PENERAPAN METODE AL BARQY DALAM MEMBACA AL-QUR’AN PADA ANAK DI RUTABA SUKUN MALANG

DOI:

https://doi.org/10.32478/jis.v5i1.1508

Authors

  • Fithrah Illiyyiin Illiyyiin STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang -  Indonesia
  • Moh. Mansur Fauzi STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang -  Indonesia

Keywords:

Metode Al Barqy, Membaca Al-Qur’an, Anak usia dini

Abstract

Muslim dianjurkan untuk mempelajari Al-Qur’an dengan kaidah ilmu tajwid. Namun tidak semua muslim dapat membaca Al-Quran dengan baik dan benar. Hal ini dikarenakan kurangnya kesadaran muslim akan pentingnya pembelajaran Al-Qur’an sejak dini dengan metode yang tepat. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan dan mengetahui hasil dari penerapan metode Al Barqy di Rutaba Sukun Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus. Instrumen utama peneliti sendiri. Lokasi penelitian di Rutaba Sukun Malang. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, penarikan data. Keabsahan data dengan triangulasi sumber. Hasil penelitian penerapan metode Al Barqy dalam membaca Al Qur’an pada anak di Rutaba Sukun Malang terdapat 3 tahapan: pembelajaran Al Barqy klasikal, pembelajaran Al Barqy individu, pengambilan nilai dengan membangun komunikasi walisantri. Hasil penerapan metode Al Barqy bahwa pembelajaran membaca Al-Qur’an sudah mulai aktif walau terbata-bata dengan kemampuan penguasaan materi Al Barqy masih belum sepenuhnya optimal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Persen Muslim Indonesia Tidak Bisa Baca Al-Qur’an. Republika. Sabtu, 09 April 2022.

Apa Dampak Buruk Membaca Al-Quran Tidak Tartil?. NU Online. Sabtu, 09 April 2022.

Mulyani, Dewi dan Imam Pamungkas (eds.). 2018. Al-Quran Literacy For Early Childhood With Storytelling Techniques. Bandung: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.

Nugrahani, Farida. 2014. Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. t.t.: t.p.

Masyhud, Fatin dan Ida Husnur Rahmawati. 2017. Rahasia Sukses 3 Hafidz Qur’an Cilik Mengguncang Dunia. Jakarta Timur: Zikrul Hakim.

Gunawan, Imam. 2013. Metode Penelitian Kualitatif Teori Dan Praktek. Jakarta: Bumi Aksara.

Putri, Mamada Arlistya. 2021. Penerapan Pembelajaran Literasi di TK Rumahku Tumbuh. Volume X No1. t.t.: Jurnal Pendidikan Anak.

Mansur. 2005. Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mayasara Ayunina, Wawancara (Malang, 08 Juni 2022)

Sulton, Muhadjir. 2013. Al Barqy Sistem 8 Jam. Surabaya: Pena Ameen.

Muhadjir, Noeng. 1996. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Rakesarasin.

Sugiono. 2005. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.

, 2009. Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Yulyawati. 2016. Implementasi Metode At-Tibyan Dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an Untuk Anak Usia Dini. Universitas Pendidikan Indonesia.

Zulkifli. 2011. Metodologi Pengajaran Bahasa Arab. Pekanbaru: Zanafa Publising.

Downloads

Published

2023-03-25

Issue

Section

Articles

How to Cite

PENERAPAN METODE AL BARQY DALAM MEMBACA AL-QUR’AN PADA ANAK DI RUTABA SUKUN MALANG (F. I. Illiyyiin & M. M. Fauzi , Trans.). (2023). Journal Islamic Studies, 4(1), 32-41. https://doi.org/10.32478/jis.v5i1.1508