CONFLICT MANAGEMENT STRATEGY IN PRINCIPAL LEADERSHIP FROM AN ISLAMIC PERSPECTIVE

DOI:

https://doi.org/10.32478/leadership.v5i2.2328

Authors

  • Rahmatullah Sekolah Tinggi Agama Islam Ma’had Aly Al-Hikam Malang -  Indonesia https://orcid.org/0000-0001-6503-6707
  • M. Ilyas STAI Ma’had Aly Al-Hikam Malang -  Indonesia
  • Mutamakin STAI Ma’had Aly Al-Hikam Malang -  Indonesia
  • Azmir Suljic Georgia State University, Atlanta, Amerika Serikat -  United States

Abstract

Conflict is one of the problems faced by many organizations, especially non-profit organizations such as educational institutions (schools). School leaders or principals play an important role in managing conflict in order to achieve the vision, mission and goals of the organization. This article aims to describe first, the nature, activities and management of conflict. Second, the nature and role of school principal leadership. Third, conflict management strategies in the leadership of school principals from an Islamic perspective. The research method used is literature study, researchers collect data from various sources, reduce and analyze, and draw conclusions. The research results show that: first, the essence of conflict is differences of opinion, while conflict activities are related to competition, conflict management is carried out through introspection, evaluation, identification, and knowing options. Second, the essence of leadership is influencing, while the principal's leadership role includes as a formal official, manager, leader, supervisor, administrator, educator, and as staff. Third, conflict management strategies in Islamic perspective principal leadership are leadership perspectives and behavior.

Keywords: Conflict Management; Leadership; School.

 

ABSTRAK

Konflik adalah salah satu masalah yang dihadapi banyak organisasi khususnya organisasi non-profit seperti lembaga pendidikan (sekolah). Pemimpin atau kepala sekolah berperan penting dalam mengelola konflik agar dapat mencapai visi, misi, dan tujuan organisasi. Artikel ini bertujuan untuk mendiskripsikan tentang pertama, hakikat, aktivitas dan pengelolaan konflik. Kedua, hakikat dan peran kepemimpinan kepala sekolah. Ketiga, strategi pengelolaan konflik dalam kepemimpinan kepala sekolah perspektif Islam. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur, peneliti melakukan pengumpulan data dari berbagai sumber, mereduksi, dan menganalisis, serta mengambil kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, hakikat konflik adalah perbedaan pendapat, sedangkan aktivitas konflik berkenaan dengan kompetisi, pengelolaan konflik dilakukan dengan Introspeksi, evaluasi, identifikasi, dan mengetahui pilihan. Kedua, hakikat kepemimpinan adalah mempengaruhi sedangkan peran kepemimpinan kepala sekolah diantaranya sebagai pejabat formal, manajer, pemimpin, supervisor, administrator, pendidik, dan sebagai staff. Ketiga, strategi pengelolaan konflik dalam kepemimpinan kepala sekolah perspektif Islam diantaranya meliputi cara pandang dan perilaku kepemimpinan.

Kata kunci: Pengelolaan Konflik; Kepemimpinan; Sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

  • Rahmatullah, Sekolah Tinggi Agama Islam Ma’had Aly Al-Hikam Malang

    Lektor IIIc

References

Akhmad Said, Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Melestarikan Budaya Mutu Sekolah, 2018 Evaluasi Vol. 2. No. 1 Malang. Hal. 260-262

Anita, A., Putri, A., Harahap, N., & Murtafiah, N. H. (2022). Manajemen Konflik Dalam Meningkatkan Produktivitas Organisasi Lembaga Pendidikan Islam. At-Tajdid: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 6(2), 135-147.

Bashori, B. (2020). Resolusi manajemen konflik (kajian manajemen konflik di lembaga pendidikan islam). Civic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan PKN dan Sosial Budaya, 4(2).

Bintari, A., & Musyarapah, M. (2023). Manajemen Konflik dalam Pedidikan Islam Multikultural. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(4), 1718-1728.

Brata, T. A. (2011). Peran Kepemimpinan Dalam Mengendalikan Konflik. Jurnal Media Wahana Ekonomika, 7(4), 56-64.

Ernaliza, E., Fitria, H., & Fitiani, Y. (2020). Peranan Manajerial Kepala Sekolah dalam Mengatasi Konflik Guru. Journal of Education Research, 1(3), 245–250. https://doi.org/10.37985/jer.v1i3.28

Gandhi, N., Wedanthi, P. H., & Alfinuha, S. (2021). Pelatihan Emotional Intelligence untuk Meningkatkan Kemampuan Manajemen Konflik Pada Siswa SMA. Journal An-Nafs: Kajian Penelitian Psikologi, 6(2), 165-178.

Hasan, M. F. (2023). Mengoptimalkan Manajemen Konflik Dalam Kepemimpinan Kepala Sekolah MI. Jurnal Cerdas Proklamator, 11(2), 169-176.

https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/konflik. Diakses tanggal 17 Oktober 2023

Istiqomah, S., & Hanifah, I. R. U. (2022). Kisah Ashabul Kahfi Dalam Al-Qur’an: Kajian Komparatif Antara Tafsir Al-Misbah Dan Tafsir Ibnu Katsir. JUSMA: Jurnal Studi Islam Dan Masyarakat, 1(1), 46-57.

Kamaluddin, A. (2022). Kontsruksi Makna Taaruf Dalam Al-Qur’an (Upaya Membangun Harmonisasi Kehidupan Sosial). Al-Tadabbur: Jurnal Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir, 7(02).

Miyarso, E. (2007). Manajemen konflik mahasiswa sebagai metode pembelajaran alternatif. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 3(2).

Muhtolib, M., & Fauzi, U. (2020). Wawasan Al-Qur’an Tentang Respon Iblis Terhadap Perintah Sujud: Studi Pendekatan Teologis dan Sufistik. Al Ashriyyah, 6(2), 121-136. https://doi.org/10.53038/alashriyyah.v6i02.104

Pratama, M. A. S., Setiawan, F., Andriana, E., & Maziya, T. Manajemen Dalam Penanganan Konflik Dalam Lembaga Pendidikan.

R Firdaus Wahyudi, dan Suriati, Urgensi Kompotensi Pemimpin Dalam Mengelola Konflik Organisasi. Jurnal kajian komunikasi dan penyiaran Islam. 2023 Volume 5 No. 1

Rasyad, R. (2021). Konflik dalam Al-Quran. Jurnal Ilmiah Al-Mu'ashirah: Media Kajian Al-Qur'an dan Al-Hadits Multi Perspektif, 18(1), 12-29.

Rostini, D., khalifaturramah, K., Sulaiman, S., & Amaly, N. (2023). Efektivitas Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Manajemen Konflik. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 173-180. https://doi.org/10.62775/edukasia.v4i1.234

Said, A. (2019). Kepemimpinan kepala sekolah dalam melestarikan budaya mutu sekolah. EVALUASI: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 257-273.

Siti Nurjanah. (2022). Manajemen Konflik dalam Kisah Qabil dan Habil serta Relevansinya dengan Pendidikan Islam. Excelencia: Journal of Islamic Education & Management, 2(01), 59-72. https://doi.org/10.21154/excelencia.v2i01.517

Sofia, N. N. (2021). Manajemen konflik di pesantren melalui kultur pesantren dan gaya kepemimpinan kyai. Jurnal Studi Islam dan Kemuhammadiyahan (JASIKA), 1(1), 1-16.

Susilawati, S. (2022). Menuju Integrasi Ilmu-Ilmu Keislaman Dengan Ilmu-Ilmu Umum (Integratif Antara Kajian Yang Bersumber Ayat-Ayat Qauliyah Dan Ayat-Ayat Kauniyah). Cross-border, 5(1), 939-954.

War’i, M. (2020). Dialog Inklusif: Dari Kebenaran Subjektif Menuju Kebenaran Objektif (Tinjauan Semiotik-Hermeneutik Al-Quran Surat Al-Baqarah Ayat 30-33). Dialog, 42(1), 21–38. https://doi.org/10.47655/dialog.v42i1.318

Wirawan, W. (2009). Konflik dan manajemen konflik: Teori, aplikasi, dan penelitian. Jakarta: PT Bumi Aksara.hal.,55.

Yuniaty, D. (2013). Peran Pimpinan Dalam Menyelesaikan Konflik Di Organisasi. Program Studi Sekretari, Universitas Negeri Yogyakarta.

Published

2024-06-21

Issue

Section

Articles

How to Cite

CONFLICT MANAGEMENT STRATEGY IN PRINCIPAL LEADERSHIP FROM AN ISLAMIC PERSPECTIVE (Rahmatullah, M. Ilyas, Mutamakin, & Azmir Suljic , Trans.). (2024). Leadership: Jurnal Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 192-204. https://doi.org/10.32478/leadership.v5i2.2328