Pendidikan Akhlak Peserta Didik Perspektif Syekh Muhammad Syakir dalam Kitab Washoya Al Abaa Lil Abnaa
DOI:
https://doi.org/10.32478/talimuna.v11i02.1044Keywords:
Moral Education, Students, Sheikh Muhammad SyakirAbstract
Abstract: Moral education has an important role to form students who are intellectually and behaviorally qualified. But what is happening now is the finding of a student's moral crisis which is supported by various immoral between students in schools. This study aims to determine the concept of moral education of students in the book Washoya Al Abaa' Lil Abnaa' by Sheikh Muhammad Syakir. This study uses a qualitative descriptive approach and the type of research used is library research with the data analysis technique used is content analysis. The results of this study indicate that in the book Washoya Al Abaa' Lil Abnaa' by Sheikh Muhammad Syakir there are several concepts of moral education that must be possessed by students including: morals to teachers, morals in making friends, and morals in studying.
Keywords: Moral Education, Students, Sheikh Muhammad Syakir
Abstrak:. Pendidikan akhlak mempunyai peran penting dalam membentuk peserta didik yang berkualitas secara intelektual dan tingkah laku. Namun yang terjadi sekarang, ditemukannya krisis akhlak seorang peserta didik yang didukung dari berbagai peristiwa amoral di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep pendidikan akhlak peserta didik dalam kitab Washoya Al Abaa’ Lil Abnaa’ karya Syekh Muhammad Syakir. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan dengan teknik analisis data yang dipakai adalah analisis isi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam kitab Washoya Al Abaa’ Lil Abnaa’ karya Syekh Muhammad Syakir terdapat beberapa konsep pendidikan akhlak yang harus dimiliki oleh peserta didik di antaranya yaitu: akhlak kepada guru, akhlak dalam berteman, dan akhlak dalam menuntut ilmu.
Kata kunci: Pendidikan Akhlak, Peserta Didik, Syekh Muhammad Syakir
Downloads
References
An-Nadwi, Fadlil Sa’id. Nasehat Ayah Kepada Anaknya Agar Menjadi Manusia Berakhlak Mulia. Surabaya: Penerbit AL-HIDAYAH Surabaya, n.d.
Haniah, Inayatul. “Konsep Etika Menuntut Ilmu Menurut Syekh Muhammad Syakir Dalam Kitab Washaya Al Abaa’ Lil Abnaa’i.” Skripsi (2021): 55.
Hermawan, Iwan. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif & Mixed Methode. Kuningan: Hidayatul Quran Kuningan, 2019.
Iqbal, Abu Muhammad. Pemikiran Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2015.
Pratama, Bayu Indra, Azizun Kurnia Illahi, Muhammad Rizki Pratama, Choiria Anggraini, and Dessanti Putri Sekti Ari. Metode Analisis Isi. Malang: Unisma Press, 2021.
Salsabila, Krida, and Anis Husni Firdaus. “Pendidikan Akhlak Menurut Syekh Kholil Bangkalan.” Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 6, no. 1 (2018): 39.
Sholihah, Qomariyatus. Pengantar Metodologi Penelitian. Malang: UB Press, 2020.
Siyoto, Sandu, and M. Ali Sodik. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing, 2015.
Suryadarma, Yoke, and Ahmad Hifdzil Haq. “Pendidikan Akhlak Menurut Imam Al-Ghazali.” At-Ta’dib 10, no. 2 (2015): 362–381. https://ejournal.unida.gontor.ac.id/index.php/tadib/article/view/460.
Suwendra, I Wayan. Metodologi Penelitian Kualitatif Dalam Ilmu Sosial, Pendidikan, Kebudayaan Dan Keagamaan. Bandung: NILACAKRA, 2018.
Wahyudi, Dedi. Pengantar Akidah Akhlak Dan Pembelajarannya. Yogyakarta: Lintang Rasi Aksara Books, 2017.
Yusuf, Syaifulloh. “Konsep Pendidikan Akhlak Syeikh Muhammad Syakir Dalam Menjawab Tantangan Pendidikan Era Digital.” TA’DIBUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam 2, no. 1 (2019): 1.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
How to Cite
Similar Articles
- Wely Dozan, TAFSIR AYAT-AYAT PENDIDIKAN Nilai-Nilai Pendidikan Q.S. Al-Alaq Ayat 1-5 (Studi Tafsir Al-Misbah Karya M.Quraish Shihab) , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 9 No. 2 (2020): SEPTEMBER
- Yusuf Agung Subekti, RELEVANSI SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL DENGAN PEMBARUAN SISTEM PENDIDIKAN PESANTREN , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 3 No. 1 (2014): MARET
- Hilman Wadjdi, MANAJEMEN PENINGKATAN MUTU LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 1 No. 1 (2012): MARET
- Yuanda Kusuma, PENDIDIKAN ISLAM DAN TUNTUTAN ZAMAN , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 3 No. 1 (2014): MARET
- Siti Yumnah Syaukani, PEMIKIRAN FATIMA MERNISSI TENTANG PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF GENDER , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 10 No. 1 (2021): MARET
- Supandi Supandi, KONTEKTASI POLITIK PENDIDIKAN ISLAM INDONESIA , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 3 No. 1 (2014): MARET
- Handoko Ja’far, PEREMPUAN DALAM MINORITAS PENDIDIKAN , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 4 No. 2 (2015): SEPTEMBER
- Rosidin, Studi Komparatif Indikator Toleransi Beragama di Indonesia dalam Perspektif Teori Multikultural Barat dan Pendidikan Agama Islam , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 13 No. 1 (2024): MARET
- Nafa Nabilah, Faridatun Nikmah, Multicultural Education Values in Film ‘Ke Jogja’ and ‘Ke Jogja 2’ (Semiotic Study on Paniradya Kaistimewan Youtube Account) , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 13 No. 1 (2024): MARET
- Mukani Mukani, KONTRIBUSI HASYIM ASY’ARI PADA PENDIDIKAN ISLAM , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 4 No. 2 (2015): SEPTEMBER
You may also start an advanced similarity search for this article.