MANAJEMEN EKSTRAKURIKULER DALAM MENINGKATKAN PRESTASI PESERTA DIDIK BIDANG NON AKADEMIK (STUDI KASUS DI MTs NEGERI 1 SAMPANG)
DOI:
https://doi.org/10.32478/talimuna.v10i1.687
Keywords:
Manajemen Ekstrakurikuler, Prestasi Siswa Non AkademikAbstract
Penilitian ini memfokuskan kepada tiga poin utama yang sangat penting untuk dikaji lebih mendalam dalam tatanan manajemen ekstrakurikurikuler. pertama, Bagaimana perencanaan ekstrakurikuler di MTs Negeri 1 sampang dalam upaya meningkatkan prestasi siswa non akademik; Kedua, Bagaimana pelaksanaan ekstrakurikuler di MTs Negeri 1 sampang dalam upaya meningkatkan prestasi siswa non akademik; Ketiga, Bagaimana evaluasi ekstrakurikuler di MTs Negeri 1 sampang dalam upaya meningkatkan prestasi siswa non akademik. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif jenis deskriptif dimana dalam penyajian datanya diformat dalam bentuk narasi yang berisi data-data yang didapat selama melakukan penelitian. Dalam tehnik pengumpulan data peneliti menggunakan tiga tehnik yaitu dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi yang kemudian dianalisis menggunakan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi sesuai dengan pedoman metodologi penelitian kualitatif. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, perencanaan kegiatan ekstrakurikuler dalam upaya meningkatkan prestasi non akademik siswa mencakup beberapa hal diantaranya adalah penyusunsn proker, perencanaan waktu, tempat, fasilitas, pembina bahkan biaya. Perencanaan yang disusun dengan baik sebagai upaya lembaga agar terwujudnya visi misi ekstrakurikuler. Kedua, Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler harus disesuaikan dengan sistem atau manajemen ekstrakurikuler yang sudah ditentukan. Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler diharuskan tidak menganggu jalannya kegiatan intrakurikuler (kegiatan belajar mengajar didalam kelas) yang memang menjadi poin utama dalam sistem pendidikan nasional. Ketiga, bentuk evaluasi yang dilakukan menggunakan beberapa cara diantaranya adalah dengan menggunakan tes dan praktek dalam kegiatannya. Adapun dalam sistemnya akan direvisi kembali jika ada faktor yang menghambat tujuan madrasah dalam upaya meningkatkan prestasi non akademik.
Downloads
References
Kompri. Manajemen Pendidikan Komponen-komponen Elementer Kemajuan Sekolah. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2015.
Lexy J Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2018.
Muachamad Arif N, “Manajemen Kegiatan Ekstrakurikuler Untuk Mengembangkan Minat Dan Bakat Siswa Di MA Al-Khoiriyah Semarang”, Skripsi, UIN Wali Songo Semarang, 2018.
Nafi’ah Zahrotun, “Hubungan Keaktifan Siswa Dalam Ekstrakurikuler Akademik Dan Non Akademik Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP 1 Mojokerto” Jurnal Kajian Moral Dan Kewarganegaraan UNESA, Vol. 3, No. 2, 2014.
Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia No 62 Tahun 2014 Tentang Kegiatan Ekstrakurikuler Pada Pendidikan Dasar Dan Menengah, Jakarta: 2014.
Peraturan Mentri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia No 23 Tahun 2017 Tentang Hari Sekolah, Jakarta: 2017.
Prihatin Eka, Manajemen Peserta Didik, Bandung: ALFABETA, 2014.
Rahmah Siti MY, “Pengelolaan Ekstrakurikuler dalam Pembinaan Prestasi Non Akademik Siswa Di Pondok Pesantren Modern Babun Najah Ulee Kareng Banda Aceh”, Skripsi UIN Ar-raniry, 2019.
Ratno Ruliyanto dkk, “Manajemen Ekstrakurikuler Non-Akademik Siswa di SMA Muhammadiyah 3 Jember” Jurnal Edukasi Universitas Jember, 2017.
Sianturi Efendi. Organisasi Dan Manajemen Pelayanan Kesehatan. Jakata: Buku Kedokteran EGC, 2014.
Siyoto Sandu Dan M Ali Sodik, Dasar Metodologi Penelitian, Yogyakarta: Literasi Media Publishing, 2015.
Terry George R.. Prinsip Prinsip Manajemen. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2014.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: 2003.
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
How to Cite
Similar Articles
- Muchammad Farkhan Nudin, Abu Amar Bustomi, Efektivitas Metode Role Playing dalam Meningkatkan Hasil Belajar PAI di SMA Sabiluth Thayyib Kota Pasuruan , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 13 No. 2 (2024): SEPTEMBER
- Muhammad Fiqri Ali, Awwalina Mukharomah, Abdul Fattah, EFEKTIVITAS STANDAR KECAKAPAN UBUDIYAH DAN AKHLAKUL KARIMAH (SKUA) DALAM MENCETAK KARAKTER RELIGIUS SISWA , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 14 No. 1 (2025): MARET
- Dinda Putri Somantri, Oyoh Bariah, M. Makbul, Pengaruh Pendidikan Agama Islam dalam Ekstrakurikuler Rohis terhadap Kedisiplinan Peserta Didik di SMK Negeri 1 Karawang , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 13 No. 1 (2024): MARET
- Rani Lestari, Hasrian Rudi Setiawan, PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DALAM PENINGKATAN KUALITAS HASIL BELAJAR SISWA DI TADIKA AL FIKH ORCHARD BANDAR PARKLAND SELANGOR MALAYSIA , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 14 No. 1 (2025): MARET
- Nurjanah, Rara Siska, Teddy Suhardi, Nur Aini Farida, M. Makbul, MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP ISLAM ATTARBIYYAH DENGAN MODEL TWO STAY TWO STRAY , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 14 No. 1 (2025): MARET
- Muhammad Azamuddin Syahapala, Yusrina Nur Amalia Sabila, Afif Alauddin, Sigit Dwi Laksana, IMPLEMENTASI PERANGKAT DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 14 No. 2 (2025): SEPTEMBER
- Putri Wahyuni, EFEKTIFITAS DIFERENSIASI LEARNING DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN KOGNITIF PESERTA DIDIK DI SDN 1 ASRIKATON KABUPATEN MALANG , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 14 No. 2 (2025): SEPTEMBER
- Yuan Remanita, Irgi Aqilul Fathoni, Imam Junaris, MEMBANGUN PARADIGMA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM YANG INKLUSIF DAN MODERAT DALAM KONTEKS TUNAGRAHITA , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 14 No. 2 (2025): SEPTEMBER
- Umi Salamah, Hanis Ratnasari, ANALISIS STRATEGI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MIT AR-ROIHAN LAWANG MALANG , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 14 No. 1 (2025): MARET
- Rahmatullah Rahmatullah, Akhmad Said, IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER ISLAM DI ERA MILENIAL PADA PONDOK PESANTREN MAHASISWA , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 8 No. 2 (2019): SEPTEMBER
You may also start an advanced similarity search for this article.





