PERAN PERILAKU, IKLIM DAN BUDAYA ORGANISASI DALAM MENCAPAI TUJUAN LEMBAGA PENDIDIKAN
DOI:
https://doi.org/10.32478/leadership.v4i2.1528Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang peran perilaku, iklim dan budaya organisasi dalam mencapai tujuan lembaga pendidikan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kajian pustaka yang berisi teori-teori relevan mengenai masalah-masalah yang ada dalam penelitian. Kajian ini menemukan beberapa fakta, antara lain sebagai berikut: Setiap lembaga pendidikan memiliki iklim dan budaya tersendiri yang menjadi ciri khas dari sebuah lembaga atau organisasi. Iklim dan budaya ini dapat membedakan antara masing-masing organisasi dengan organisasi terkait. Organisasi iklim adalah struktur dasar, kondisi kerja, dan karakteristik karyawan dari organisasi mana pun. Sedangkan Budaya organisasi adalah kumpulan kepercayaan dan rasa hormat yang dimiliki bersama oleh semua anggota organisasi.
Iklim dan budaya organisasi sangat penting dalam sebuah lembaga atau instansi, agar dapat membentuk sikap, nilai dan pola perilaku seseorang, sehingga para anggota dapat bekerja sama dengan baik untuk dapat mencapai tujuan organisasi. Dalam kajian ini, disebutkan bahwa perilaku, iklim dan organisasi sebagai penentu kemajuan dari suatu lembaga atau organisasi. Namun, jika ketiga komponen ini lemah, maka akan terjadi penurunan kinerja dan sukar bagi perusahaan atau lembaga mencapai tujuannya.
Kata Kunci: Budaya Organisasi; Iklim Organisasi; Lembaga Pendidikan; Perilaku Individu.Downloads
References
Ambarwati, A. (2019). Perilaku dan Teori Organisasi, Malang: Media Nusa Creative.
Bahrudin. (2022). Desain Integrasi Budaya Organisasi Pendidikan Tinggi dan Pondok Pesantren. Surabaya: UMSurabaya Pubhlishing.
Danial. (2019). Hubungan Antara Iklim dan Budaya Madrasah dengan Motivasi Kerja Guru pada Madrasah Tsanawiyah di Kecamatan Sinjai Barat Kabupaten Sinjai. Jurnal Manajemen Pendidikan, 14(1), 60-72, DOI: https://journals.ums.ac.id.
Dilapanga & Mantiri, J. (2021). Perilaku Organisasi. Yogyakarta: DeePublish.
Faridi, A. (2022). Etika, Perilaku, dan Hukum Kesehatan. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Fauzi, A & Arnudin. (2017). Leadership Role of Principal on Improving the Performance of Teacher at Madrasah Aliyah Darul Muqimin Pandeglang. Saudi Journal of Humanities and Social Sciences, 2(3), 240-247, DOI: 10.21276/sjhss.2017.2.3.6.
Komarudin. (2022). Pengaruh Iklim Organisasi Sekolah Terhada Motivasi Berprestasi Untuk Mewujudkan Kinerja Pembelajaran. J-STAF (Siddiq, Tabligh, Amanah, Fathonah), 1(2), 355-363, DOI: https://ejournal.alfarabi.ac.id/index.php/staf.
Prasetya, F. (2021). Buku Ajar Psikologi Kesehatan. Bogor: GuePedia.
Puspitasari, I. (2019). Konstruksi Sosial Perilaku Keagamaan Siswa. Surabaya: UMSurabaya Publishing.
Rodiah, S. (2022). Perilaku Individu dalam Organisasi Pendidikan. ISLAMIKA, 4(1), 109-118, DOI: https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/islamika.
Sianturi, E., Maiyda & Surbakti. (2019). Kesehatan dari Masyarakat. Sidoarjo: Zifatama.
Sonata, H. (2021). Disaster Management. Yogyakarta: DeePublish.
Sonedi dkk. (2018). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru: The Role of Principal Leadership in Improving Teacher Performance. Anterior Jurnal, 18(1), 13-22, DOI: https://journal.umpr.ac.id/index.php/anterior/article/view/436/393.
Sulistiyorini. (2021). Perilaku Individu dalam Lembaga Pendidikan Islam. An-Nuha: Jurnal Kajian Islam, Pendidikan, Budaya dan Sosial, 4(1), 132-145, DOI: ejournal.staimadiun.ac.id.
Syihabuddin. (2019). Budaya Organisasi Lembaga Pendidikan dalam Perspektif Islam. At-Ta'dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 11(2), 111-119, DOI: ejournal.staindirundeng.ac.id/.
Tauhid. (2021). Strategi Cerdas dalam Pengembangan, Inovasi dan Perubahan Organisasi. Klaten: Lakeisha.
zMoleong. (2002). Metodologi zPenelitian zKualitatif. Bandung: PT. Remaja zRosdakarya.