ANALISIS MANAJEMEN RISIKO LEMBAGA PENDIDIKAN MENUJU GENERASI EMAS DALAM PERSPEKTIF AL -QUR’AN

DOI:

https://doi.org/10.32478/leadership.v5i1.1920

Authors

Keywords:

Manajemen Risiko, Generasi Emas, Al-Qur’an

Abstract

Sebuah metode yang rasional dan terorganisasi dalam melakukan rekognisi kuantifikasi menemukan solusi, sikap serta melaksanakan pengawasan dan pelaporan pada setiap proses keberlangsungan kegiatan. Manajemen risiko di lembaga pendidikan meliputi berbagai aspek yaitu sarana dan prasarana, peserta didik, sarana dan prasaran, budgeting,serta hubungan dengan masyarakat. Pada masa ini risiko dapat terjadi dalam jangkauan waktu yang tidak dapat ditentukan di berbagai wilayah artinya dapat terjadi kapan saja. Faktor terpenting untuk mewujudkan generasi emas 2045 di Indonesia yaitu pendidikan. Karena manajemen risiko mengajak individu untuk melaksanakan pendekatan terhadap ketidakpastian masa depan secara logis, konsisten dan sitematis. Untuk mewujudkan generasi emas tersebut perlu adanya kolaborasi dari semua pihak dengan mempersiapkan berbagai hal risiko yang akan dihadapi. Sebagai umat islam, penting untuk melakukan semua aktivitas yang berlandaskan kepada Al-Qur’an termasuk dalam manajemen risiko. Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen risiko lembaga pendidikan menuju generasi emas dalam perspektif Al-qur’an tepatnya dalam surat yusuf ayat 43-49. Pendekatan yang diaplikasikan dalam artikel ini berupa pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode studi literatur untuk menemukan beberapa temuan yang dapat dilakukan seorang manajer muslim dalam manajemen risiko lembaga pendidikan. Oleh karena itu, konsep manajemen risiko secara berangsur menciptakan arah jalan dalam menetepkan sesuatu dalam kehidupan sehari-hari termasuk di lembaga pendidikan. Penafsiran dalam surat yusuf 43-49 yaitu mengenai mimpi Raja yang dita’wilkan oleh nabi Yusuf  yang berkenaan tentang perspektif Islam dalam manajemen risiko.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

  • Akhmaliah Siti Nailan, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
    Saat ini berkuliah di Pascasarjana S2 jurusan Manajemen Pendidikan Islam (MPI)

References

Agustina, Resa, Zainiyatul Akhiroh, dan Mohammad Djasuli. “Manajemen Risiko Berbasis Al-Quran.” SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, dan Pendidikan 2, no. 2 (2023): 491–96. https://doi.org/10.54443/sibatik.v2i2.604.

Al-Maragi, Ahmad Mustafa. Tafsir Al-Maragi Juz 12. Semarang: PT Karya Toha Putra, 2012.

Anisyatunnisa, Anas Salahudin, dan Alvin Yanuar Rahman. “Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Melalui Strategi Firing Line.” Attadib: Journal of Elementary Education 4, no. 2 (2020): 43–57.

Azahra, Sifa, Windi Dwi Astuti, Yani Lutfia Rizki, Widyan Zulda Mahira, dan Anaas Tri Ridlo Dina Yuliana. “Implementasi Manajemen Risiko Dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Pai Smp N 1 Tanjung Raja Sumatera Selatan.” Annizom 7, no. 3 (2022): 240. https://doi.org/10.29300/nz.v7i3.9515.

Demina, D. “Leadership Management of Education and PersonalityLeaders of Industrial Revolution 4.0.” Al-Fikrah: Jurnal Manajemen Pendidikan 8, no. 2 (2020): 153.

Egistani, Shyntia, Devi Vionitta Wibowo, Afif Nurseha, dan Tita Kurnia. “Strategi Guru Dalam Mendidik Anak Menuju Indonesia Emas 2045.” Educatio: Jurnal Ilmu Kependidikan 17, no. 2 (2022): 141–52.

Fadli, Muhammad Rijal. “Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif.” Humanika: Kajian Mata Kuliah Umum 21, no. 1 (2021): 33–54.

Hadjaratie, Lillyan, Abd Kadim Masaong, dan Abdul Haris Panai. “Mempersiapkan Generasi Emas Indonesia 2045 Menghadapi Bonus Demografi Melalui Pembelajaran Berbasis Kreatifitas.” AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal 9, no. 2 (2023): 949–58. http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/Aksara%0AMempersiapkan.

Hamdani, Annisa Dwi, Najwa Nurhafsah, dan Shela Silvia. “Inovasi Pendidikan Karakter Dalam Menciptakan Generasi Emas 2045.” Jurnal Pendidikan Guru 3, no. 3 (2022): 170–78.

Hamka. Tafsir Al-Azhar Jilid 5 (Surat Yunus, Hud, Ar-Ra’du, Ibrahim, Al-Hijr dan An-Nahl). Singapura: Pustaka Nasional PTE LTD, 1989.

Hasanah, Uswatun, dan Jamilatul Mahya. “Memahami Manajemen Risiko Serta Landasan Hukum Dalam Agama.” NATUJA: Jurnal Ekonomi Syariah 2, no. 2 (2023): 66–77.

Himmawan, Didik. “Peran tenaga pendidik dalam transformasi pendidikan menuju generasi emas indonesia.” Manajia 1, no. 1 (2023): 20–30.

Idah, Yusyida Munsa, dan Ronggo Agatha Prima. “Analisis Manajemen Risiko Sistem Pembelajaran Online pada Perguruan Tinggi menghadapi Pandemi Covid-19.” Jurnal Rekayasa Informasi 10, no. 1 (2021): 2013–15.

Iskandar, A.M. Negara dan Politik Kesejahteraan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2021.

Kurnialoh, Nasri, Firdiansyah, dan Subhan Maulana. “Peran Pendidikan Islam Mewujudkan Generasi Emas 2045.” Khazanah: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2, no. 1 (2022): 1–10.

Nuryovi, Nuryovi, Ono Wiharna, dan Sriyono Sriyono. “Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Kepribadian Guru.” Journal of Mechanical Engineering Education 4, no. 2 (2018): 219. https://doi.org/10.17509/jmee.v4i2.9636.

Rosyada, Ita, Farid Setiawan, Mira Ifta Rimadhani, dan Adinda Icha Rohmadani. “Manajemen Risiko dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MTs Muhammadiyah Sanden.” Masaliq 2, no. 2 (2022): 272–81. https://doi.org/10.58578/masaliq.v2i2.316.

Royyan, A. “Konsep Manajemen Risiko.” Jurnal Penelitian Ilmu Ekonomi dan Keuangan Syariah (JUPIEKES) 1, no. 3 (2023): 130–37.

Rusandi, dan Muhammad Rusli. “Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif dan Studi Kasus.” Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam 2, no. 1 (2021).

Salahudin, Anas. Filsafat Pendidikan. Bandung: CV. Pustaka Setia, 2011.

Samadhinata, I Made Deva. “Efektifitas Sistem Pendidikan Dalam Mempengaruhi Terwujudnya Generasi Emas 2045.” Metta : Jurnal Ilmu Multidisiplin 2, no. 1 (2022): 19–26. https://doi.org/10.37329/metta.v2i1.1640.

Setiawan, Farid, Cevina Ardita, Alinda Syarofah, dan Muhammad Zaki. “Manajemen Resiko Di MI Muhammadiyah Kenteng.” LEADERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 2, no. 2 (2021): 62–70. https://doi.org/10.35719/leaderia.v2i2.69.

Sidiq, Umar, dan Miftachul Choiri. Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. Ponorogo: CV Nata Karya, 2019.

Siregar A, Fithri, dan E Sahputra. “Penerapan Sistem Pendidikan Pada Pembelajaran PAI Di Sekolah Luar Biasa Abc Taman Pendidikan Islam Medan.” At-Tazakki 3, no. 1 (2019): 65.

Subagyo, A, R Simanjuntak, dan Irianto A. Dasar Dasar Manajemen Risiko. Jakarta: Mitra Wacana Media, 2020.

Subagyo, Ahmad, Rusli Simanjuntak, dan Alexander Irianto. Dasar-Dasar Manajemen Risiko. Jakarta: Mitra Wacana Media, 2020.

Subekti, Herwanti, dan Septina Nur’aini. “Manajemen Resiko Di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta.” Al Fatih-Jurnal Pendidikan dan keislaman II, no. 2 (2019): 214–31.

Sujana, I Wayan Cong. “Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia.” Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar 4, no. 1 (2019): 29. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927.

Winoto, S. Dasar-Dasar Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: CV. Bildung Nusantara, 2020.

Yulianti, Yulianti. “Pentingnya Pendidikan Karakter Untuk Membangun Generasi Emas Indonesia.” CERMIN: Jurnal Penelitian 5, no. 1 (2021): 28. https://doi.org/10.36841/cermin_unars.v5i1.969.

Zannah, Dila Nurlaila, dan Cecep Anwar. “Manajemen risiko lembaga pendidikan dalam pesrpektif al- qur’an surat yusuf : 43-49.” Leaderia 3 (2022): 43–49. https://leaderia.iain-jember.ac.id/index.php/ldr/article/view/165.

Downloads

Published

2024-01-17

Issue

Section

Articles

How to Cite

ANALISIS MANAJEMEN RISIKO LEMBAGA PENDIDIKAN MENUJU GENERASI EMAS DALAM PERSPEKTIF AL -QUR’AN. (2024). Leadership: Jurnal Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 50-66. https://doi.org/10.32478/leadership.v5i1.1920

Similar Articles

1-10 of 90

You may also start an advanced similarity search for this article.