Otoritas Kepemimpinan Karismatik Tuan Guru dalam Membentuk Budaya Religius
DOI:
https://doi.org/10.32478/evaluasi.v5i2.754Keywords:
KepemimpinanAbstract
Penelitian ini mendeskripsikan tentang otoritas karismatik TGH Syahri Ramadhan dalam membentuk budaya religius di pondok pesantren Darul Musthofa Nahdlatul Wathan Lombok Barat. Pengumpulan data dilakukan dengan: (1) observasi rangkaian kegiatan santri di pondok pesantren untuk mengamati budaya religius sehari-hari dan (2) wawancara mendalam kepada para asatidz, tokoh masyarakat dan ketua yayasan untuk menggali otoritas kepemimpinan karismatik TGH Syahri Ramadhan. Hasil penelitian menunjukkan: Pertama, sumber otoritas karismatik TGH Syahri Ramadhan adalah kewibawaan dan karomah yang lahir dari amalan wirid serta didukung dengan tradisi pendidikan Islam Nahdlatun Wathann (NW) yang memiliki jargon“sami’na wa atho’na” artinya “kami mendengar dan kami taat” yang tertanam pada seluruh warga pondok pesantren. Kedua, strategi kepemimpinan karismatik TGH Syahri Ramadhan dalam membetuk budaya religius melalui: (1) penanaman ideologi Ahlusunnah Waljamaah (Aswaja) bermazab Imam asy-Syafi’I, (2) pembiasaan budaya religius seperti: (a) kegiatan rutin harian, (b) mewajibkan seluruh kegiatan keagamaan, (c) menciptakan lingkungan religius, (d) melibatkan seluruh warga sekolah. (3) tatanan simbol dalam bentuk atribut dan aktivifitas seni.
Kata kunci: Otoritas Kepemimpinan, Karismatik, Tuan Guru, Budaya religius.
Downloads
References
Alfian, M. A. (2009). Menjadi Pemimpin Politik: Perbincangan Kepemimpinan dan Kekuasaan (Cet. 2). Gramedia Pustaka Utama.
Arifin, Z. (2017). Authority of Spiritual Leadership at Pesantren Temboro Based on Jamaah Tabligh Ideology. Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 265–292. https://doi.org/10.14421/jpi.2017.62.265-292
Chotimah, C., & Fathurrahman, M. (2014). Komplemen Manajemen Pendidikan Islam; Konsep Integratif Pelengkap Manajemen Pendidikan Islam. Teras.
Creswell, J. W., Lazuardi, A. L., & Qudsy, S. Z. (2015). Penelitian kualitatif & desain riset: Memilih diantara lima pendekatan (Ed. 3). Pustaka Pelajar.
Danim, S. (2010). Kepemimpinan pendidikan: Kepemimpinan jenius (IQ + EQ), etika, perilaku motivasional dan mitos. Alfabeta.
Dhofier, Z. (2011). Tradisi Pesantren Studi tentang Pandangan Hidup Kiai dan Visinya Mengenai Masa Depan Indonesia (9th ed.). LP3ES.
Fahrurrozi. (2010). Tuan Guru Dalam Idealitas Normatif Dengan Relialitas Sosial Pada Masyarakat Lombok. Jurnal Penelitian Keislaman, 7(1), 16.
Farhan, L. P., & Hadisaputra, P. (2020). Tasawuf Pesantren: Jalan Menuju Revolusi Spiritual. Al-Fikr: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 53–64. https://doi.org/10.32489/alfikr.v6i2.74
Fitriani, M. I. (2016). KEPEMIMPINAN KHARISMATIS-TRANSFORMATIF TUAN GURU DALAM PERUBAHAN SOSIAL MASYARAKAT SASAK-LOMBOK MELALUI PENDIDIKAN. 16(1), 22.
Hermino, A. (2014). Kepemimpinan Pendidikan Di Era Globalisasi (Cet. 1). Pustaka Pelajar.
Hidayat, A., & Machali, I. (2012). Pengelolaan Pendidikan: Konsep, Prinsip, dan Aplikasi dalam Mengelola Sekolah dan Madrasah. Kaukaba.
Karim, A. G. (2009). THE PESANTREN-BASED RULING ELITE IN SUMENEP IN THE POST-NEW ORDER INDONESIA. JOURNAL OF INDONESIAN ISLAM, 3(1), 97–121. https://doi.org/10.15642/JIIS.2009.3.1.97-121
Kartono, K. (2001). Pemimpin dan kepemimpinan: Apakah pemimpin abnormal itu. Raja Grafindo Persada.
Kurdi, S. (2007). Peranan Elit Ulama di Negeri Para Mullah ( Studi Pemikiran Khoemeini Tentang Wilayatul Faqih ). Jurnal HermeneiaVol-6-No-1-2007. https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8518/
Mastuhu. (1994). Dinamika sistem pendidikan pesantren: Suatu kajian tentang unsur dan nilai sistem pendidikan pesantren. INIS.
Muhaimin. (2011). Pemikiran dan aktualisasi pengembangan pendidikan Islam (Cet. 1). Rajawali Pers.
Muhtarom H. M. (2005). Reproduksi ulama di era globalisasi: Resistansi tradisional Islam (Cet. 1). Pustaka Pelajar.
Nasip, A., Mahyuni, M., & Nuriadi, N. (2019). Nilai Pendidikan, Sosial, Kultural, dan Spiritual dalam Wasiat Renungan Masa Karya Tgkh. Zainuddin Abdul Madjid: Tinjauan Hermeneutika. LINGUA : Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 16(2), 271–284. https://doi.org/10.30957/lingua.v16i2.607
Nizar, S. (2013). Sejarah Sosial dan Dinamika Intelektual Pendidikan Islam di Nusantara. Kencana.
Nugroho, I. (2016). Kepemimpinan perpaduan iman, ilmu & akhlak (Cet. 1). Pustaka Pelajar.
Putrawan, A. D. (2014). DEKARISMATISASI TUAN GURU DI PULAU LOMBOK NUSA TENGGARA BARAT. In Right; Jurnal Agama dan Hak Asasi Manusia, 5(2), 50.
Raharjo, D. (1995). Pesantren dan Pembaharuan (Cet. 5). LP3ES.
Ramayulis, R., & Mulyadi, M. (2017). Manajemen dan kepemimpinan pendidikan islam (Cet. 1). Kalam Mulia.
Robertson, R. (1993). Agama :dalam Analisa dan Interpretasi Sosiologis (E. 1, Cet. 3). Raja Grafindo Persada.
Rohmaniyah, I., & Woodward, M. (2012). Wahhabism, Identity, and Secular Ritual: Graduation at an Indonesian High School. Al-Jami’ah: Journal of Islamic Studies, 50(1), 119–145. https://doi.org/10.14421/ajis.2012.501.119-145
Steenbrink, K. A. (1986). Pesantren Madrasah Sekolah Pendidikan Islam dalam Kurun Modern. LP3ES.
Sugiyono. (2008). Metode penelitian pendidikan: (Pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D). Alfabeta.
Sukamto. (1999). Kepemimpinan Kiai dalam Pesantren,. LP3ES.
Thohri, dkk, M. (2016). Barokah Cinta Maulana. IAIH NW Lombok Timur Press.
Thompson, H. M. (1977). Weber and Islam: A critical study by Bryan S. Turner London and Boston, Routledge & Kegan Paul, 1974. Pp. ix+212. £4.50. The Journal of Modern African Studies, 15(2), 342–343. https://doi.org/10.1017/S0022278X00054069
Turner, B. S. (1974). Weber and Islam: A critical study. Routledge & Kegan Paul.
Usman, H. (2008). Manajemen: Teori,praktik, dan riset pendidikan. Bumi Aksara.
Yulk, G. (1998). Kepemimpinan dalam Organisasi. Prenhallindo.
Ziadi, M. R. (2018). Tarekat Hizib Nahdlatul Wathan Dan Perannya Dalam Perpolitikan Di Lombok. Refleksi: Jurnal Filsafat Dan Pemikiran Islam, 18(2), 207–239. https://doi.org/10.14421/ref.2018.1802-05
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
How to Cite
Similar Articles
- Akhmad Said, Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Melestarikan Budaya Mutu Sekolah , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 2 No. 1 (2018): EVALUASI-edisi MARET
- Uuh Buchori, Ilzamudin Ma'mur, Ali Muhtarom, PERAN PENTING KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DALAM PROSES PENGEMBANGAN MADRASAH , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 8 No. 1 (2024): Evaluasi-Edisi Maret
- Mochammad Jafar Amri Amanulloh, Mohamad Irvan Muzakky, OPTIMIZATION OF CONTINOUOS IMPROVEMENT IN ISLAMIC EDUCATION: A SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 8 No. 2 (2024): Evaluasi-Edisi September
- Hana Lestari, Ima Rahmawati, Siti Ulfatul Hasanah, KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH TERHADAP KUALITAS LAYANAN AKADEMIK , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 8 No. 2 (2024): Evaluasi-Edisi September
- Muhammad Haekal, ASPEK SUSTAINABILITAS DI PERGURUAN TINGGI ISLAM: ANTARA KONSEP DAN PRAKTIK KEPEMIMPINAN BERKELANJUTAN , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 5 No. 2 (2021): EVALUASI: Edisi SEPTEMBER
- Ade Riska Nur Astari, Ali Akbar Jono, STUDI ANALISIS PENERAPAN KONSEP KEPEMIMPINAN PADA PERGURUAN TINGGI KEAGAMAAN ISLAM (PTKI) DI KOTA BENGKULU , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 6 No. 1 (2022): EVALUASI- Edisi Maret
- Dicky Artanto, Zainal Arifin, Diningrum Citraningsih, STRATEGI KEPEMIMPINAN PROFETIK DALAM MENGELOLA LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM DI MASA KRISIS , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 6 No. 1 (2022): EVALUASI- Edisi Maret
- Zaedun Na'im, ETIKA KEPEMIMPINAN DALAM PERSPEKTIF ISLAM DAN KORELASINYA TERHADAP KINERJA , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 6 No. 1 (2022): EVALUASI- Edisi Maret
- Dicky Artanto, Zainal Arifin, Diningrum Citraningsih, STRATEGI KEPEMIMPINAN PROFETIK DALAM MENGELOLA LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM DI MASA KRISIS , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 6 No. 1 (2022): EVALUASI- Edisi Maret
You may also start an advanced similarity search for this article.