10.32478/evaluasi.v4i2.451

Similar Articles

1-10 of 83

You may also start an advanced similarity search for this article.