Pembelajaran Akidah Akhlak melalui Pengelompokan Kelas Berbasis Gender untuk Siswa Kelas IX
DOI:
https://doi.org/10.32478/talimuna.v11i02.1115Keywords:
Learning Akhlak Akidah, Class Grouping, Gender.Abstract
Abstract: The application of class grouping between male and female students is a policy that is rarely found in formal schools in Indonesia. With the application of class grouping between male and female students, it is expected to be able to improve the morals of the students through the learning of moral aqidah. This study intends to find out 1) the application of gender-based class grouping in aqidah moral learning, 2) supporting and inhibiting factors for implementing gender-based class grouping in learning aqidah morality 3) the impact of the application of gender-based class grouping in learning morals. The research method used is descriptive qualitative method. Based on the results of the study, the application of gender-based class grouping in the learning of aqidah morality in class IX is that the learning conditions of class students are increasingly conducive and learning becomes more focused and male students and female students are able to grow self-control against the opposite sex and form akhlaq karimah from each class. habituation carried out by madrasas.
Keywords: Learning Akhlak Akidah, Class Grouping, Gender.
Abstrak: Penerapan pengelompokan kelas antara siswa laki-laki dan perempuan merupakan kebijakan yang jarang ditemui di sekolah formal di Indonesia. Dengan penerapan pengelompokan kelas antara siswa laki-laki dan perempuan diharapkan mampu meningkatkan akhlakul kharimah siswa-siswinya melalui pembelaharan akidah akhlak. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui 1) penerapan pengelompokan kelas berbasis gender dalam pembelajaran akidah akhlak, 2) faktor-faktor pendukung dan penghambat penerapan pengelompokan kelas berbasis gender dalam pembelajaran akidah akhlak, 3) dampak penerapan pengelompokan kelas berbasis gender dalam pembelajaran akidah akhlak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, penerapan pengelompokan kelas berbasis gender dalam pembelajaran akidah akhlak di kelas IX yaitu kondisi belajar siswa kelas yang semakin kondusif dan belajar menjadi lebih terarah serta siswa laki-laki dan siswa perempuan mampu menumbuhkan kontrol diri terhadap lawan jenis dan membentuk akhlakul karimah dari setiap pembiasaan yang dilakukan oleh madrasah
Downloads
References
Aguslianto. “Pengaruh Sosial Media terhadap Akhlak Remaja (Studi Kasus di Kec. Kluet Timur Kab. Aceh Selatan)”. Skripsi. Aceh: UIN Ar-Raniry Darussalam, 2017
Anggota IKAPI. (2010). Undang-undang SISDIKNAS (Sistem Pendidikan Nasional). Bandung: Fokusmedia
Hasbi, M. (2020). Akhlak Tasawuf (Solusi Mencari Kebahagiaan dalam Kehidupan Esoteris dan Eksoteris)
Kiptiawati Adha, Manis dan Darmiyanti, A. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter Islam dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 4, 921.
Latifah. “Fenomena Pemisahan antara Pemisahan antara Laki-Laki dan Perempuan dalam Pembelajaran Ditinjau dari Segi Pandangan Islam”. Skripsi tidak diterbitkan. Cot Kala Langsa: PAI IAIN Zawiyah Cot Kala Langsa, 2015
Nata Abuddin. (2010). Akhlak Tasawuf. PT Raja GrafindoPersada
Maisuri. (2011). Analisis Perlakuan Gender terhadap Siswa Oleh Guru Pendidikan Agama Islam di Lingkungan SMA 1 Pontianak. Skripsi. Universitas Muhammadiah: Pontianak
Marwani, S. (2018). Pengelolaan Kelas berbasis Pengelompokan Jenis Kelamin (Gender) di SMAN 11 Banda Aceh. 39.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kuakitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta
Taqiyah, Barotut. “Pengaruh Pemisahan Kelas Peserta Didik Laki-Laki dan Perempuan terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MA Sunan Pandanaran Yogyakarta”. Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta: Ilmu Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta, 2016.
Triyana, N. (2021). Pola pembinaan akhlak dalam perspektif al- qur’an surah luqman ayat 12-19 menurut tafsir al-misbah. skripsi.
Wahyudi, Dedi. Pengantar Aqdah Akhlak dan Pembelajarannya. Yogyakarta: 2017
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
How to Cite
Similar Articles
- Ahmad Choirun Najib, Darnoto, Tantangan Guru Pendidikan Agama Islam di Era Modern dalam Penggunaan Artificial Intelligence (AI) , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 13 No. 2 (2024): SEPTEMBER
- Muh. Rodhi Zamzami, PENERAPAN REWARD AND PUNISHMENT DALAM TEORI BELAJAR BEHAVIORISME , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 4 No. 1 (2015): MARET
- Rosidi Rosidi, IMPLEMENTASI RAHMATAN LIL ‘ALAMIN PERSPEKTIF KH. HASYIM MUZADI DI MADRASAH , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 9 No. 2 (2020): SEPTEMBER
- Ahsan Muzadi, Siti Mutholingah, INTEGRASI PENDIDIKAN BERWAWASAN LINGKUNGAN HIDUP (GREEN SCHOOL) MELALUI PEMBELAJARAN PAI DI SEKOLAH , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 8 No. 2 (2019): SEPTEMBER
- Abdul Gafur, PEMIKIRAN ABDULLLAH SAEED TENTANG ISLAM PROGRESIF , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 8 No. 1 (2019): MARET
- Rahmatullah Rahmatullah, MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA (Peran Motivasi Guru Terhadap Kreativitas Siswa) , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 4 No. 1 (2015): MARET
- Yusuf Agung Subekti, Mutamakin Mutamakin, INTERAKSI ANTARA KYAI DAN SANTRI DALAM MEMBENTUK KEMANDIRIAN ANAK PADA PONDOK PESANTREN ANAK-ANAK , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 6 No. 1 (2017): MARET
- Kamilus Zaman, PENGEMBANGAN KURIKULUM BERBASIS KEMAJEMUKAN , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 7 No. 2 (2018): SEPTEMBER
- Ashif Az Zafi, Dwi Wahyu Putri, Siti Qurrotu A’yun Nisa’Auliya, Karina Fikriatil Husna, Widiya Maudita, Karya Ilmiah Remaja sebagai Upaya Pengembangan Minat dan Bakat di SMA Syubbanul Wathon Tegalrejo , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 13 No. 1 (2024): MARET
- A. Qomarudin, PLURALISME DAN MULTIKULTURALISME DALAM PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 3 No. 2 (2014): SEPTEMBER
You may also start an advanced similarity search for this article.