MANAJEMEN EKSTRAKURIKULER DALAM MENINGKATKAN PRESTASI PESERTA DIDIK BIDANG NON AKADEMIK (STUDI KASUS DI MTs NEGERI 1 SAMPANG)

DOI:

https://doi.org/10.32478/talimuna.v10i1.687

Authors

  • Siti Faridah Prodi Manajemen Pendidikan Islam, Institut Agama Islam Nazhatut Thullab Sampang
  • Darussalam Darussallam Prodi Manajemen Pendidikan Islam, Institut Agama Islam Nazhatut Thullab Sampang

Keywords:

Manajemen Ekstrakurikuler, Prestasi Siswa Non Akademik

Abstract

Penilitian ini memfokuskan kepada tiga poin utama yang sangat penting untuk dikaji lebih mendalam dalam tatanan manajemen ekstrakurikurikuler. pertama, Bagaimana perencanaan ekstrakurikuler di MTs Negeri 1 sampang dalam upaya meningkatkan prestasi siswa non akademik; Kedua, Bagaimana pelaksanaan ekstrakurikuler di MTs Negeri 1 sampang dalam upaya meningkatkan prestasi siswa non akademik; Ketiga, Bagaimana evaluasi ekstrakurikuler di MTs Negeri 1 sampang dalam upaya meningkatkan prestasi siswa non akademik. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif jenis deskriptif dimana dalam penyajian datanya diformat dalam bentuk narasi yang berisi data-data yang didapat selama melakukan penelitian. Dalam tehnik pengumpulan data peneliti menggunakan tiga tehnik yaitu dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi yang kemudian dianalisis menggunakan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi sesuai dengan pedoman metodologi penelitian kualitatif. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, perencanaan kegiatan ekstrakurikuler dalam upaya meningkatkan prestasi non akademik siswa mencakup beberapa hal diantaranya adalah penyusunsn proker, perencanaan waktu, tempat, fasilitas, pembina bahkan biaya. Perencanaan yang disusun dengan baik sebagai upaya lembaga agar terwujudnya visi misi ekstrakurikuler. Kedua, Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler harus disesuaikan dengan sistem atau manajemen ekstrakurikuler yang sudah ditentukan. Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler diharuskan tidak menganggu jalannya kegiatan intrakurikuler (kegiatan belajar mengajar didalam kelas) yang memang menjadi poin utama dalam sistem pendidikan nasional. Ketiga, bentuk evaluasi yang dilakukan menggunakan beberapa cara diantaranya adalah dengan menggunakan tes dan praktek dalam kegiatannya. Adapun dalam sistemnya akan direvisi kembali jika ada faktor yang menghambat tujuan madrasah dalam upaya meningkatkan prestasi non akademik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kompri. Manajemen Pendidikan Komponen-komponen Elementer Kemajuan Sekolah. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2015.

Lexy J Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2018.

Muachamad Arif N, “Manajemen Kegiatan Ekstrakurikuler Untuk Mengembangkan Minat Dan Bakat Siswa Di MA Al-Khoiriyah Semarang”, Skripsi, UIN Wali Songo Semarang, 2018.

Nafi’ah Zahrotun, “Hubungan Keaktifan Siswa Dalam Ekstrakurikuler Akademik Dan Non Akademik Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP 1 Mojokerto” Jurnal Kajian Moral Dan Kewarganegaraan UNESA, Vol. 3, No. 2, 2014.

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia No 62 Tahun 2014 Tentang Kegiatan Ekstrakurikuler Pada Pendidikan Dasar Dan Menengah, Jakarta: 2014.

Peraturan Mentri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia No 23 Tahun 2017 Tentang Hari Sekolah, Jakarta: 2017.

Prihatin Eka, Manajemen Peserta Didik, Bandung: ALFABETA, 2014.

Rahmah Siti MY, “Pengelolaan Ekstrakurikuler dalam Pembinaan Prestasi Non Akademik Siswa Di Pondok Pesantren Modern Babun Najah Ulee Kareng Banda Aceh”, Skripsi UIN Ar-raniry, 2019.

Ratno Ruliyanto dkk, “Manajemen Ekstrakurikuler Non-Akademik Siswa di SMA Muhammadiyah 3 Jember” Jurnal Edukasi Universitas Jember, 2017.

Sianturi Efendi. Organisasi Dan Manajemen Pelayanan Kesehatan. Jakata: Buku Kedokteran EGC, 2014.

Siyoto Sandu Dan M Ali Sodik, Dasar Metodologi Penelitian, Yogyakarta: Literasi Media Publishing, 2015.

Terry George R.. Prinsip Prinsip Manajemen. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2014.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: 2003.

Downloads

Additional Files

Published

2021-06-28

How to Cite

MANAJEMEN EKSTRAKURIKULER DALAM MENINGKATKAN PRESTASI PESERTA DIDIK BIDANG NON AKADEMIK (STUDI KASUS DI MTs NEGERI 1 SAMPANG). (2021). Ta’Limuna, 10(1), 84-114. https://doi.org/10.32478/talimuna.v10i1.687

Similar Articles

1-10 of 23

You may also start an advanced similarity search for this article.