PLURALISME DALAM PENDIDIKAN ISLAM DI SD/MI

Published : 2022-03-12 | Abstract viewsc: 112 | PDF views: 161
------------------------------------------------------------------------------------------------
: Dwi Nurmalina(1*),

(1) Universitas UIN Sunan Kalijaga
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak

Pluralisme menjadi persoalan penting karena mempunyai andil dalam mengembangkan dunia pendidikan Islam di jalur formal khususnya di SD/MI. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji serta menganalisa tentang kurikulum, nilai-nilai dasar dari pluralisme serta tujuan pendidikan Pluralisme di SD/MI yaitu sebagai asumsi dasar sekaligus dalam merumuskan jawaban dalam penelitian tersebut, dengan menggunakan metode kajian studi pustaka atau library research berbentuk artikel dan jurnal yang telah di publish. Hasil Penelitian ini yaitu agar mampu menciptakan tatanan pendidikan pluralisme dalam pendidikan islam SD/MI dengan harapan peserta didik dapat menerapkannya dalam kehidupannya sehari-hari yaitu dengan damai, harmonis, menjunjung tinggi nilai kemanusiaan, dan mampu beradaptasi dengan berbagai golongan yang berbeda namun tidak terlepas dari akar budaya, agama, dan jati dirinya sehingga segala pengaruh negatif dari perubahan zaman dapat diantisipasi peserta didik dengan lebih baik.

 

Kata Kunci: Pendidikan Islam, Pluralisme, Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah.


Full Text:

PDF

References


Abu Ahmadi & Noor Salimi, Dasar-Dasar Pendidikan Agama Islam (Jakarta: Bumi Aksara), h. 4

Afif Syaiful Mahmudin, “Pendidikan Islam dan Kesadaran Pluralisme,” Ta`Limuna: Jurnal Pendidikan Islam 7, no. 1 (January 6, 2019): 30, https://doi.org/10.32478/ta.v7i1.146.

Alamsyah, Alamsyah. “Pluralisme Agama Dalam Pandangan Al-Qur’an dan Implementasi Pendidikan Islam.” TARBAWI : Jurnal Pendidikan Agama Islam 2, no. 01 (December 29, 2017): 71–80. https://doi.org/10.26618/jtw.v2i01.1025.

Alex R. Rodger, Educational and Faith in Open Society (Britain: The Handel Press,), h. 61

Dozan, Eva Sofia Sari dan Wely. “Pluralisme Pendidikan Islam Di Indonesia:” Jurnal Elkatarie : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial 4, no. 1 (June 24, 2021): 635–47. https://doi.org/10.1234/elkatarie.v4i1.4170.

Eva Sofia Sari and Wely Dozan, “Konsep Pluralisme Pendidikan Islam Di Indonesia Dalam Perspektif Abdurrahman Wahid (Gus Dur),” Ta`Limuna: Jurnal Pendidikan Islam 10, no. 2 (October 2, 2021): 26, https://doi.org/10.32478/talimuna.v10i2.770.

Fatkhul Mubin, “Perencanaan Penuntasan Wajib Belajar Dan Peningkatan Mutu Pendidikan” (OSF Preprints, June 6, 2020), 1, https://doi.org/10.31219/osf.io/h5j9s.

Fatkhul Mubin, “Isu-Isu Kontemporer Dalam Pendidikan Islam Anak Usia Dini” (OSF Preprints, June 12, 2020), 1, https://doi.org/10.31219/osf.io/pn43t.

Ikmal, Ikmal. “Internalisasi Nilai-Nilai Pluralisme Dalam Pendidikan Islam.” Jurnal Ilmiah Iqra’ 9, no. 1 (February 26, 2018). https://doi.org/10.30984/jii.v9i1.596.

John Sealy, Religious Education Philosophical Perspective (London: George Allen & Unwin, 1985), h. 43-44.

Mahmudin, Afif Syaiful. “Pendidikan Islam dan Kesadaran Pluralisme.” Ta`Limuna: Jurnal Pendidikan Islam 7, no. 1 (January 6, 2019): 24–44. https://doi.org/10.32478/ta.v7i1.146.

Mubin, Fatkhul. “Isu-Isu Kontemporer Dalam Pendidikan Islam Anak Usia Dini.” OSF Preprints, June 12, 2020. https://doi.org/10.31219/osf.io/pn43t.

F Mubin . “Perencanaan Penuntasan Wajib Belajar Dan Peningkatan Mutu Pendidikan.” OSF Preprints, June 6, 2020. https://doi.org/10.31219/osf.io/h5j9s.

M. Ainul Yaqin, Pendidikan Multikultural: Cross-Cultural Understanding untuk Demokrasi dan Keadilan, (Yogyakarta: Pilar Media, 2005).

Muhaimin, Rekonstruksi Pendidikan Islam, (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2009), h. 59-

Musayyidi, and Rasuki. “Konsep Pendidikan Pluralisme Dalam perspektif Nurcholish Madjid.” Jurnal Kariman 7, no. 2 (December 31, 2019): 283–98. https://doi.org/10.52185/kariman.v7i2.116.

Nugroho, Muhammad Aji. “Pendidikan Islam Berwawasan Multikultural; Sebuah Upaya Membangun Pemahaman Keberagamaan Inklusif Pada Umat Muslim.” MUDARRISA: Jurnal Kajian Pendidikan Islam 8, no. 1 (September 10, 2016): 31–60. https://doi.org/10.18326/mdr.v8i1.31-60.

Rahmany, Mursyidin Ar, and Rahmatun Ummah. “Implementasi Nilai Pluralisme Dalam Pendidikan Islam.” Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan 8, no. 1 (June 30, 2021): 46–61. https://doi.org/10.32505/ikhtibar.v8i1.624.

Sari, Eva Sofia, and Wely Dozan. “Konsep Pluralisme Pendidikan Islam Di Indonesia Dalam Perspektif Abdurrahman Wahid (Gus Dur).” Ta`Limuna: Jurnal Pendidikan Islam 10, no. 2 (October 2, 2021): 21–39. https://doi.org/10.32478/talimuna.v10i2.770.

Syamsul Ma’arif, The Beauty of Islam dalam Cinta dan Pendidikan Pluralisme (Semarang: Nedd’s Press, 2008), 100.


Article metrics

Abstract views : 112 | views : 161


DOI: http://dx.doi.org/10.32478/talimuna.v11i1.872

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Dwi Nurmalina

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.