ANALISIS STANDAR PEMBIAYAAN DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SMAN 1 KLARI KARAWANG

Analysis of Standard Financing in Improving Education Quality at SMAN 1 Klari Karawang

DOI:

https://doi.org/10.32478/ynbd5n76

Authors

  • Fadilah Nur Zikriyah Universitas Singaperbangsa Karawang -  Indonesia
  • Dimo Aditia Nugroho Universitas Singaperbangsa Karawang -  Indonesia
  • Fathiyah Azahra Universitas Singaperbangsa Karawang -  Indonesia
  • Hinggil Permana Universitas Singaperbangsa Karawang -  Indonesia

Keywords:

Pendidikan, Peningkatan Mutu , Sekolah Menengah Atas, Standar Pembiayaan

Abstract

This article aims to analyze the implementation of education financing at SMAN 1 Klari Karawang from a legal perspective and strategies for improving education quality through effective and efficient financing. It uses a qualitative approach and case study method with data collection techniques such as observation, interviews, and documentation. The results of the study show that the management of financing at SMAN 1 Klari is in accordance with the law, particularly Government Regulation No. 57 of 2021 and Minister of Education, Culture, Research, and Technology Regulation No. 18 of 2023. The evidence is that the Education Unit Operational Assistance (BOSP) funds are managed transparently through ARKAS (School Activity and Budget Plan Application), although various obstacles are still encountered, such as delays in fund distribution and budget constraints. Meanwhile, to improve the quality of education through funding standards, SMAN 1 Klari implements strategies for efficient use of internal assets, maintains the effectiveness of programs even though their quality is not optimal, and involves voluntary support from parents and the community. In conclusion, SMAN 1 Klari has implemented the principles of transparency, accountability, and participation in the management of education costs, which has ultimately become the key to improving the quality of education at the school.

Artikel ini bertujuan menganalisis implementasi pembiayaan pendidikan di SMAN 1 Klari Karawang dari perspektif perundang-undangan serta strategi peningkatan mutu pendidikan melalui efektivitas dan efisiensi pembiayaan. Menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis studi kasus dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan pengelolaan pembiayaan di SMAN 1 Klari sesuai dengan perundang-undangan, khususnya PP Nomor 57 Tahun 2021 dan Permendikbudristek Nomor 18 Tahun 2023. Buktinya adalah dana Bantuan Operasional Satuan Pendidikan (BOSP) dikelola secara transparan melalui ARKAS (Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah), meskipun masih dijumpai berbagai kendala seperti keterlambatan penyaluran dana dan keterbatasan anggaran. Sedangkan untuk meningkatkan kualitas pendidikan melalui standar pembiayaan, SMAN 1 Klari menerapkan strategi efisiensi penggunaan aset internal, menjaga efektivitas program meski kualitasnya tidak maksimal, serta melibatkan dukungan sukarela dari orang tua dan masyarakat. Kesimpulannya, SMAN 1 Klari telah menerapkan prinsip transparan, akuntabel, dan partisipatif dalam pengelolaan biaya pendidikan, hingga akhirnya menjadi kunci peningkatan mutu pendidikan di sekolah tersebut. 

Kata Kunci : Pendidikan; Peningkatan Mutu; Sekolah Menengah Atas; Standar Pembiayaan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

  • Fadilah Nur Zikriyah, Universitas Singaperbangsa Karawang

    Pendidikan Agama Islam

  • Dimo Aditia Nugroho, Universitas Singaperbangsa Karawang

    Pendidikan Agama Islam

  • Fathiyah Azahra, Universitas Singaperbangsa Karawang

    Pendidikan Agama Islam

  • Hinggil Permana, Universitas Singaperbangsa Karawang

    Pendidikan Agama Islam

     

References

Asmawi, M. R. (2010). Strategi Meningkatkan Lulusan Bermutu di Perguruan Tinggi. Makara Human Behavior Studies in Asia, 9(2), 66-71.

Cohn, E. (1979). The Economic of Education. Ballinger Publishing Compan.

Fattah, N. (2012). Ekonomi dan Pembiayaan Pendidikan. Remaja Rosdakarya.

Kurniady, D.A. (2011). Pengelolaan Pembiayaan Sekolah Dasar di Kabupaten Bandung. Disertasi Universitas Pendidikan Indonesia.

Margareta, R. T. E., & Ismanto, B. (2017). Strategi Perencanaan Pembiayaan Sekolah dalam Peningkatan Mutu di SMP Negeri. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(2), 195-204.

Mesiono, M., Siregar, M. F. S., & Saputra, I. B. (2021). Manajemen Pembiayaan Pendidikan Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan di Madrasah Aliyah Al-Manar Kecamatan Medan Johor. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(02), 447–456.

Nopiyerto, N. (2021). Manajemen Pembiayaan Pendidikan. Manajer Pendidikan, 15(2), 67–74.

Nurhayati et al. (2022). Manajemen Pembiayaan Pendidikan Dalam Meningkatkan Mutu Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 597.

Raco, J. (2010). Metode Penelitian Kualitatif: Jenis, Karakteristik, dan Keunggulannya. Grasindo.

Sagala, S. (2007). Manajemen Strategik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan: Pembuka Ruang Kreativitas, Inovasi dan Pemberdayaan Potensi Sekolah dalam Sistsem Otonomi Sekolah. Alfabeta.

Sudarmono, S., Hasibuan, L., & Anwar Us, K. (2021). Pembiayaan Pendidikan. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(1), 266-280.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Suharsaputra, U. (2018). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan. Refika Aditama.

Suti, M. (2011). Strategi Peningkatan Mutu di Era Otonomi Pnedidikan. Jurnal MEDTEK, 3(2), 1–6.

W. P, F. (2013). Pembiayaan Pendidikan: Suatu Kajian Teoritis. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 19(4), 565–578.

Downloads

Published

2025-09-30

Issue

Section

Articles

How to Cite

ANALISIS STANDAR PEMBIAYAAN DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SMAN 1 KLARI KARAWANG: Analysis of Standard Financing in Improving Education Quality at SMAN 1 Klari Karawang. (2025). TA’LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam, 14(2), 200-207. https://doi.org/10.32478/ynbd5n76

Similar Articles

1-10 of 120

You may also start an advanced similarity search for this article.