Pendidikan Akhlak Peserta Didik Perspektif Syekh Muhammad Syakir dalam Kitab Washoya Al Abaa Lil Abnaa

DOI:

https://doi.org/10.32478/talimuna.v11i02.1044

Authors

  • Auliana Fitri Intam Mutiara Sari Universitas Singaperbangsa Karawang -  Indonesia
  • Undang Ruslan Wahyudin Universitas Singaperbangsa Karawang -  Indonesia
  • Taufik Mustofa Universitas Singaperbangsa Karawang -  Indonesia

Keywords:

Moral Education, Students, Sheikh Muhammad Syakir

Abstract

Abstract: Moral education has an important role to form students who are intellectually and behaviorally qualified. But what is happening now is the finding of a student's moral crisis which is supported by various immoral between students in schools. This study aims to determine the concept of moral education of students in the book Washoya Al Abaa' Lil Abnaa' by Sheikh Muhammad Syakir. This study uses a qualitative descriptive approach and the type of research used is library research with the data analysis technique used is content analysis. The results of this study indicate that in the book Washoya Al Abaa' Lil Abnaa' by Sheikh Muhammad Syakir there are several concepts of moral education that must be possessed by students including: morals to teachers, morals in making friends, and morals in studying.

 

Keywords: Moral Education, Students, Sheikh Muhammad Syakir

 

Abstrak:. Pendidikan akhlak mempunyai peran penting dalam membentuk peserta didik yang berkualitas secara intelektual dan tingkah laku. Namun yang terjadi sekarang, ditemukannya krisis akhlak seorang peserta didik yang didukung dari berbagai peristiwa amoral di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep pendidikan akhlak peserta didik dalam kitab Washoya Al Abaa’ Lil Abnaa’ karya Syekh Muhammad Syakir. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan dengan teknik analisis data yang dipakai adalah analisis isi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam kitab Washoya Al Abaa’ Lil Abnaa’ karya Syekh Muhammad Syakir terdapat beberapa konsep pendidikan akhlak yang harus dimiliki oleh peserta didik di antaranya yaitu: akhlak kepada guru, akhlak dalam berteman, dan akhlak dalam menuntut ilmu.

 

Kata kunciPendidikan Akhlak, Peserta Didik, Syekh Muhammad Syakir

Downloads

Download data is not yet available.

References

An-Nadwi, Fadlil Sa’id. Nasehat Ayah Kepada Anaknya Agar Menjadi Manusia Berakhlak Mulia. Surabaya: Penerbit AL-HIDAYAH Surabaya, n.d.

Haniah, Inayatul. “Konsep Etika Menuntut Ilmu Menurut Syekh Muhammad Syakir Dalam Kitab Washaya Al Abaa’ Lil Abnaa’i.” Skripsi (2021): 55.

Hermawan, Iwan. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif & Mixed Methode. Kuningan: Hidayatul Quran Kuningan, 2019.

Iqbal, Abu Muhammad. Pemikiran Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2015.

Pratama, Bayu Indra, Azizun Kurnia Illahi, Muhammad Rizki Pratama, Choiria Anggraini, and Dessanti Putri Sekti Ari. Metode Analisis Isi. Malang: Unisma Press, 2021.

Salsabila, Krida, and Anis Husni Firdaus. “Pendidikan Akhlak Menurut Syekh Kholil Bangkalan.” Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 6, no. 1 (2018): 39.

Sholihah, Qomariyatus. Pengantar Metodologi Penelitian. Malang: UB Press, 2020.

Siyoto, Sandu, and M. Ali Sodik. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing, 2015.

Suryadarma, Yoke, and Ahmad Hifdzil Haq. “Pendidikan Akhlak Menurut Imam Al-Ghazali.” At-Ta’dib 10, no. 2 (2015): 362–381. https://ejournal.unida.gontor.ac.id/index.php/tadib/article/view/460.

Suwendra, I Wayan. Metodologi Penelitian Kualitatif Dalam Ilmu Sosial, Pendidikan, Kebudayaan Dan Keagamaan. Bandung: NILACAKRA, 2018.

Wahyudi, Dedi. Pengantar Akidah Akhlak Dan Pembelajarannya. Yogyakarta: Lintang Rasi Aksara Books, 2017.

Yusuf, Syaifulloh. “Konsep Pendidikan Akhlak Syeikh Muhammad Syakir Dalam Menjawab Tantangan Pendidikan Era Digital.” TA’DIBUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam 2, no. 1 (2019): 1.

Downloads

Published

2022-10-01

Issue

Section

Articles

How to Cite

Pendidikan Akhlak Peserta Didik Perspektif Syekh Muhammad Syakir dalam Kitab Washoya Al Abaa Lil Abnaa. (2022). TA’LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 108-118. https://doi.org/10.32478/talimuna.v11i02.1044

Similar Articles

31-40 of 87

You may also start an advanced similarity search for this article.