PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM TRANSFORMASI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM DI DI INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.32478/evaluasi.v5i1.602Keywords:
Multkultural, Pendidikan Islam, Transformasi, Lembaga pendidikan Islam.Abstract
Downloads
References
Alam, M., & Daflizar, D. (2018). Pendidikan Islam Berwawasan Multikultural. BELAJEA: Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 103. https://doi.org/10.29240/belajea.v3i2.560
Amar, I. (2014). Studi Normatif Pendidikan Islam Multikultural. ISLAMICA: Jurnal Studi Keislaman, 4(2), 320. https://doi.org/10.15642/islamica.2010.4.2.320-334
Arif, M. (2017). Deradikalisasi Islam Melalui Pendidikan Multikultural Berbasis Kearifan Lokal Pada Masyarakat Cigugur. AKADEMIKA: Jurnal Pemikiran Islam, 22(1), 51. https://doi.org/10.32332/akademika.v22i1.716
Arifin, Z. (2018). Pendidikan Islam Multikultural Upaya Menumbuhkan Kesadaran Multikultural. Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman, 2(1), 38–56. https://doi.org/10.35309/alinsyiroh.v2i1.3331
Chin, C. (2019). The concept of belonging: Critical, normative and multicultural. Ethnicities, 19(5), 715–739. https://doi.org/10.1177/1468796819827406
Darmawan, D. (2019). Sejarah Pendidikan Islam Di Indonesia. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. http://eprints.ums.ac.id/27408/2/BAB_I.pdf
Halidjah, & Siti. (2011). Pemberian Motivasi Untuk Meningkatkan Kegiatan Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Kependidikan, 9(1), 1–9.
Hefni Zain. (2013). Pengembangan Pendidikan Islam Multikultural Berbasis Manajemen Sumber Daya Manusia. Tadrîs, 8(1), 108–124.
Husmiaty Hasyim. (2015). Transformasi Pendidikan Islam ( Konteks Pendidikan Pondok Pesantren ). Jurnal Pendidikan Agama Islam-Ta’lim, 13(1), 57–77.
Ibrahim, B. (2019). Madrasah Transformation Into Modern Educational Institutions During The New Order. Istawa: Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 196. https://doi.org/10.24269/ijpi.v4i2.2006
Ilham, D. (2020). Persoalan-Persoalan Pendidikan dalam Kajian Filsafat Pendidikan Islam. In DIDAKTIKA (Vol. 9, Issue 2). https://jurnaldidaktika.org/179
Irawati, E., & Susetyo, W. (2017). Implementasi Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional di Blitar. Jurnal Supremasi, 7(1), 32–43. https://doi.org/10.35457/supremasi.v7i1.374
Lundeto, A. (2018). Menakar Akar-Akar Multikulturalisme Pendidikan di Indonesia. Jurnal Ilmiah Iqra’, 11(2). https://doi.org/10.30984/jii.v11i2.584
Muhadis Azzuhri. (2012). Konsep Multikulturalisme dan Pluralisme dalam Pendidikan Agama. Forum Tarbihyah, 10(9), 13–29. http://repositori.kemdikbud.go.id/1109/1/Membangun_Pemahaman_Multikulturalisme.pdf
Mukhlis, A. (2017). Sejarah Lembaga-Lembaga Pendidikan Islam Nusantara ( Surau, Meunasah, Pesantren dan Madrasah ). AL Iman: Jurnal Keislaman Dan Kemasyarakatan, 1(01), 124–144. http://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/aliman/article/view/3005
Muzakir, A. (2017). Transformasi Pendidikan Islam di Jambi: dari Madrasah ke Pesantren. Islam Realitas: Journal of Islamic & Social Studies, 3(1), 8. https://doi.org/10.30983/islam_realitas.v3i1.212
Muzakkir. (2017). Harmonisasi Tri Pusat Pendidikan Dalam Pengembangan Pendidikan Islam. Al-Ta’dib, 10(1), 145–162.
Nadlir, M. (2016). Urgensi Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 2(2), 299. https://doi.org/10.15642/jpai.2014.2.2.299-330
Prasetawati, E., & Asnawi, H. S. (2018). Wawasan Islam Nusantara; Pribumisasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal di Indonesia. FIKRI : Jurnal Kajian Agama, Sosial Dan Budaya, 3(1), 219. https://doi.org/10.25217/jf.v3i1.283
Samsuri, & Marzuki. (2016). Character building for multicultural citizenship within the curricular programs in madrasah aliyah, Yogyakarta. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(1), 24–32.
Subhan, F. (2016). KONSEP PENDIDIKAN ISLAM MASA KINI. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 1(2), 353. https://doi.org/10.15642/pai.2013.1.2.353-373
Sujarweni, V. W. (2015). Metodologi Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Sya’adah, A., Saputra, B. A., Jannah, M., & Mahfud, C. (2019). Sejarah reformasi pendidikan Islam di Indonesia. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 38. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v8i1.1793
Wahyuddin, W., & Hanafi. (2017). Konsep Pendidikan Multikultural Dalam Perspektif Islam. PROCEEDING IAIN Batusangkar, 1(1), 721–744. http://ecampus.iainbatusangkar.ac.id/ojs/index.php/proceedings/article/view/585
Wardana, A. K. (2019). Peluang Lulusan Ponpes Lanjutkan Kuliah hingga ke Universitas Al Azhar, Ada Beasiswa Santri Kemenag. Tribunnews.com. https://makassar.tribunnews.com/2019/04/02/peluang-lulusan-ponpes-lanjutkan-kuliah-hingga-ke-universitas-al-azhar-ada-beasiswa-santri-kemenag
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
How to Cite
Similar Articles
- M Arief Affandi, Abdul Malik Karim Amrullah, Muhammad In'am Esha, Administrasi Pendidikan Islam dan Seni Mengelolanya , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 6 No. 1 (2022): EVALUASI- Edisi Maret
- Siti Makhmudah, Pendidik dan upaya manajemen formulasi lembaga pendidikan Islam yang kreatif menghadapi masa pandemi covid-19 , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 5 No. 2 (2021): EVALUASI: Edisi SEPTEMBER
- Muhammad Haekal, ASPEK SUSTAINABILITAS DI PERGURUAN TINGGI ISLAM: ANTARA KONSEP DAN PRAKTIK KEPEMIMPINAN BERKELANJUTAN , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 5 No. 2 (2021): EVALUASI: Edisi SEPTEMBER
- Ainur Rahman, Sedya Santosa, Nora Saiva Jannana, PENERAPAN E-LEARNING DALAM PEMBELAJARAN DARING DI PRODI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 6 No. 2 (2022): SEPTEMBER
- Suwandi Suwandi, Khoirul Umam, The Role of Leadership in Forming Organizational Culture in Islamic Education Institutions , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 5 No. 2 (2021): EVALUASI: Edisi SEPTEMBER
- Firdaus Ainul Yaqin, Umi Sumbullah, Ainur Rofiq, MANAJEMEN PEMBIAYAAN PENDIDIKAN DITINJAU TAFSIR DAN HADITS TEMATIK , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 5 No. 2 (2021): EVALUASI: Edisi SEPTEMBER
- Mufarrihul Hazin, Nur Wedia Devi Rahmawati, KEBIJAKAN PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM (Studi Histori dan Regulasi di Indonesia) , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 5 No. 2 (2021): EVALUASI: Edisi SEPTEMBER
- Slamet Slamet, PENGALAMAN PROSES PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI PERGURUAN KEAGAMAAN ISLAM NEGERI: DAMPAK PANDEMI COVID-19 , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 5 No. 2 (2021): EVALUASI: Edisi SEPTEMBER
- Mochamad Nurcholiq, Analisis TOWS-K dan SWOT Studi Kasus Sekolah Tinggi Agama Islam Ma’had Aly Al-Hikam Malang , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 4 No. 2 (2020): Evaluasi-edisi September
- Ade Riska Nur Astari, Ali Akbar Jono, STUDI ANALISIS PENERAPAN KONSEP KEPEMIMPINAN PADA PERGURUAN TINGGI KEAGAMAAN ISLAM (PTKI) DI KOTA BENGKULU , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 6 No. 1 (2022): EVALUASI- Edisi Maret
You may also start an advanced similarity search for this article.