Sosialisasi Pencegahan Bullying pada Anak Melalui Pendekatan Whole School

DOI:

https://doi.org/10.32478/82k90k09

Authors

  • Annisatul Ahyar Batubara UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary, Padangsidimpuan -  Indonesia
  • Rina Andriani IAIN Langsa, Kota Langsa -  Indonesia
  • Fitria Rahmi IAIN Langsa, Kota Langsa -  Indonesia
  • Muhammad Fadhil IAIN Lhokseumawe, Kota Lhokseumawe -  Indonesia
  • Syarfina IAIN Langsa, Kota Langsa -  Indonesia

Keywords:

Children, Bullying, Preventive Efforts, Whole School

Abstract

Abstract

Bullying is one of the phenomena that often appears in the world of education, including education in elementary schools, where this behavior is an aggressive behavior that hurts children, both physically and psychologically. The purpose of this activity is to educate children about the dangers and impacts of bullying behavior as a preventive effort to prevent bullying through a whole school approach. The socialization activities focused on children at Sidodadi State Elementary School, Aceh Tamiang. This socialization is also carried out through school programs that synergize with parenting programs through a whole-school approach. This research uses the Participatory Action Research (PAR) method, which involves the participation of schools and parents through concrete actions. The activity resulted in cooperation between schools, teachers, and parents in overcoming the problem of bullying. In addition, children become more aware of the problem of bullying and know the fatal dangers of this behavior; this socialization is also an initial step that contributes in the long term to synergize school programs by activating the role of each component in the school.

Keywords: Children, Bullying, Preventive Efforts, Whole School.

Abstrak

Bullying merupakan salah satu fenomena yang sering muncul dalam dunia pendidikan, termasuk pendidikan di sekolah dasar, dimana perilaku tersebut merupakan perilaku agresif yang menyakiti anak, baik secara fisik maupun psikis. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan edukasi kepada anak tentang bahaya dan dampak perilaku bullying sebagai upaya preventif pencegahan bullying melalui pendekatan whole school. Kegiatan sosialisasi difokuskan pada anak di SD Negeri Sidodadi, Aceh Tamiang. Sosialisasi ini juga dilakukan melalui program sekolah yang bersinergi dengan program parenting melalui pendekatan whole school. Penelitian ini menggunakan metode Participatory Action Research (PAR) yang melibatkan peran serta sekolah dan orang tua melalui tindakan nyata. Kegiatan ini menghasilkan kerjasama antara sekolah, guru, dan orang tua dalam mengatasi masalah bullying. Selain itu, anak menjadi lebih peduli terhadap masalah bullying dan mengetahui bahaya fatal dari perilaku tersebut, sosialisasi ini juga merupakan langkah awal yang berkontribusi dalam jangka panjang untuk mensinergikan program sekolah dengan mengaktifkan peran masing-masing komponen yang ada di sekolah.

Kata Kunci: Anak, Bullying, Upaya Pencegahan, Whole School.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adiyono, Adiyono, Adiyono Adiyono, Irvan Irvan, and Rusanti Rusanti. “Peran Guru Dalam Mengatasi Perilaku Bullying.” Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 6, no. 3 (2022): 649. https://doi.org/10.35931/am.v6i3.1050.

Alwi, Nur Azmi, Three Rahmadona Dona, Dina Erina Nasution, and Elza Eka Lestari. “Why Do Students Engage in Bullying? Other Factors Found To Contribute To Student Bullying.” Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik) 8, no. 2 (2023): 161–71. https://doi.org/10.26740/jp.v8n2.p161-171.

Firdaus, Fery Muhamad. “Upaya Mengatasi Bullying Di Sekolah Dasar Dengan Mensinergikan Program Sekolah Dan Parenting Program Melalui Whole-School Approach.” DIDAKTIKA: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar 2, no. 2 (2019): 49–60. https://doi.org/10.21831/didaktika.v2i2.28098.

Firmansyah, Fitriawan Arif. “Peran Guru Dalam Penanganan Dan Pencegahan Bullying Di Tingkat Sekolah Dasar.” Jurnal Al-Husna 2, no. 3 (2022): 205. https://doi.org/10.18592/jah.v2i3.5590.

Hermawan Arfianto. “Praktik Kerja Lapang.” Iain Kudus 3 (2019): 57–68.

Maulana, Nova; Zis, Dkk, and 2021. “Pendampingan Siswa Dalam Upaya Pencegahan Bullying Di Sekolah.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM) - Aphelion 4, no. Desember (2022): 603–8. http://jurnal.globalhealthsciencegroup.com/index.php/JPM.

Nugroho, Sigit, Seger Handoyo, and Wiwin Hendriani. “Identifikasi Faktor Penyebab Perilaku Bullying Di Pesantren: Sebuah Studi Kasus.” Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan 17, no. 2 (2020): 1–14. https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2020.vol17(2).5212.

Nur, Muhammad, Yasriuddin Yasriuddin, and Nor Azijah. “Identifikasi Perilaku Bullying Di Sekolah (Sebuah Upaya Preventif).” Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 6, no. 3 (2022): 685. https://doi.org/10.35931/am.v6i3.1054.

Putri, Elsya Derma. “Kasus Bullying Di Lingkungan Sekolah : Dampak Serta Penanganannya.” Keguruan: Jurnal Penelitian, Pemikiran Dan Pengabdian 10 (2022): 24–30.

Qamaria, Rezki, Feprilia Pertiwi, Liza Mulyani, Nur Sari, Arrihlah Harriroh, Indah Haq, Sebti Nasihatin, Satrio Erlangga, Anisahab Anisahab, and Miftahul Jannah. “Upaya Menciptakan Lingkungan Sekolah Ramah Anak Melalui Kampanye Stop Bullying.” Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat 4 (November 17, 2023): 33–46. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v4i1.265.

Rachma, Ayu Widya. “Upaya Pencegahan Bullying Di Lingkup Sekolah.” Jurnal Hukum Dan Pembangunan Ekonomi 10, no. 2 (2022): 241. https://doi.org/10.20961/hpe.v10i2.62837.

Rahmat, Abdul, and Mira Mirnawati. “AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal.” Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal 06, no. 01 (2020): 62–71. http://dx.doi.org/10.37905/aksara.6.1.62-71.2020

Selian, Sri Nurhayati, and Winda Putri Diah Restya. “Peran Kepala Sekolah Dalam Mengatasi Bullying Di Sekolah.” Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru 9, no. 2 (2024): 531–39. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i2.751.

Sukawati, Asri, Dindin Abdul Muiz L, and Nana Ganda. “PEDADIDAKTIKA : JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR Fenomena Bullying Berkelompok Di Sekolah Dasar” 8, no. 2 (2021): 354–63. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v8i2.35344

Sussolaikah, Kelik, Ridam Dwi Laksono, and Andria Andria. “Pelatihan Media Edukasi Kesadaran Keamanan Siber Di SDN 01 Pandean Kota Madiun.” Abdimas Iptek 3, no. 2 (2023): 131. https://doi.org/10.53513/abdi.v3i2.8749.

Yunika, Riri, Alizamar Alizamar, and Inda Sukmawati. “Upaya Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Mencegah Perilaku Bullying Di SMA Negeri Se Kota Padang.” Konselor 2, no. 3 (2013): 21–25. https://doi.org/10.24036/02013232163-0-00.

Downloads

Published

2024-08-30

How to Cite

Sosialisasi Pencegahan Bullying pada Anak Melalui Pendekatan Whole School. (2024). Ngabekti: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 145-160. https://doi.org/10.32478/82k90k09

Similar Articles

11-19 of 19

You may also start an advanced similarity search for this article.