PESANTREN SEBAGAI LEMBAGA PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN KEHIDUPAN SOSIAL SANTRI
DOI:
https://doi.org/10.32478/talimuna.v6i1.191Keywords:
Pesantren, Lembaga pendidikan, Kehidupan sosialAbstract
Pesantren merupakan lembaga pendidikan asli Indonesia, sejak sebelum masa penjajahan pesantren sudah menjadi lembaga pendidikan yang ada di Indonesia. Pesantren memiliki peran penting dalam sejarah Indonesia, pesantren ikut andil dalam kemerdekaan, mengusir penjajah. Pesantren juga berperan dalam pembangunan Negara Indonesia, terutama dalam bidang non fisik yaitu pendidikan. Pesantren membangun mental bangsa Indonesia untuk selalu berpegang teguh menjaga warisan bangsa, budaya dan karakter bangsa Indonesia. Tidak sedikit kearifan budaya lokal, dan kearifan sosial yang ada di Indonesia sudah selaras dengan ajaran-ajaran Islam. Sikap saling menghormati, menghargai, dan memahami antar sesama, rendah, diri, dan hidup sederhana, sudah menjadi tradisi bangsa Indonesia, yang semua itu selalu ditekankan dan diajarkan di pesantren. Semua tradisi sosial pesantren adalah bentuk gambaran masyarakat Indonesia, sehingga struktur sosial antara masyarakat pesantren, dan masyarakat umum diluar pesantren tidak jauh berbeda.
Downloads
References
Geertz, Clifford, Abangan, Santri, dan Priyayi dalam Masyarakat Jawa, Jakarta: Pustaka, 1981.
Haroen, Nasrun, Fiqh Muamalah, Jakarta: Gaya Media Pratama, 2007.
Masjfuk Zuhdi, Studi Islam jilid III: Muamalah, Jakarta : Rajawali, 1988.
http://republika.co.id/berita/jurnalisme-warga/wacana/12/11/21/mdtwqu-islam-dan-perilaku-sosial
http://saintry21.blogspot.co.id/2013/04/hubungan-sosial-di-lingkungan-pondok.html
Ibrahim, Ahmad. 1989. Bek, al-Mu’amalah asy-Syar’iyah al-Maliyah (Kairo: Dar al-Intishar, t. th). Minhajuddin, 1993. Fiqh tentang Muamalah Masa Kini. Ujungpandang: Fakultas Syariah IAIN Alaudddin.
M. Danusiri, http://danusiri.dosen.unimus.ac.id/materi kuliah/keperawatan /islam-sebagai-agama-sosial/
Munawwir, Ahmad Warson. 1973. Kamus Arab- Indonesia (Cet. XIV; Surabaya: Pustaka Progressif, 1997). Louis Ma’luf, al-Munjid fi al-Lughat (Cet. XXI; Dar al-Masyruq, Beirut).
PESANTREN: SANTRI, KIAI, DAN TRADISI Ahmad Muhakamurrohman Al-Azhar Kairo, Mesir Madinat Nasr, Cairo, The Arab Republic of Egypt.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
Wijoyo, Kunto, Paradigma Islam; Interpretasi Untuk Aksi, Bandung: Mizan, 1993.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
How to Cite
Similar Articles
- Mukani Mukani, KONTRIBUSI HASYIM ASY’ARI PADA PENDIDIKAN ISLAM , TA'LIMUNA: Vol. 4 No. 2 (2015): edisi SEPTEMBER
- Ali Rif'an, PEMANFAATAN RADIO DAN TV KOMUNITAS SEBAGAI MEDIA HUMAS LEMBAGA PENDIDIKAN , TA'LIMUNA: Vol. 3 No. 2 (2014): edisi SEPTEMBER
- Aslan Aslan, SEJARAH PERJALANAN KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM DI MALAYSIA , TA'LIMUNA: Vol. 8 No. 1 (2019): edisi MARET
- Ali Rif'an, NILAI MULTIKULTURAL BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI PESANTREN KULON BANON - KAJEN , TA'LIMUNA: Vol. 9 No. 2 (2020): edisi SEPTEMBER
- Adi Sudrajat, PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM BERBUDAYA NIRKEKERASAN , TA'LIMUNA: Vol. 7 No. 2 (2018): edisi SEPTEMBER
- Eko Prabowo, PENDIDIKAN ISLAM SEBAGAI UPAYA PENCENAGAHAN KENAKALAN ANAK USIA DASAR , TA'LIMUNA: Vol. 8 No. 1 (2019): edisi MARET
- Siti Mutholingah, Basri Zain, METODE PENYUCIAN JIWA (TAZKIYAH AL-NAFS) DAN IMPLIKASINYA BAGI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM , TA'LIMUNA: Vol. 10 No. 1 (2021): edisi MARET
- Wahyu yudi, Khoirun Nisa', PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MASA PANDEMI COVID -19 DI SMP ISLAM MBAH BOLONG WATUHGALUH JOMBANG , TA'LIMUNA: Vol. 10 No. 1 (2021): edisi MARET
- Hasyim Muzadi, MEMBANGUN UNIVERSITAS BERBASIS PONDOK PESANTREN , TA'LIMUNA: Vol. 2 No. 1 (2013): edisi MARET
- Wely Dozan, TAFSIR AYAT-AYAT PENDIDIKAN Nilai-Nilai Pendidikan Q.S. Al-Alaq Ayat 1-5 (Studi Tafsir Al-Misbah Karya M.Quraish Shihab) , TA'LIMUNA: Vol. 9 No. 2 (2020): edisi SEPTEMBER
- Muh. Rodhi Zamzami, PENERAPAN REWARD AND PUNISHMENT DALAM TEORI BELAJAR BEHAVIORISME , TA'LIMUNA: Vol. 4 No. 1 (2015): edisi MARET
- Siti Mutholingah, Muh. Rodhi Zamzami, RELEVANSI PEMIKIRAN MAQASHID AL-SYARIAH JASSER AUDA TERHADAP SISTEM PENDIDIKAN ISLAM MULTIDISIPLINER , TA'LIMUNA: Vol. 7 No. 2 (2018): edisi SEPTEMBER
- Muh. Rodhi Zamzami, PERKEMBANGAN BIOPSIKOSOSIOSPIRITUAL PESERTA DIDIK , TA'LIMUNA: Vol. 4 No. 2 (2015): edisi SEPTEMBER
- Samsudin Samsudin, Muh. Rodhi Zamzami, KONSELING ISLAMI DALAM MENGEMBANGKAN KEPRIBADIAN SISWA MAN NGAWI , TA'LIMUNA: Vol. 8 No. 1 (2019): edisi MARET
You may also start an advanced similarity search for this article.