PERILAKU KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAM MEMBENTUK KOMPETENSI PROFESIONALISME GURU
DOI:
https://doi.org/10.32478/leadership.v4i1.1257Abstract
Abstract
Based on the problems that exist in the world of education, there is a need for the role of the principal as a supervisor to foster teachers to become professional educators. However, from within a teacher must also have a strong will to be more professional so that the goals of an education can be easily achieved. Professional teachers are not only required to master the material but the teacher can develop teaching materials, learning methods, can motivate students and have high insight in the world of education. Professional teachers cannot be separated from the role of a principal as a supervisor. A supervisor must be able to foster, provide direction and motivate teachers, this supervisor's behavior can shape the competence of teachers to become more professional teachers. The method used in writing this study uses library research or literature study by collecting data from books and journals related to supervisor behavior in shaping teacher professional competence
Keywords: Supervisor Behavior, Teacher Competence, Teacher Professionalism.
Abstrak
Berlatar belakang pada permasalahan yang ada dalam dunia pendidikan perlu adanya peranan kepala sekolah sebagai supervisor untuk membina para guru agar menjadi pendidik yang professional. Tapi, dari dalam diri seorang guru juga harus mempunyai kemauan keras untuk bisa lebih professional sehingga tujuan sebuah pendidikan bisa mudah untuk dicapai. Guru professional tidak hanya dituntut untuk menguasai materi tetapi guru itu bisa mengembangkan bahan ajar, metode pembelajaran, bisa memotivasi peserta didik dan memiliki wawasan yang tinggi dalam dunia pendidikan. Guru yang profesioal tidak terlepas dari peranan seorang kepala sekolah sebagai supervisor. Seorang supervisor harus bisa membina, memberikan arahan dan memotivasi para guru, perilaku supervisor ini yang dapat membentuk kompetensi guru menjadi guru yang lebih professional. Metode yang digunakan dalam penulisan penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan atau studi literature dengan mengumpulkan data dari buku-buku dan jurnal-jurnal yang berkaitan dengan perilaku supervisor dalam membentuk kompetensi profesionalisme guru.
Kata Kunci: Perilaku Supervisor, Kompetensi guru, Profesionalisme guruDownloads
References
Afroni, Akhmad. (2009). “Kompetensi Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Pembelajaran Dalam Upaya Peningkatan Kompetensi Guru”. dalam Jurnal Forum Tarbiyah . Vol.7,No.1, Juni
Basri, Hasan. (2013). Landasan Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia
Darsono. (2016). “Implementasi Pendekatan Direktif, Non Direktif dan Kolaboratif dalam Supervisi Pendidikan Islam Studi Kasus di MAN Trenggalek”. dalam Jurnal TA’ALLUM. Vol. 04, No. 02, November
Daryanto. (2011). Administrasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Herabudin. (2009). Adminisrasi dan Supervisi Pendidikan Bandung: Pustaka Setia
Amiroh, Kunzeni dan Arika. (2022). “Komunikasi Dalam Kepemimpinan Pesantren Ribhatul Qur’an Wal Qiraat Malang”. Dalam Leadership: Jurnal Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam. Vol. 03 No 02 Juni,
Marno dan Triyo Supriyanto. 2013. Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan islam .Bandung: T Refia Aditama
Maryono. (2010). Dasar-Dasar dan Teknik Menjadi Supervisor Pendidikan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media
Maunah, Binti. (2017). Supervisi Pendidikan Islam Teori dan Praktiknya. Yogyakarta: Kalimedia
Messi DKK. (2018). “Pelaksanaan Supervisi Akademik Pengawasan Sekolah Sebagai Upaya Peningkatan Profesionalisme Guru”. Dalam JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan).Vol.3, No.1, Januari-Juni
Shaifudin, Arif . (2020). “Supervisi pendidikan”, dalam El-Wahdah Jurnal pendidikan. Vol.1, No.2 Desember
Sirojuddin, Akhmad DKK. (2021). “Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Pendidikan Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru”. Dalam Chalim Journal of Teaching and Learning. Vol. 1, No.2
Wahyusumidjo. (2011). Kepemimpinan Kepala Sekolah Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya.Jakarta : Raja Grafindopersada
Downloads
Published
Issue
Section
How to Cite
Most read articles by the same author(s)
- Ilham Yahya Romandoni, Prim Masrokan Mutohar, Binti Maunah, STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BERPRESTASI DAN KEPUASAN KERJA GURU , Leadership: Jurnal Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 5 No. 2 (2024): Juni