Strategi Inovasi Kepala Madrasah dalam Membangun Smart Learning Ecosystem di MA Al Irtiqo' IIBS Malang
DOI:
https://doi.org/10.32478/evaluasi.v7i2.1478Keywords:
Strategi Inovasi, Kepala Madrasah, Smart Learning EcosystemAbstract
Sekolah mengalami lompatan kontinuitas di era inovasi disrupsi. Kepala sekolah memiliki peran penting dalam melaksanakan inovasi di berbagai aspek untuk menyesuaikan dengan tuntutan dan perkembangan zaman. Berbagai platform pembelajaran digital yang sebelumnya hanya digunakan sekolah elit sekarang digunakan di semua sekolah. Untuk memaksimalkan pembelajaran digital, perlu melibatkan seluruh elemen ekosistem di sekolah sehingga sekolah mampu melaksanakan pembelajaran digital dan manajemen digital. Semua elemen sekolah mendukung, lingkungan terbentuk dan dapat bertahan dengan baik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dilaksanakan di MA Al Irtiqo’ International Islamic Boarding School (IIBS) Malang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi inovasi yang dilakukan kepala madrasah dimulai dengan melakukan identifikasi masalah yang dihadapi dan memerlukan solusi mendesak, menentukan sasaran program sekolah baik secara internal maupun eksternal, mengumpulkan ide untuk solusi dari maslaah yang dihadapi, memilih ide terbaik, melaksanakan ide dalam aksi nyata, melakukan evaluasi. Adapun inovasi dalam membangun smart learning ecosystem dilakuakn dengan strategi implementasi digital secara komprehensif terkait seluruh elemen ekosistem sekolah, yaitu; spesies sekolah (guru, kepala sekolah, siswa, tenaga kependidikan, wali siswa), relationship (hubungan yang sehat antar spesies), health (budaya sekolah yang sehat dan unggul), Adaptability (kemampuan adaptasi terhadap digitalisasi pembelajaran dan manajemen sekolah), dan pemilihan strategi dan inovasi yang dilaksanakan sekolah untuk mensukseskan pembentukan smart learning ecosystem. Salah satunya adalah dengan bekerjasama dengan pihak eksternal dalam bidang penyediaan platform digital, yaitu dengan aplikasi Edupongo yang menyediakan fitur fitur pembelajaran, manajemen sekolah, score nilai, presensi dan komunikasi realtime dengan orang tua siswa.
Keywords: Strategi Inovasi, Kepala Madrasah, Smart Learning Ecosystem
Downloads
References
Abas, S. dkk. (2022). Strategi Kepala Sekolah Dalam Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Berbasis Digital. Student Journal of Educational Management.
Andini, R. D. (2021). Strategi Pemimpin Dalam Digital Leadership Di Era Disrupsi Digital. Al-Irsyad, 11(1), 58. https://doi.org/10.30829/al-irsyad.v11i1.9333
Barjak, F., & Heimsch, F. (2021). Understanding the relationship between organizational culture and inbound open innovation. European Journal of Innovation Management. https://doi.org/10.1108/EJIM-03-2021-0139
Benita, F., Virupaksha, D., Wilhelm, E., & Tunçer, B. (2021). A smart learning ecosystem design for delivering Data-driven Thinking in STEM education. Smart Learning Environments, 8(1). https://doi.org/10.1186/s40561-021-00153-y
Betts, A., Thai, K. P., Gunderia, S., Hidalgo, P., Rothschild, M., & Hughes, D. (2020). An ambient and pervasive personalized learning ecosystem: “smart learning” in the age of the internet of things. In Lecture Notes in Computer Science (including subseries Lecture Notes in Artificial Intelligence and Lecture Notes in Bioinformatics): Vol. 12214 LNCS. Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-030-50788-6_2
Christensen, B. C., Rodil, K., & Rehm, M. (2017). Transitioning towards a smart learning ecosystem: Designing for intersubjective interactions between cognitively impaired adolescents. Interaction Design and Architecture(S), 35, 75–99.
Cresswell, J. W. (2007). Qualitative Inquiry & Research Design; Choosing Among Five Approaches (2nd Editio). Sage.
Cresswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Sage.
French, R., Imms, W., & Mahat, M. (2019). Case studies on the transition from traditional classrooms to innovative learning environments: Emerging strategies for success. Improving Schools, 23(2), 175–189. https://doi.org/10.1177/1365480219894408
Giovannella, C., Cianfriglia, L., & Giannelli, A. (2023). The Italian School Ecosystems Two Years After the Lockdown: An Overview on the “Digital Shock” Triggered by the Pandemic in the Perceptions of Schools’ Principals and Teachers BT - Polyphonic Construction of Smart Learning Ecosystems (M. Dascalu, P. Marti, & F. Pozzi (eds.); pp. 47–76). Springer Nature Singapore.
Gros, B. (2016). The design of smart educational environments. Smart Learning Environments, 3(1). https://doi.org/10.1186/s40561-016-0039-x
Hakim, M. dan L. (2018). Dasar Dasar Manajemen Pendidikan. Timur Laut Aksara.
Inom, N., Azhari, A., Ramadhani, I., Gusrina, A., Rozzaqiyah, Z., & Hadinata, R. (2022). Strategi Kepala Sekolah Dalam Penerapan Pembelajaran Era Digital Di Sekolah Nadrisatul Ikbar. 7(4), 878–882.
Kasali, R. (2018). The great shifting. Gramedia Pustaka Utama.
Mahrani, Siti Meutia Sari, S. D. (2022). Attractive : Innovative Education Journal. Students’ Difficulties at Elementary School in Increasing Literacy Ability, 4(1), 1–12.
Musnaeni, Sakwati, P. (2022). Pentingnya Manajemen Strategi Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Pengetahuan, 2(2), 98–104. https://doi.org/10.51878/cendekia.v2i2.1168
Na’im, Z. (2022). Etika Kepemimpinan Dalam Perspektif Islam Dan Korelasinya Terhadap Kinerja. Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(1), 195. https://doi.org/10.32478/evaluasi.v6i1.972
Nabung, A., & Fil, S. (2021). Pertautan Dinamis Transformasi Digital dan Blended Learning Menuju Ekosistem Virtual Masa Depan Pendidikan. Academia.Edu, 19. https://www.academia.edu/download/82686592/Artikel_Review_Pendidikan_Adrian.pdf
Navaridas-Nalda, F., Clavel-San Emeterio, M., Fernández-Ortiz, R., & Arias-Oliva, M. (2020). The strategic influence of school principal leadership in the digital transformation of schools. Computers in Human Behavior, 112, 106481. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.chb.2020.106481
Nizar, M. A. K. (2022). Perilaku Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Guru pada Pembelajaran Berbasis Digital di Madrasah Tsanawiyah Swasta. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 6057–6065. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3581
Rahman, A., Santosa, S., & Jannana, N. S. (2022). Penerapan E-Learning Dalam Pembelajaran Daring Di Prodi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Pada Masa Pandemi Covid-19. Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(2), 211. https://doi.org/10.32478/evaluasi.v6i2.726
Rogers, EM, Singhal, A., & Quinlan, M. (2019). Difusi dari inovasi; Sebuah Pendekatan Terintegrasi untuk Komunikasi Teori dan Penelitian. https://doi.org/10.4324/9780203710753-35
Rules, S., Managing, F. O. R., In, B., & Times, C. (2010). SERIES LEADERSHIP. March.
Septian, R. (2022). Manajemen Membangun Brand Image (Citra Sekolah) Dalam Upaya Meningkatkan Daya Saing di Smp Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Media Manajemen Pendidikan, 4(3), 496–507. https://doi.org/10.30738/mmp.v4i3.8926
Suyitno, S. (2021). Kepemimpinan Inovatif dalam Penyelenggaraan Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4245–4253. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1432
Tomczyk, Ł., Oyelere, S. S., Amato, C., Farinazzo, V., Motz, R., Barros, G., Akyar, Ö. Y., & Muñoz, D. (2020). Smart Ecosystem for Learning and Inclusion – assumptions , actions and challenges in the implementation of an international educational project. Adult Education 2019 - in the Context of Professional Development and Social Capital. Proceedings of the 9th International Adult Education Conference, 2019, 365–379.
Wening, M. H., & Santosa, A. B. (2020). Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Menghadapi Era Digital 4.0. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 5(1), 56. https://doi.org/10.31851/jmksp.v5i1.3537
Yumnah, S. (2023). Strategi Kepala Sekolah Dalam Mengelola Sumber Daya Guru Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan. 4, 92–104.
Zhou, B. (2022). Building a Smart Education Ecosystem from a Metaverse Perspective. Mobile Information Systems, 2022. https://doi.org/10.1155/2022/1938329
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
How to Cite
Similar Articles
- Murniyanto Murniyanto, Siswanto Siswanto, MANAJEMEN SARANA PRASARANA MUTU PEMBELAJARAN DI SMK NEGERI 1 REJANG LEBONG , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 5 No. 1 (2021): EVALUASI-Edisi Maret
- Inawati Inawati, setiawan Setiawan, Moh. Safii, PENGEMBANGAN KONTEN SIPEJAR MANAJEMEN LEMBAGA INFORMASI BERBASIS INKLUSI SOSIAL UNTUK MAHASISWA ILMU PERPUSTAKAAN , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 8 No. 2 (2024): Evaluasi-Edisi September
- Wahyudi Widodo, Abd. Azis Tata Pangarsa, PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN MADRASAH IBTIDAIYAH SWASTA MELALUI MANAJEMEN STRATEGIK , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 8 No. 1 (2024): Evaluasi-Edisi Maret
- Alviyatul Qodri, Maskud Maskud, Faisol Nasar bin Madi, ANALISIS MANAJEMEN PENGELOLAAN KELAS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MULTILINGUAL DENGAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 8 No. 1 (2024): Evaluasi-Edisi Maret
- Citra Anisa, Rahmatullah Rahmatullah, Visi Dan Misi Menurut Fred R. David Dalam Perspektif Pendidikan Islam , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 4 No. 1 (2020): Evaluasi- edisi Maret
- Aisyatur Rosyidah, Suyadi Suyadi, MASKULINITAS DAN FEMINITAS KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN ISLAM: KAJIAN DEFERENSIASI OTAK LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN PERSPEKTIF NEUROSAINS , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 5 No. 1 (2021): EVALUASI-Edisi Maret
- Umi Salamah, PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN MELALUI KUALIFIKASI DAN KOMPETENSI AKADEMIK , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 3 No. 1 (2019): EVALUASI-edisi MARET
- Mohammed Rosidin, RELASI DAN REKONSILIASI ANTARA PENDIDIKAN ISLAM DENGAN PENDIDIKAN BARAT , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 1 No. 2 (2017): EVALUASI-edisi SEPTEMBER
- Ahmad Fauzan, Mirhabun Nadir, M. Bisri Ikhwan, MANAJEMEN HUMAS DALAM MENINGKATKAN CITRA LEMBAGA (STUDI KASUS DI MADRASAH TSANAWIYAH AL AMIRIYAH BLOKAGUNG , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 8 No. 2 (2024): Evaluasi-Edisi September
- Mohammad Ma'ruf, EKSISTENSI PONDOK PESANTREN SIDOGIRI PASURUAN DALAM MEMPERTAHANKAN NILAI-NILAI SALAF DI ERA GLOBALISASI , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 1 No. 2 (2017): EVALUASI-edisi SEPTEMBER
You may also start an advanced similarity search for this article.