IMPLEMENTASI KONTRAK BELAJAR DIDALAM PERKULIAHAN MENJADI PENDIDIKAN MORAL DI PERGURUAN TINGGI
DOI:
https://doi.org/10.32478/evaluasi.v6i1.775Keywords:
Keywords. Moral values, learning contract, implementation.Abstract
Abstract. Education is not only focused on intellectual ability alone but also must be accompanied by good moral values. Moral education is very important given to students or students as the nation's successor. Teachers and lecturers are educators who are very responsible for providing moral education to students or students, both directly and indirectly. One way that can we use as a media of moral education at higher education or campus is through the application of learning contracts or lecture contracts. Lecturers and college students make an agreement that they will run together for one semester. The implementation of this lecture contract will get maximum results if it starts with a good planning, implementation and evaluation.
Downloads
References
Asmaun Sahlan, Mewujudkan Budaya Religius di Sekolah, Malang: UIN MALIKI Press, 2010, Cet. Ke-1
Dharma Kesuma, Cepi Triatna, dan Johan Permana, Pendidikan Karakter: Kajian Teori dan Praktik di Sekolah, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2012, Cet. Ke-3
Doni Koesoema A, Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman Global, Jakarta: Grasindo, 2007
E. Mulyasa, Manajemen Pendidikan Karakter, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2012, Cet. Ke-2
Freddy K. Kalidjernih, Prosiding Seminar Aktualisasi Pendidikan Karakter Bangsa, Bandung: Widya Aksara Press, 2010, Cet. Ke-1
Harsono, Hanifah. (2002). Implementasi Kebijakan dan Politik. Jakarta.
Heri Gunawan, Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi, Bandung: Alfabeta, 2012
Lexy J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2006, Cet. Ke-22
Mubiar Purwasasmita, Prosiding Seminar Aktualisasi Pendidikan Karakter Bangsa, Bandung: Widya Aksara Press, 2010, Cet. Ke-1
Muchlas Samani dan Hariyanto, Pendidikan Karakter: Konsep dan Model, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011, Cet. Ke-1
Ratna Megawangi, Pendidikan Karakter: Solusi Yang Tepat Untuk Membangun Bangsa, Jakarta, 2004
Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 1990
Tim Redaksi Fokus Media, Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 SISDIKNAS, Bandung: Fokus Media, 2006
Tilaar, Paradigma Baru Pendidikan Nasional, Jakarta: Rineka Cipta, 2004
tipspendidikanku.blogspot.com/2014/07/pengertian-tujuan-18-nilai-nilai-pendidikan-karakter.html
Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Usman, Nurdin. (2002). Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum. Jakarta: Grasindo.
Setiawan, Guntur. (2004). Impelemtasi dalam Birokrasi Pembangunan. Balai Pustaka. Jakarta.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta. Cet. Ke-12
Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik), Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2010, Cet. Ke-14
Sunarto dan Agung Hartono. (1999). Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Rineka Cipta
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
How to Cite
Similar Articles
- Zaedun Na'im, SEJARAH PERKEMBANGAN MANAJEMEN LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 5 No. 1 (2021): EVALUASI-Edisi Maret
- Mohamad Sodikin, Parmuji Anto, Khoirul Anwar, ENHANCING EDUCATION QUALITY IN ISLAMIC INSTITUTIONS THROUGH MANAGEMENT APPROACHES , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 8 No. 1 (2024): Evaluasi-Edisi Maret
- Masduki Asbari, Choi Chi Hyun, Laksmi Mayesti Wijayanti, WINANTI WINANTI, Miyv Fayzhall, Firdaus Putra, HARD SKILLS DAN SOFT SKILLS: APA MEMBANGUN INOVASI GURU SEKOLAH ISLAM? , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 4 No. 1 (2020): Evaluasi- edisi Maret
- Nanang Gesang Wahyudi, Desain Pesan Pembelajaran di Era Digital , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 3 No. 1 (2019): EVALUASI-edisi MARET
- Miftachul Ulum, Abdul Mun’im, Erly Juliyani, Pusvyta Sari, EVALUASI PEMBELAJARAN UJIAN AKHIR SEMESTER MATA PELAJARAN BISNIS ONLINE KELAS XII SMK SUNAN DRAJAT LAMONGAN , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 5 No. 1 (2021): EVALUASI-Edisi Maret
- Zaedun Na'im, Relevansi Teknologi Pendidikan dan Mutu Pendidikan , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 3 No. 2 (2019): EVALUASI-Edisi SEPTEMBER
- Inawati Inawati, setiawan Setiawan, Moh. Safii, PENGEMBANGAN KONTEN SIPEJAR MANAJEMEN LEMBAGA INFORMASI BERBASIS INKLUSI SOSIAL UNTUK MAHASISWA ILMU PERPUSTAKAAN , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 8 No. 2 (2024): Evaluasi-Edisi September
- Siti Aminah Prayogo, Ari Widodo, MEMBANGUN BUDAYA MUTU DI MADRASAH UNGGUL (Studi Kasus di MAN 1 Jember dan MA Unggulan Nurul Islam Jember) , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 3 No. 1 (2019): EVALUASI-edisi MARET
- setiawan setiawan, Lailatul Qodariyah, Pengembangan Manajemen Perpustakaan sebagai pusat informasi dan pendidikan di STAIMA Al-Hikam Malang , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 3 No. 2 (2019): EVALUASI-Edisi SEPTEMBER
- Saifur Rizal, SERVANT LEADERSHIP DALAM IMPLEMENTASI NILAI-NILAI TRILOGI DAN PANCA KESADARAN SANTRI , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 3 No. 2 (2019): EVALUASI-Edisi SEPTEMBER
You may also start an advanced similarity search for this article.