HAK ASASI MANUSIA DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM
DOI:

Keywords:
Hak Asasi Manusia, Pendidikan Islam.Abstract
Hak asasi manusia dalam menegakan HAM di Indonesia sebenarnya sudah disinggung oleh para founding father Indonesia dalam merumuskan naskah Undang Undang Dasar (UUD) Republik Indonesia 1945. Dalam perspektif pendidikan islam sendiri hak asasi manusia memiliki keserasian yaitu berorientasi pada terbentuknya kepribadian serta akhlak yang luhur dengan menanamkan nilai-nilai toleransi pada masyarakat sejak dini yang berkelanjutan dengan mengembangkan rasa saling pengertian dan menghormati hak-hak oranglain. Islam dan Hak Asasi Manusia saling keterkaitan, karena Islam sangat peduli terhadap masalah hak asasi manusia, dan memberikan jaminanterhadap pelanggaran-pelanggaran yang menyangkut masalah hak asasimanusia.
Downloads
References
Azra, Azyumardi. 1996.Pembaharuan Pendidikan Islam, dalam Marwan Saridjo, Bunga Rampai Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Amisco
Dahlan, Abdul Azis. 1996.Ensiklopedi Hukum Islam, Ichtiar Baru van Hove, Jakarta
Ghofur, Abdul. 2002.Demokratisasi Dan Prospek Hukum Islam di Indonesia, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Khaliq, Farid Abdul. 2005.Fiqih Politik Islam, terjemah Faturrahman A. Hamid, Jakarta: Amzah
Kosasih, Ahmad. 2003.HAM Dalam Perspektif Islam, Menyingkap Persamaan dan Perbedaan antara Islam & Barat, Jakarta: Salemba Diniyah
Madjid,Nurcholish. 2003.Islam Agama Kemanusiaan, Membangun Tradisi danVisi Baru Islam Indonesia, Cet. 2, Jakarta: Paramadina.
Mulkhan, Abdul Munir “Humanisasi Pendidikan Islamâ€, dalam Hamami Zada, et. Jurnal Tashwirul Afkar edisi no. 11 tahun 2001
Nasution, Harun dan Effendy, Bahtiar. 1995.Hak Asasi Manusia dalam Islam, Cet.2 Jakarta: Pustaka Firdaus
Rahim, Husni. 2001.Arah Baru Pendidikan Islam di Indonesia, Jakarta: Logos
Shihab, M.Quraish. 2002.Tafisr Al-Mishbah Pesan Kesan Dan Keserasian Al-Qur’an, Jakarta: Lentara Hati
Tim Penyusun Kamus Departemen Pendidikan Nasional. 2008.Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Ubaedillah, A. dan Rozak, Abdul. 2007.Demokrasi Hak Asasi Manusia dan Masyarakat Madani, Jakarta: ICCE UIN Syarif Hidayatullah
Wahid, Abdurrahman. 2006.Islamku Islam Anda Islam Kita, Jakarta: The Wahid Institute
Zuhairini, dkk. 1995.Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
How to Cite
Similar Articles
- Slamet Slamet, PENGALAMAN PROSES PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI PERGURUAN KEAGAMAAN ISLAM NEGERI: DAMPAK PANDEMI COVID-19 , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 5 No. 2 (2021): EVALUASI: Edisi SEPTEMBER
- Mufarrihul Hazin, Nur Wedia Devi Rahmawati, KEBIJAKAN PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM (Studi Histori dan Regulasi di Indonesia) , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 5 No. 2 (2021): EVALUASI: Edisi SEPTEMBER
- Firdaus Ainul Yaqin, Umi Sumbullah, Ainur Rofiq, MANAJEMEN PEMBIAYAAN PENDIDIKAN DITINJAU TAFSIR DAN HADITS TEMATIK , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 5 No. 2 (2021): EVALUASI: Edisi SEPTEMBER
- Suwandi Suwandi, Khoirul Umam, The Role of Leadership in Forming Organizational Culture in Islamic Education Institutions , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 5 No. 2 (2021): EVALUASI: Edisi SEPTEMBER
- Siti Mutholingah, Baharuddin Baharuddin, Basri Zain, EVALUATION OF ISLAMIC EDUCATION BASED ON TOLERANT CULTURE AT PUBLIC UNIVERSITY , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 7 No. 1 (2023): EVALUASI- Edisi Maret
- Difaul Husna, 'Aabidah Ummu 'Aziizah, Sangkot Sirait, IMPLEMENTASI NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA DALAM PROGRAM PPI (PETA PERTUMBUHAN INDIVIDU) DI MI MA’HAD ISLAMY YOGYAKARTA , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 7 No. 2 (2023): EVALUASI- Edisi September
- akhmad nurul kawakip, Muhammad Islahul Mukmin, Selly Chandra Ayu, Abd Qadir Muslim, PENGELOLAAN SEKOLAH INKLUSI: STUDI MULTI SITUS PADA SEKOLAH ISLAM DI JAWA TIMUR , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 7 No. 1 (2023): EVALUASI- Edisi Maret
- Ainur Rahman, Sedya Santosa, Nora Saiva Jannana, PENERAPAN E-LEARNING DALAM PEMBELAJARAN DARING DI PRODI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 6 No. 2 (2022): SEPTEMBER
- Hasan Baharun, Miftahul Huda, Silvy Qotrun Nada, LEADERSHIP LEARNING FOR STUDENTS THROUGH STRENGTHENING ORGANIZATIONAL EMPOWERMENT IN ISLAMIC BOARDING SCHOOLS , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 7 No. 1 (2023): EVALUASI- Edisi Maret
- Arika Oernika Mahanani, Sulistyorini Sulistyorini, MANAJEMEN KURIKULUM TERPADU; Studi tentang Penerapan Model Kurikulum Kulliyatul Mu’allimin al-Islamiyah (KMI) dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MA Al-Rosyid Bojonegoro , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 7 No. 2 (2023): EVALUASI- Edisi September
You may also start an advanced similarity search for this article.