PERILAKU KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAM MEMBENTUK KOMPETENSI PROFESIONALISME GURU

DOI:

https://doi.org/10.32478/leadership.v4i1.1257

Authors

  • Kuni Azizah Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
  • Prim Masrokan Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
  • Binti Maunah Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung

Abstract

Abstract

Based on the problems that exist in the world of education, there is a need for the role of the principal as a supervisor to foster teachers to become professional educators. However, from within a teacher must also have a strong will to be more professional so that the goals of an education can be easily achieved. Professional teachers are not only required to master the material but the teacher can develop teaching materials, learning methods, can motivate students and have high insight in the world of education. Professional teachers cannot be separated from the role of a principal as a supervisor. A supervisor must be able to foster, provide direction and motivate teachers, this supervisor's behavior can shape the competence of teachers to become more professional teachers. The method used in writing this study uses library research or literature study by collecting data from books and journals related to supervisor behavior in shaping teacher professional competence

Keywords: Supervisor Behavior, Teacher Competence, Teacher Professionalism.

Abstrak

Berlatar belakang pada permasalahan yang ada dalam dunia pendidikan perlu adanya peranan kepala sekolah sebagai supervisor untuk membina para guru agar menjadi pendidik yang professional. Tapi, dari dalam diri seorang guru juga harus mempunyai kemauan keras untuk bisa lebih professional sehingga tujuan sebuah pendidikan bisa mudah untuk dicapai. Guru professional tidak hanya dituntut untuk menguasai materi tetapi guru itu bisa mengembangkan bahan ajar, metode pembelajaran, bisa memotivasi peserta didik dan memiliki wawasan yang tinggi dalam dunia pendidikan. Guru yang profesioal tidak terlepas dari peranan seorang kepala sekolah sebagai supervisor. Seorang supervisor harus bisa membina, memberikan arahan dan memotivasi para guru, perilaku supervisor ini yang dapat membentuk kompetensi guru menjadi guru yang lebih professional. Metode yang digunakan dalam penulisan penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan atau studi literature dengan mengumpulkan data dari buku-buku dan jurnal-jurnal yang berkaitan dengan perilaku supervisor dalam membentuk kompetensi profesionalisme guru.

Kata Kunci:  Perilaku Supervisor, Kompetensi guru, Profesionalisme guru

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afroni, Akhmad. (2009). “Kompetensi Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Pembelajaran Dalam Upaya Peningkatan Kompetensi Guru”. dalam Jurnal Forum Tarbiyah . Vol.7,No.1, Juni

Basri, Hasan. (2013). Landasan Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia

Darsono. (2016). “Implementasi Pendekatan Direktif, Non Direktif dan Kolaboratif dalam Supervisi Pendidikan Islam Studi Kasus di MAN Trenggalek”. dalam Jurnal TA’ALLUM. Vol. 04, No. 02, November

Daryanto. (2011). Administrasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Herabudin. (2009). Adminisrasi dan Supervisi Pendidikan Bandung: Pustaka Setia

Amiroh, Kunzeni dan Arika. (2022). “Komunikasi Dalam Kepemimpinan Pesantren Ribhatul Qur’an Wal Qiraat Malang”. Dalam Leadership: Jurnal Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam. Vol. 03 No 02 Juni,

Marno dan Triyo Supriyanto. 2013. Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan islam .Bandung: T Refia Aditama

Maryono. (2010). Dasar-Dasar dan Teknik Menjadi Supervisor Pendidikan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media

Maunah, Binti. (2017). Supervisi Pendidikan Islam Teori dan Praktiknya. Yogyakarta: Kalimedia

Messi DKK. (2018). “Pelaksanaan Supervisi Akademik Pengawasan Sekolah Sebagai Upaya Peningkatan Profesionalisme Guru”. Dalam JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan).Vol.3, No.1, Januari-Juni

Shaifudin, Arif . (2020). “Supervisi pendidikan”, dalam El-Wahdah Jurnal pendidikan. Vol.1, No.2 Desember

Sirojuddin, Akhmad DKK. (2021). “Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Pendidikan Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru”. Dalam Chalim Journal of Teaching and Learning. Vol. 1, No.2

Wahyusumidjo. (2011). Kepemimpinan Kepala Sekolah Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya.Jakarta : Raja Grafindopersada

Downloads

Published

2022-12-31

Issue

Section

Articles

How to Cite

PERILAKU KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAM MEMBENTUK KOMPETENSI PROFESIONALISME GURU. (2022). Leadership:Jurnal Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 49-59. https://doi.org/10.32478/leadership.v4i1.1257