RELEVANSI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS NILAI-NILAI RAHMATAN LIL ‘ALAMIN DALAM KITAB ADĀB AL-‘ĀLIM WA AL-MUTA’ALIM KARYA KH. HASYIM ASY’ARI DENGAN KURIKULUM MERDEKA

DOI:

https://doi.org/10.32478/jis.v4i2.2027

Authors

Keywords:

Ad?b Al-'?lim Wa Al-Muta'alim book, Character Education, Merdeka Curriculum

Abstract

Perubahan kurikulum menjadi kurikulum merdeka belum cukup efektif membentuk karakter yang baik. Kemrosotan moral kian mengkhawatirkan pada masa kini. Pendidik memiliki andil dalam membentuk karakter dengan memanfaatkan penanaman pendidikan karakter kepada peserta didik. KH. Hasyim Asy’ari merupakan tokoh pendidikan dalam perspektif Islam  yang mencetuskan banyak pemikiran di dunia pendidikan khususnya pendidikan karakter dalam karya yang berjudul Adāb Al-‘Ālim Wa Al-Muta’alim. Tujuan penelitian ini yaitu 1) Untuk mengetahui konsep pendidikan karakter dalam Kitab Adāb Al-‘Ālim Wa Al-Muta’alim dan 2) Untuk mengetahui relevansi Kitab Adāb Al-‘Ālim Wa Al-Muta’alim dengan pendidikan karakter dalam kurikulum merdeka. Pendekatan penelitian yaitu menggunakan Penelitian pustaka dengan deskriptif kualitatif. Data yang ada dalam penelitian ini berasal dari buku relevan, jurnal ilmiah, dan internet.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anis, F. (2021). Konsep Pemikiran KH. Hasyim Asy’ari Tentang Adab Peserta Didik dalam Kitab Adabul Alim wal Muta’alim Relevansinya Terhadap Pendidikan Karakter. IAIN Kudus, Skripsi. Asy’ari, H. (1415). Adāb Al-‘Ālim Wa Al-Muta’alim. Jombang: Maktabah At-Turats Al-Islamy. Asy’ari, H. (2021). Adāb Al-‘Ālim Wa Al-Muta’alim, terj. Baharuddin Ahmad. Bekasi: Pustaka Al-Muqsith. Depdiknas. (2003). UU RI No. 20 Tahun 2003. Jakarta: Depdiknas. Fadilah, Rabi’a, Alim, W. S., & dkk. (2021). Pendidikan Karakter. Bojonegoro: Agrapana Media. Fitri, A. Z. (2012). Pendidikan Karakter Berbasis Nilai & Etika di Sekolah. Yogyakarta: Ar-Ruz Media. Hasanuddin, Chairrunnisa, & dkk. (2022). Perencanaan Pembelajaran: Kurikulum Merdeka Belajar. Banten: Sada Kurnia Pustaka. Hikmah, N. (2022). Kurikulum Merdeka Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Tanggerang: Bait Qur’any Multimedia. Kamalie, H. S. (2023, Juli 19). Mengenal Diri dan Menghargai Diri sebagai Langkah Mencintai Diri Sendiri. Retrieved from Psikologi Masuk Sekolah: https://psikologmasuksekolah.id/user-artikel/view/mengenal-diri-dan-menghargai-diri-sebagai-langkah-mencintai-diri-sendiri Majid, A., & Andayani, D. (2011). Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya. Mubarak, Z. (2022). Desain Kurikulum Merdeka Belajar. Tasikmalaya: Pustaka Turats Press. Muslich, M. (2011). Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara. Saragih, E. N. (2021). Serentak Bergerak, Wujudkan Merdeka Belajar. Yogyakarta: Deepublish. Sari, L. E., Rahman, A., & Baryanto. (2020). Adab Kepada Guru dan Orang Tua: Studi Pemahaman Siswa pada Materi Akhlak. Edugama: Jurnal Kependidikan dan Sosial Keagamaan, 86-89. Sukatin, & Al-Faruq, S. S. (2021). Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Deepublish. Wahyudi, A. (2021). Pendidikan Karakter: Membentuk Pribadi Positif dan Unggul di Sekolah. Sidoarjo: Umsida Press. Yusutria, F. M. (2020). Adab Peserta Didik. Yogyakarta: Pusara Publishing. Zubaedi. (2013). Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana. Zuchron, D. (2021). Tunas Pancasila. Jakarta: Kemendikbud.

Downloads

Published

2023-12-21

How to Cite

RELEVANSI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS NILAI-NILAI RAHMATAN LIL ‘ALAMIN DALAM KITAB ADĀB AL-‘ĀLIM WA AL-MUTA’ALIM KARYA KH. HASYIM ASY’ARI DENGAN KURIKULUM MERDEKA (J. Sistiadi & M. M. Fauzi , Trans.). (2023). Journal Islamic Studies, 4(2), 60-80. https://doi.org/10.32478/jis.v4i2.2027

Similar Articles

31-38 of 38

You may also start an advanced similarity search for this article.