Pendidikan Akhlak Peserta Didik Perspektif Syekh Muhammad Syakir dalam Kitab Washoya Al Abaa Lil Abnaa
DOI:
https://doi.org/10.32478/talimuna.v11i02.1044Keywords:
Moral Education, Students, Sheikh Muhammad SyakirAbstract
Abstract: Moral education has an important role to form students who are intellectually and behaviorally qualified. But what is happening now is the finding of a student's moral crisis which is supported by various immoral between students in schools. This study aims to determine the concept of moral education of students in the book Washoya Al Abaa' Lil Abnaa' by Sheikh Muhammad Syakir. This study uses a qualitative descriptive approach and the type of research used is library research with the data analysis technique used is content analysis. The results of this study indicate that in the book Washoya Al Abaa' Lil Abnaa' by Sheikh Muhammad Syakir there are several concepts of moral education that must be possessed by students including: morals to teachers, morals in making friends, and morals in studying.
Keywords: Moral Education, Students, Sheikh Muhammad Syakir
Abstrak:. Pendidikan akhlak mempunyai peran penting dalam membentuk peserta didik yang berkualitas secara intelektual dan tingkah laku. Namun yang terjadi sekarang, ditemukannya krisis akhlak seorang peserta didik yang didukung dari berbagai peristiwa amoral di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep pendidikan akhlak peserta didik dalam kitab Washoya Al Abaa’ Lil Abnaa’ karya Syekh Muhammad Syakir. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan dengan teknik analisis data yang dipakai adalah analisis isi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam kitab Washoya Al Abaa’ Lil Abnaa’ karya Syekh Muhammad Syakir terdapat beberapa konsep pendidikan akhlak yang harus dimiliki oleh peserta didik di antaranya yaitu: akhlak kepada guru, akhlak dalam berteman, dan akhlak dalam menuntut ilmu.
Kata kunci: Pendidikan Akhlak, Peserta Didik, Syekh Muhammad Syakir
Downloads
References
An-Nadwi, Fadlil Sa’id. Nasehat Ayah Kepada Anaknya Agar Menjadi Manusia Berakhlak Mulia. Surabaya: Penerbit AL-HIDAYAH Surabaya, n.d.
Haniah, Inayatul. “Konsep Etika Menuntut Ilmu Menurut Syekh Muhammad Syakir Dalam Kitab Washaya Al Abaa’ Lil Abnaa’i.” Skripsi (2021): 55.
Hermawan, Iwan. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif & Mixed Methode. Kuningan: Hidayatul Quran Kuningan, 2019.
Iqbal, Abu Muhammad. Pemikiran Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2015.
Pratama, Bayu Indra, Azizun Kurnia Illahi, Muhammad Rizki Pratama, Choiria Anggraini, and Dessanti Putri Sekti Ari. Metode Analisis Isi. Malang: Unisma Press, 2021.
Salsabila, Krida, and Anis Husni Firdaus. “Pendidikan Akhlak Menurut Syekh Kholil Bangkalan.” Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 6, no. 1 (2018): 39.
Sholihah, Qomariyatus. Pengantar Metodologi Penelitian. Malang: UB Press, 2020.
Siyoto, Sandu, and M. Ali Sodik. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing, 2015.
Suryadarma, Yoke, and Ahmad Hifdzil Haq. “Pendidikan Akhlak Menurut Imam Al-Ghazali.” At-Ta’dib 10, no. 2 (2015): 362–381. https://ejournal.unida.gontor.ac.id/index.php/tadib/article/view/460.
Suwendra, I Wayan. Metodologi Penelitian Kualitatif Dalam Ilmu Sosial, Pendidikan, Kebudayaan Dan Keagamaan. Bandung: NILACAKRA, 2018.
Wahyudi, Dedi. Pengantar Akidah Akhlak Dan Pembelajarannya. Yogyakarta: Lintang Rasi Aksara Books, 2017.
Yusuf, Syaifulloh. “Konsep Pendidikan Akhlak Syeikh Muhammad Syakir Dalam Menjawab Tantangan Pendidikan Era Digital.” TA’DIBUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam 2, no. 1 (2019): 1.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
How to Cite
Similar Articles
- Muhammad Ilyas Junaidi Addahil, PROBLEMATIKA PENGEMBANGAN KURIKULUM DI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM : TINJAUAN EPISTIMOLOGI , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 8 No. 2 (2019): SEPTEMBER
- Ahmad Kholilul Adzim, KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER ANAK BERBASIS KELUARGA ISLAMI ERA SOCIETY 5.0 , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 10 No. 1 (2021): MARET
- Zaedun Naim, IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AKTIF, KREATIF, EFEKTIF DAN MENYENANGKAN (PAKEM) BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN PAI , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 2 No. 2 (2013): SEPTEMBER
- Akhmad Said, PROBLEMATIKA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DAN PERGURUAN TINGGI UMUM , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 2 No. 2 (2013): SEPTEMBER
- Zaidun Naim, IMPLIKASI DESENTRALISASI PENDIDIKAN PADA PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 3 No. 2 (2014): SEPTEMBER
- Winda Sri Rahayu, Rizqi Maulana, Novi Fadhilah Sopian, M. Makbul, Nur Aini Farida, Implementasi Metode Demonstrasi dalam Meningkatkan Keterampilan Praktik Wudhu Siswa Kelas 2C di SDN Duren 3 Karawang , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 13 No. 2 (2024): SEPTEMBER
- Zaedun Na'im, MADRASAH: ANTARA TRADISI DAN TUNTUTAN PERUBAHAN , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 4 No. 1 (2015): MARET
- Chusnul Chotimah, TINJAUAN UMUM TENTANG PENDIDIKAN ISLAM , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 2 No. 1 (2013): MARET
- Ahsan Muzadi, Siti Mutholingah, INTEGRASI PENDIDIKAN BERWAWASAN LINGKUNGAN HIDUP (GREEN SCHOOL) MELALUI PEMBELAJARAN PAI DI SEKOLAH , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 8 No. 2 (2019): SEPTEMBER
- Rosidin Rosidin, SIRAH NABAWIYAH DALAM PERSPEKTIF TEORI KEBUTUHAN VERSI DAVID McCLELLAND , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 4 No. 1 (2015): MARET
You may also start an advanced similarity search for this article.