PENGARUH SUPERVISI KEPALA MADRASAH DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU DI MADRASAH ALIYAH NEGERI SE-KABUPATEN MALANG

DOI:

https://doi.org/10.32478/leadership.v4i2.1790

Authors

  • M. Kharis Fadillah UIN Raden Intan Lampung -  Indonesia
  • Muhammad Ihsan Dacholfany Universitas Muhammadiyah Metro Indonesia -  Indonesia
  • Riyuzen Praja Tuala UIN Raden Intan Lampung -  Indonesia
  • Hesti Winingsih IAI Agus Salim Metro -  Indonesia

Abstract

Abstrak

Salah satu tugas kepala madrasah adalah sebagai supervisor yang membantu guru untuk memperbaiki kualitas pembelajaran. Selain kepala madrasah, guru sebagai sumber daya manusia (human resources) merupakan aset investasi terbesar yang jika dimanfaatkan akan menjadi modal yang berharga dalam mencapai tujuan-tujuan lembaga pendidikan. Selain standar kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru motivasi kerja memainkan peranan yang cukup signifikan dalam membentuk kinerja seorang guru. Dengan motivasi kerja yang baik bisa membentuk karakteristik psikologis yang bisa memberikan kontribusi pada tingkat kinerja seseorang. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tentang (1) supervisi kepala madrasah, motivasi kerja guru dan kinerja guru, (2) pengaruh supervisi kepala madrasah terhadap kinerja guru, (3) menjelaskan pengaruh motivasi kerja guru terhadap kinerja guru, dan (4) pengaruh supervisi kepala madrasah dan motivasi kerja guru terhadap kinerja guru pada MAN se-Kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan angket yang terdiri dari variabel supervisi kepala madrasah, motivasi kerja, dan kinerja guru. Untuk uji hipotesis digunakan teknik analisis jalur (path analysis) dengan menggunakan tekhnik analisis regresi linier berganda (multiple regression). Hasil penelitian menyatakan (1) supervisi kepala madrasah tergolong tinggi, motivasi kerja juga tergolong tinggi dan kinerja guru cenderung tinggi (2) ada pengaruh supervisi kepala madrasah terhadap kinerja guru yang dijelaskan dengan hasil nilai signifikansi t-test  yang mempunyai besaran 0,02, (3) tidak ada pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru yang dijelaskan dengan hasil nilai signifikansi t-test yang mempunyai besaran 0,406, (4) ada pengaruh supervisi kepala madrasah dan motivasi kerja terhadap kinerja guru yang dijelaskan dengan hasil uji F yang mempunyai besaran nilai signifikansi 0,003. Adapun besaran pengaruh supervisi kepala madrasah dan motivasi kerja terhadap kinerja guru hanya sebesar 18% dan 82% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain selain kedua variabel tersebut sebagaimana yang ditunjukkan oleh hasil Uji Anova yang mempunyai besaran R Square sebesar 0,182.

Kata Kunci. Supervisi Kepala Madrasah, Motivasi Kerja, Kinerja Guru.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-07-29

Issue

Section

Articles

How to Cite

PENGARUH SUPERVISI KEPALA MADRASAH DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU DI MADRASAH ALIYAH NEGERI SE-KABUPATEN MALANG (M. K. . Fadillah, Muhammad Ihsan Dacholfany, Riyuzen Praja Tuala, & Hesti Winingsih , Trans.). (2023). Leadership: Jurnal Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 262-280. https://doi.org/10.32478/leadership.v4i2.1790