Tata Kelola Pembiayaan Pendidikan di Pesantren Modern
DOI:
https://doi.org/10.32478/evaluasi.v5i1.544Keywords:
Pembiayaan Pendidikan, Pondok Pesantren ModernAbstract
Tujuan penulisan kajian ini yaitu untuk mengungkap tata kelola pembiayaan di pondok pesantren modern berdasarkan filsafat empiris David Hume dan filsafat positif Auguste Comte. Lokasi kajian yaitu Pesantren Modern Ummul Quro Al-Islami Leuwiliang Bogor. Metode kajian adalah filsafat empiris. Maksud dari kajian ini menggunakan filsafat empiris yaitu kajian ini ditulis berdasarkan pengalaman penulis sebagai sumber dari pengetahuannya yaitu melalui pengamatan/observasi. Hasil kajian ini menunjukkan bahwa tata kelola pembiayaan pendidikan di Pesantren Modern Ummul Quro Al-Islami telah sesuai dengan standar lembaga pendidikan, semua bentuk pengecekan dan pelaporan sudah menggunakan kwitansi sebagai bukti yang valid. Monitoring dan evaluasi pengelolaan anggaran dilaksanakan oleh sekretaris yayasan dan disetujui oleh pimpinan yayasan. Faktor pendukung pembiayaan di Pesantren ini yaitu banyaknya donatur yang secara sukarela menghibahkan sebagian hartanya seperti mobil, gedung dan lain sebagainya sedangkan faktor penghambatnya yaitu banyaknya santri yang kehilangan kwitansi pembayaran spp. Pengelolaan pembiayaan di lembaga pendidikan islam merupakan salah satu hal yang penting, salah satu manfaatnya yaitu meningkatnya efektivitas serta efisiensi pengelolaan keuangan. Jika pengelolaan pembiayaannya tidak dikelola dengan baik maka akan menimbulkan permasalahan yang substansial.
Downloads
References
Abdul Tolib. (2015). Pendidikan Di Pondok Pesantren Modern Terpadu. Risalah.
Ara Hidayat, A. S. (2019). Manajemen Sumber Dana dan Alokasi Pembiayaan pada Pesantren Mahasiswa. 3 (2), 120–133.
Arifi, A. (2008). Anggaran Pendidikan dan Mutu Pendidikan (Respon Kebijakan Anggaran Pendidikan 20% dari APBN bagi Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan Madrasah). Jurnal Pendidikan Agama Islam.
Arifin, Z. (2012). Perkembangan Pesantren di Indonesia. Pendidikan Agama Islam.
Azhari, U. L., & Kurniady, D. A. (2016). Manajemen Pembiayaan Pendidikan, Fasilitas Pembelajaran dan Mutu Sekolah. Jurnal Administrasi Pendidikan. https://doi.org/10.17509/jap.v23i2.5631
Badrudin. (2013). Dasar-dasar Manajemen. Bandung: Alfabeta.
Badrudin. (2014). Manajemen Peserta Didik. Jakarta: PT. Indeks.
Bahruni. (2018). Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Bendahara Pesantren. Bogor: Pesantren Ummul Quro Al-Islami.
Fattah, N. (2008). Pembiayaan Pendidikan: Landasan Teori dan Studi Empiris. Jurnal Pendidikan Dasar.
Hamid, H. (2018). Manajemen Berbasis Sekolah. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v1i1.86
Harsono. (2007). Pengelolaan Pembiayaan Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Book Publisher.
Hidayat, A. (2012). Pengelolaan Pendidikan (Konsep, Prinsip, dan Aplikasi dalam Mengelola sekolah dan Madrasah). In Universitas Pendidikan Indonesia.
Irawan. (2019). Filsafat Manajemen Pendidikan Islam . Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Jahari, J., Khoiruddin, H., & Nurjanah, H. (2019). Manajemen Peserta Didik. Jurnal Isema : Islamic Educational Management. https://doi.org/10.15575/isema.v3i2.5009
Masditou. (2017). Manajemen Pembiayaan Pendidikan Menuju Pendidikan Yang Bermutu. Jurnal ANSIRU PAI.
Masyhud, S. (2005). Manajemen Pondok Pesantren. Jakarta: Diva Pustaka.
Menteri Pendidikan Nasional. (2009). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 69 Tahun 2009. Salinan.
Mulyasa, E. (2007). Menjadi Kepala Sekolah yang Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Munir, A. (2013). Manajemen Pembiayaan Pendidikan dalam Perspektif Islam. Jurnal At-Ta’dib.
Nugroho, I. (2016). Positivisme Auguste Comte: Analisa Epistemologis Dan Nilai Etisnya Terhadap Sains. Cakrawala: Jurnal Studi Islam. https://doi.org/10.31603/cakrawala.v11i2.192
Rindawati, S. (2017). Responsibilitas Pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Bengkulu. Sosiohumaniora. https://doi.org/10.24198/sosiohumaniora.v19i2.11200
Sanisah, S. (2015). Kebijakan Pengelolaan Anggaran Pendidikan di Kabupaten Lombok Tengah. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis (JPEB). https://doi.org/10.21009/jpeb.003.1.5
Seran, A. (2014). Masa Depan Filsafat Dalam Era Positivisme Logis. RESPONS.
Suharsaputra, U. (2013). Administrasi Pendidikan. Bandung: Refika Aditama.
UQI, P. (2020). Data Bendahara Umum. Bogor: PM UQI.
UQI, P. (2020). Data Bendahara Pesantren. Bogor: PM UQI
Wahyuni, A. (2020). Instrumen Wawancara bersama Bendahara Pesantren Modern Ummul Quro Al-Islami. Bogor.
Winda, C., Rizal, A. S., & Afriatin, T. S. (2018). Implementasi Manajemen Pendidikan Islam dalam Membina Kepribadian Islami di SMA Islam Terpadu Mifthul Khoir Dago Bandung. TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education. https://doi.org/10.17509/t.v4i2.9482
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
How to Cite
Similar Articles
- MIFTAKHUL MUNIR, MANAJEMEN PESANTREN DALAM MENINGKATKAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI PONDOK PESANTREN AL-AMIN NGASINAN REJOMULYO KEDIRI , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 1 No. 1 (2017): EVALUASI-edisi MARET
- Ja'far Ja'far, PROBLEMATIKA PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN DI ERA GLOBALISASI , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 2 No. 1 (2018): EVALUASI-edisi MARET
- Siswoyo Aris Munandar, Rinda Khoirunnisfa, KH Hasyim Asy'ari and the Teacher Code of Ethics: Thought Study KH. Hasyim Asy’ari on Ethics Education and Its Relevance to Modern Education in Indonesia , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 4 No. 1 (2020): Evaluasi- edisi Maret
- Devi Pramitha, REVITALISASI KEPEMIMPINAN KOLEKTIF-KOLEGIAL DALAM MEMBANGUN EFEKTIFITAS KOMUNIKASI ORGANISASI PESANTREN (STUDI INTERAKSIONISME SIMBOLIK DI PONDOK PESANTREN JOMBANG) , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 4 No. 1 (2020): Evaluasi- edisi Maret
- MIFTACHUL ULUM, PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA MELALUI PENDIDIKAN BERBASIS PONDOK PESANTREN , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 2 No. 2 (2018): EVALUASI-edisi SEPTEMBER
- Mohammad Ma'ruf, EKSISTENSI PONDOK PESANTREN SIDOGIRI PASURUAN DALAM MEMPERTAHANKAN NILAI-NILAI SALAF DI ERA GLOBALISASI , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 1 No. 2 (2017): EVALUASI-edisi SEPTEMBER
- Bahar Agus Setiawan, Sofyan Rofi, Antara Recognisi, Rekonstruksi dan Kekhawatiran Hilangnya Indigenousity Pondok Pesantren , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 4 No. 1 (2020): Evaluasi- edisi Maret
- Mariaty Podungge, PENERAPAN DISIPLIN DAN DAMPAKNYA TERHADAP PENGEMBANGAN DIRI SANTRI DI PESANTREN HUBULO , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 4 No. 1 (2020): Evaluasi- edisi Maret
- MIFTACHUL ULUM, Abdul Mun’im, Muslih Muslih, PENGARUH KEPEMIMPINAN TERHADAP PRESTASI KERJA KARYAWAN DI MADRASAH MU’ALLIMIN MU’ALLIMAT PONDOK PESANTREN SUNAN DRAJAT LAMONGAN , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 3 No. 2 (2019): EVALUASI-Edisi SEPTEMBER
- Mochammad Jafar Amri Amanulloh, Mohamad Irvan Muzakky, OPTIMIZATION OF CONTINOUOS IMPROVEMENT IN ISLAMIC EDUCATION: A SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 8 No. 2 (2024): Evaluasi-Edisi September
You may also start an advanced similarity search for this article.