KARAKTER TAKDIM DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM KONTEMPORER

Alya Okta Nurjanah(1*),

(1) UIN Sunan Ampel Surabaya
(*) Corresponding Author

Abstract


Pendidikan karakter sangat di perlukan untuk membentuk karakter yang berkualitas dalam lingkup pendidikan, masyarakat, dan keluarga. Karakter takdim bisa di dapat dari pendidikan yang disalurkan oleh guru, dari lingkup keluarga yang baik, yang mana orang tua berperan penting dalam pembentukan karakter yang baik. Sehingga anak didik dapat mengimplementasikan apa yang diajarkannya pada masyarakat atau orang-orang yang ada di sekelilingnya. Karakter takdim juga bisa di dapat dalam  pembelajaran yang ada di pondok pesantren. Menanamkan bagaimana menjadi seseorang yang berkarakter takdim terhadap guru merupakan hal yang wajib. Supaya anak didik dapat bersikap bagaimana sikap pencari ilmu yang baik. Guru dan orang tua tidak hanya memiliki peran penting dalam pembentukan karakter takdim seorang anak didik, tetapi sikapnya dalam mendidik juga harus di jaga agar tidak salah dalam mendidik karakter seorang anak didik. Nabi Muhammad Saw sudah mengajarkan lewat tindakan dan ucapannya dalam keseharian beliau. Seorang pendidik haruslah mengajarkan pada anak didiknya dan menerapkan perbuatan yang baik supaya dapat dicontoh oleh anak didiknya.

Keywords


karakter, takdim, kontemporer.

Full Text:

PDF

References


Ainissyifa,Hilda.2014. Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Pendidikan Islam,Jurnal Pendidikan Universitas Garut Vol.08 No.01.

Al-Amir, Najib Khalid. 2002. Mendidik Cara Nabi SAW. Bandung: Pustaka Hidayah.

Badrudin. 2015. Akhlak Tasawuf. Serang: IAIB Press.

Fadlillah, Muhammad dan Lilif Mualifatu Khorida. 2013. Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Kadri, Ridwan Abdullah Sani Muhammad. 2016. Pendidikan Karakter Mengembangkan Karakter Anak yang Islami. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Majid, Abdul. dkk. 2012. Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Pranowo, Dwiyanto Djoko. T.th. Implementasi Pendidikan Karakter Kepedulian Dan Kerjasama Pada Mata Kuliah Keterampilan Berbicara Bahasa Prancis Dengan Metode Bermain Peran.

Qadri, Utsman. 2003. Muhammad Sang Guru Agung Beragam Metode Pendidikan Nabi. Yogyakarta: Diva Press.

Sani, Ridwan Abdullah dan Muhammad Kadri. 2016. Pendidikan Karakter mengembangkan karakter anak yang islami. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sani, Ridwan Abdullah. T.th. Pendidikan Karakter Di Pesantren. Bandung: Cipta Pustaka Media Perintis.


Article metrics

Abstract views : 95 | views : 85

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 ALYA OKTA NURJANAH

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.