ANALISIS EFISIENSI ANGGARAN PENDIDIKAN DALAM PERSPEKTIF ISLAM

Analysis of Education Budget Efficiency in an Islamic Perspective

DOI:

https://doi.org/10.32478/6b4qep60

Authors

  • Firman Robiansyah Universitas Pendidikan Indonesia -  Indonesia
  • Annisa Nur Fadillah Universitas Pendidikan Indonesia -  Indonesia
  • Nuril Khairiyah Universitas Pendidikan Indonesia -  Indonesia
  • Siti Nurkholizah Universitas Pendidikan Indonesia -  Indonesia
  • Gavin Sangraha Rahmat Universitas Pendidikan Indonesia -  Indonesia

Keywords:

Anggaran Pendidikan, Efisiensi Anggaran, Kebijakan Pemerintah, Kualitas Pendidikan, Perspektif Islam

Abstract

This study analyzes the efficiency of the education budget from an Islamic perspective by highlighting the principles of transparency, accountability, and resource optimization. In Islam, the efficiency of the education budget aims to avoid waste and ensure fair and sharia-compliant financial distribution. This study uses a literature study method by analyzing various relevant literature. The results of the study indicate that the principle of efficiency in Islam can be applied through funding sources such as zakat, waqf, and alms that are managed professionally. In addition, community participation in financing education can increase the effectiveness of budget use. However, the budget efficiency policy also faces challenges, especially in the context of government policies, such as cutting the education budget which risks reducing the welfare of educators and the quality of education. Therefore, the implementation of efficiency must consider the balance between savings and meeting the needs of quality education, by involving strict supervision and public participation to remain in line with the principles of justice in Islam.

Penelitian ini menganalisis efisiensi anggaran pendidikan perspektif Islam dengan menyoroti prinsip transparansi, akuntabilitas, dan optimalisasi sumber daya. Dalam Islam, efisiensi anggaran pendidikan bertujuan menghindari pemborosan serta memastikan distribusi keuangan yang adil dan sesuai syariah. Studi ini menggunakan metode studi kepustakaan dengan menganalisis berbagai literatur yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prinsip efisiensi dalam Islam dapat diterapkan melalui sumber pendanaan seperti zakat, wakaf, dan sedekah yang dikelola secara profesional. Partisipasi masyarakat dalam pembiayaan pendidikan juga dapat meningkatkan efektivitas penggunaan anggaran. Namun, kebijakan efisiensi anggaran menghadapi tantangan, terutama dalam konteks kebijakan pemerintah, seperti pemangkasan anggaran pendidikan yang berisiko mengurangi kesejahteraan tenaga pendidik dan kualitas pendidikan. Oleh karena itu, implementasi efisiensi anggaran harus mempertimbangkan keseimbangan antara penghematan dan pemenuhan kebutuhan pendidikan berkualitas, dengan melibatkan pengawasan ketat dan partisipasi publik agar selaras dengan prinsip keadilan dalam Islam.

Kata Kunci : Anggaran Pendidikan; Efisiensi Anggaran; Kebijakan Pemerintah; Kualitas Pendidikan; Perspektif Islam.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

  • Firman Robiansyah, Universitas Pendidikan Indonesia

    Lecturer of Education University of Indonesia

  • Annisa Nur Fadillah, Universitas Pendidikan Indonesia

    Departement of Marine Information System, Studenta

  • Nuril Khairiyah, Universitas Pendidikan Indonesia

    Departement of Marine Information System, Student

  • Siti Nurkholizah, Universitas Pendidikan Indonesia

    Departement of Marine Information System, Student

  • Gavin Sangraha Rahmat, Universitas Pendidikan Indonesia

    Departement of Marine Information System, Student

References

Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394

Anggraini, R. D., & Kawakib, A. N. (2021). Islamic Education at the Nizhamiyah Madrasah during the Abbasid Era: Models of Financing, Curriculum Design, and Pedagogical Priorities. El-Suffah: Jurnal Studi Islam, 2(1), 167–186. https://doi.org/10.70742/suffah.v2i1.185

Asari, H., Ritonga, M., Nursalimah, Megawati, B., & Ruwaidah. (2020). Modernization of Islamic Education in Bibliometric Review. Ijtimā’iyya: Journal of Muslim Society Research, 4(1), 90–101.

Awwaliyah, R., & Baharun, H. (2018). Pendidikan Islam dalam Sistem Pendidikan Nasional. Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 12(1), 103. https://doi.org/10.21154/cendekia.v12i1.370

Bolivia Rahmawati. (2025). Anggaran Riset Kemendiktisaintek Dipangkas, Pakar UGM Sebut Pemerintah Korbankan Efektifitas dan Daya Saing Bangsa. Universitas Gajah Mada.

Fadhila, N., & Riani, L. P. (2024). Menelisik Problematika Pembiayaan Pendidikan di Indonesia : Sebuah Tinjauan Literatur. Prosiding Pendidikan Ekonomi UNIPMA.

Fauzi, A. (2017). Manajemen Dana dan Sumber Dana Pondok Pesantren. Tasyri’: Jurnal Tarbiyah Syar’iyah Islamiyah, 24(1), 59–75. http://ejournal.kopertais4.or.id/pantura/index.php/tasyri/article/view/3176

Fitriani, Y., & Tohiri, M. K. (2024). Analisis Manajemen Pembiayaan dalam Menunjang Penyelenggaraan Pendidikan Islam ( Literature Review ). Jurnal Ilmiah Pengayaan Pembelajaran Dan Pendidikan Islam, 1(1), 23–31.

Gyagenda, A. (2021). The Relevance of Al-Ghazali’s Educational Views to the Contemporary System of Muslim Education: Focus on Islamic Education in Uganda. Interdisciplinary Journal of Education, 3(5), 6.

Hadiyanto, R., & Pusvisasari, L. (2022). Efisiensi Pengumpulan dan Pendistribusian Zakat dan Wakaf di Indonesia. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(2), 2076–2082. http://dx.doi.org/10.29040/jiei.v8i2.4738DOI:http://dx.doi.org/10.29040/jiei.v8i2.4738

Handayani, N. F., & Huda, N. (2020). Manajemen Pembiayaan Pendidikan di SMA Negeri Pascadesentralisasi Pendidikan. Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 3(4), 332–341. https://doi.org/10.17977/um027v3i42020p332

Herdiansyah, D., & Kurniati, P. S. (2020). Pembangunan Sektor Pendidikan sebagai Penunjang Indeks Pembangunan Manusia di Kota Bandung. Jurnal Agregasi : Aksi Reformasi Government dalam Demokrasi, 8(1), 43–50. https://doi.org/10.34010/agregasi.v8i1.2765

Hidayat, F., & Tolla, I. (2022). Transparansi dan Akuntabilitas Penggunaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Jurnal Administrasi, Kebijakan, dan Kepemimpinan Pendidikan (JAK2P), 3(1), 66. https://doi.org/10.26858/jak2p.v3i1.16167

Humas. (2025). Pro-Kontra Efisiensi Anggaran, Akademisi UMM Ingatkan Risiko bagi Sektor Strategis. UMM.

Khan, M. T., Khan, S., & Khan, M. H. (2018). Historical Contribution of Islamic Waqf in Human Capital Development through Funding Education. Journal of Islamic and Religious Studies, 3(2), 57–74. https://doi.org/10.36476/jirs.3:2.12.2018.12

kurnia.ekaptiningrum. (2025). Guru Besar FEB UGM Sebut Efisiensi Anggaran Pendidikan Harus Dilakukan dengan Hati-Hati. Universitas Gajah Mada.

Laila, I. N. (2023). Peran Pendidikan Islam dalam Membangun Peradaban Islam di Indonesia. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 7(02), 70–79. https://doi.org/10.35706/wkip.v7i02.9281

Mariana, I., Putra, P., & Jaelani, J. (2023). Konsep Ta’dib Syed Muhammad Naquib Al-Attas dan Relevansinya dengan Pendidikan Karakter. PIJAR: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 1(2), 163–176. https://doi.org/10.58540/pijar.v1i2.170

Mas’ud, A., Hamidah, T., & Sudirman, S. (2022). Pengelolaan Wakaf Produktif dalam Membentuk Mutu Pendidikan Madrasah Diniyah. Thawalib | Jurnal Kependidikan Islam, 4(1), 45–60.

Maulina, R., Dhewanto, W., & Faturohman, T. (2023). The Integration of Islamic Social and Commercial Finance (IISCF): Systematic Literature Review, Bibliometric Analysis, Conceptual Framework, and Future Research Opportunities. Heliyon, 9(11), e21612. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2023.e21612

Messy, M., & Charles, C. (2022). Pendidikan Karakter dalam Al-Qur’an Surah Al-Isra Ayat 23-30 Menurut Tafsir Al-Azhar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 2(1), 472–482. https://doi.org/10.31004/innovative.v2i1.3760

Muhtarisah, N., & Anam, W. (2022). Pendekatan Filsafat dalam Islam: Teori dan Praktik. An-Natiq Jurnal Kajian Islam Interdisipliner, 2, 50–60.

Muiz, A., Anisah, R., Khoiruddin, U., & Indrioko, E. (2024). Kebijakan Pendidikan dalam Mengatasi Masalah Kualitas , Kuantitas Efektivitas dan Efisiensi. IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam, 2(4), 46–64.

Mulyadi, S., & Mulyati, S. (2023). Pengaruh Sektor Pendidikan Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Jawa Barat Selama Pandemi. Welfare: Journal of Islamic Economics and Finance, 2(1).

Qomarruddin, Q., & Sa’diyah, H. (2024). Kajian Teoritis tentang Teknik Analisis Data dalam Penelitian Kualitatif. Journal of Management, Accounting and Administration, 1(2), 77–84.

Rahmani, D. A., Muhayati, S., & Kholis, I. (2025). Analisis Data Kualitatif. Jurnal Pendidikan Tambusai, 9, 180. https://core.ac.uk/download/pdf/228075212.pdf

Sabarudin, M., Al Ayyubi, I. I., Rohmatulloh, R., Suryana, I., & Wijaya, T. T. (2024). Exploring the Foundations of Islamic Education: Insights from Ibn Sina and Ibn Khaldun. Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman, 35(1), 127–142. https://doi.org/10.33367/tribakti.v35i1.4266

Sembiring, H. A. Z., Prana, R. R., Manajemen, P., Tinggi, S., Sukma, I. M., & Lubis, M. J. S. (2023). Analisis Efektivitas dan Efisiensi Pengelolaan Keuangan Guna Menilai Kinerja Keuangan Sekolah Dasar. Ekonomi, Keuangan, Investasi Dan Syariah (EKUITAS), 5(1), 241. https://doi.org/10.47065/ekuitas.v5i1.3673

Sintya Alfafa. (2025). Menakar Efisiensi Anggaran bagi Kualitas Pendidikan, Begini Kata Pakar UNAIR. Unairnews.

Sofa, M. (2022). Prinsip-Prinsip Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Perspektif Al-Qur’an. Kordinat: Jurnal Komunikasi Antar Perguruan Tinggi Agama Islam, XXI(2), 10–27. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf

Wajiyah, & Hudaidah. (2021). Pendidikan Islam dalam Sistem Pendidikan Nasional. Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Agama Islam, 2(2), 221–227. https://doi.org/10.61132/jmpai.v2i2.194

Wulandari, C. (2024). Pentingnya Tata Kelola Keuangan yang Transparan di Lingkungan Pendidikan. FMIPA, UNPAK. https://fmipa.unpak.ac.id/artikel/pentingnya-tata-kelola-keuangan-yang-transparan-di-lingkungan-pendidikan

Wulaningsih, R., & Asriati, N. (2024). Pengelolaan Keuangan Pendidikan dalam Meningkatkan Efisiensi dan Efektivitas Sumber Daya. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 4, 1723–1732.

Zaputra, R. C., & Tauhid, M. (2024). Efektivitas dan Efesiensi Kinerja Keuangan Berdasarkan Laporan Realisasi Anggaran Pada Kantor Kementerian Agama Kota Langsa Tahun 2022. Seulanga : Jurnal Pendidikan Dan Pelatihan, 3(1).

Downloads

Published

2025-09-30

Issue

Section

Articles

How to Cite

ANALISIS EFISIENSI ANGGARAN PENDIDIKAN DALAM PERSPEKTIF ISLAM: Analysis of Education Budget Efficiency in an Islamic Perspective. (2025). TA’LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam, 14(2). https://doi.org/10.32478/6b4qep60

Similar Articles

1-10 of 133

You may also start an advanced similarity search for this article.