PENERAPAN PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI MA MIFTAHUTTHOLIBIN KUNINGAN
DOI:
https://doi.org/10.32478/evaluasi.v4i2.469Keywords:
Pembelajaran Bahasa Inggris berbasis Kearifan LokalAbstract
Iip muhamad anwarul kholiq, Penerapan Pembelajaran Bahasa Inggris berbasis Kearifan Lokal di MA Miftahuttholibin Program Studi Manajemen Kuningan , Magister Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Pascasarjana IAIN Syech Nurjati 2020.
Penelitian ini dilatarbelakangi observasi di MA Miftahuttholibin Kuningan. Menemukan kasus di MA Miftahuttholibin Kuningan adalah satu-satunya sekolah menengah kejuruan di Kota Kuningan yang mengusung sejarah budaya dan kesenian Kuningan sebagai program keahliannya. Sekolah Menengah SMK yang mengusung teknologi dan jurusan yang ramai peminat, sekolah ini berpegang teguh pada Norma dan nilai luhur budaya khusus budaya Kuningan.
Tujuan penelitian adalah membangun pembelajaran bahasa Inggris berbasis Kearifan Lokal adalah menyediakan pelajar dan masyarakat untuk cara belajar Bahasa Inggris dengan baik, serta meningkatkan ketertarikan pelajar dan masyarakat tentang pembelajaran bahasa berbasis Kearifan Lokal. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, dimana yang menjadi subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X, XI, XII, di MA Miftahuttholibin Kuningan, yang dilengkapi 120 Siswa
.Penelitian  ini  dilaksanakan  kurang lebih  3  bulan  mulai  dari  bulan  Juli sampai September 2018. Penelitian dimulai dari observasi, wawancara dengan kepala sekolah, guru, karyawan/staf, siswa dan orang tua anak. Pengumpulan data dalam  penelitian  ini menggunakan  metode  observasi,  wawancara dan dokumentasi. Adapun Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data dan verifikasi.
Hasill  penelitian  Pertama,  pembelajaran  bahasa inggris berbasis Kearifan Lokal sangat penting diterapkan di MA Miftahuttholibin Kuningan, selain bahasa inggris yang sudah menjadi bahasa internasional tetapi merupakan salah satu bahasa wajib di praktekan sehari-hari di sekolah smk ini sehingga memudahkan peserta didik menerima dan mengaplikasikan pembelajaran bahasa inggris berbasis Kearifan Lokal di sekolah. Kedua, cara implementasi pembelajaran bahasa inggris berbasis Kearifan Lokal dengan pendekatan tiga pola yaitu pola pembiasaan/pengulangan,  pola contoh,  dan  pola  implementasi  dan  evaluasi. Ketiga, Guru tidak mendukung hasil belajar Akan tetapi produksi proses belajar Lingkungan juga berkolaborasi mulai dari Lingkungan Keluarga, Sekolah dan masyarakat. penghambat dalam pembelajaran berbasis Kearifan Lokal dengan menggunakan bahasa inggris pada pelajaran bahasa inggris. kurang media konkret dan buku yang dijadikan sumber untuk belajar.
Kata kunci: Pembelajaran Bahasa Inggris berbasis Kearifan Lokal
Downloads
References
Brown, Douglas. (2007) Mengajar dengan Prinsip: Suatu Tempat Interaktif untuk Pedagogi Bahasa. Amerika Serikat: Pearson.
Hidayat, asep ahmad, 2006. Filsafat bahasa: Mengungkap hakikat bahasa, makna dan tanda . Bandung PT Remaja Rosdakarya.
Machali, Imam, dan Ara Hidayat. Buku Pegangan Manajemen Pendidikan: Teori dan Praktek Manajemen Sekolah / Madrasah di Indonesia. Jakarta: Grup Prenadamedia, 2016.
Margana. (2009). Mengintegrasikan budaya lokal ke dalam proses Belajar Mengajar Bahasa Inggris.Linguistik dan Sastra, vol 21, no.2.
Mulyasa, E. 2010. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Rosda.
Rivai, Veithzal. Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2004.
Robbins, Stephen P. Prilaku Organisasi: Konsep, Kontroversi dan Aplikasi. Dialihbahasakan oleh Hadyana Pujaatmaka. Vol. I. Jakarta: PT Prenhallindo, 1996.
-. Perilaku Organisasi: Konsep, Kontroversi dan Aplikasi. Dialihbahasakan oleh Hadyana Pujaatmaka. Vol. II Jakarta: PT Prenhallindo, 1996.
Saud, Udin Syaefudin. 2012. Inovasi Pendidikan. Bandung : Alfabeta.
Sagala, Syaiful. Administrasi Pendidikan Kontemporer. Bandung: Alfabeta, 2006.
Sugiyono. Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta, 2013.
Sutisna, Oteng. Administrasi Pendidikan: Dasar Teoretis untuk Praktek Profesional. Bandung: Angkasa, 1989.
UPI, Tim Dosen Administrasi Pendidikan. Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2013.
Zamroni, 2000. Paradigma Pendidikan Masa Depan . Yogyakarta: Bigraf
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
How to Cite
Similar Articles
- Mohammed Rosidin, RELASI DAN REKONSILIASI ANTARA PENDIDIKAN ISLAM DENGAN PENDIDIKAN BARAT , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 1 No. 2 (2017): EVALUASI-edisi SEPTEMBER
- Nanang Gesang Wahyudi, Desain Pesan Pembelajaran di Era Digital , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 3 No. 1 (2019): EVALUASI-edisi MARET
- Fitratul Isma, Lailatul Munawwaroh, IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS MADRASAH DALAM PENINGKATAN MUTU MADRASAH (STUDI KASUS DI MI MAARIF GONDOSULI MUNTILAN) , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 3 No. 1 (2019): EVALUASI-edisi MARET
- yeyen afista, Umi Sumbulah, Rifqi Hawari, PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM TRANSFORMASI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM DI DI INDONESIA , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 5 No. 1 (2021): EVALUASI-Edisi Maret
- - Romdloni, PENINGKATAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) MELALUI MANAJEMEN KELAS , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 1 No. 2 (2017): EVALUASI-edisi SEPTEMBER
- Subur Wijaya, PERAN LABORATORIUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KEPRIBADIAN PESERTA DIDIK ( Studi Kasus di SMA Negeri 3 Malang) , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 2 No. 2 (2018): EVALUASI-edisi SEPTEMBER
- MIFTACHUL ULUM, PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA MELALUI PENDIDIKAN BERBASIS PONDOK PESANTREN , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 2 No. 2 (2018): EVALUASI-edisi SEPTEMBER
- Dhini Rahmawati, Penerapan Metode Tsaqifa Dengan Metode Kooperatif Pada Pengajaran Baca Al-Quran Kelompok Pengajian Muslimah Dusun Pokoh Desa Wonoboyo Kecamatan Wonogiri Kabupaten Wonogiri , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 3 No. 2 (2019): EVALUASI-Edisi SEPTEMBER
- Miftachul Ulum, Abdul Mun’im, Erly Juliyani, Pusvyta Sari, EVALUASI PEMBELAJARAN UJIAN AKHIR SEMESTER MATA PELAJARAN BISNIS ONLINE KELAS XII SMK SUNAN DRAJAT LAMONGAN , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 5 No. 1 (2021): EVALUASI-Edisi Maret
- 'Aabidah Ummu 'Aziizah, Suwadi Suwadi, PENGEMBANGAN KEBIJAKAN DAN KEPEMIMPINAN TRANSFORMATIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH DALAM MENJAWAB ISU LITERASI MEMBACA , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 5 No. 1 (2021): EVALUASI-Edisi Maret
You may also start an advanced similarity search for this article.