TINJAUAN UMUM TENTANG PENDIDIKAN ISLAM
DOI:
https://doi.org/10.32478/ta.v2i1.136Keywords:
Concept, Characteristics, Islamic educationAbstract
Understanding of the concept of Islamic education is absolutely necessary for the formulation and development of Islamic education system. Characteristics of Islamic education consist of at least three things: first, based on al-Qur'an and al-Hadith, or departed from the spirit of Islam. Second, the concept of operations can be analyzed and developed from the process of familiarization, the inheritance and development of Islamic values, regardless of the value dichotomy and secularism, while the third, practical concepts can be understood, analyzed and developed from the process of coaching and personal development of Muslims in every generation. In term of subject, Islamic education emphasize on seeking knowledge on the basis of God obedience (ibadah), moral values, recognition of the potential and ability to become a personality advancement and the practice of science on the basis of responsibility to God and man. This is the characteristic that distinguishes education with education in general characteristics.Downloads
References
Abdullah Idi dan Toto Suharto, Revitalisasi Pendidikan Islam, Yogyakarta: Tiara Wacana, 2006.
Ahmad Qodri Azizy, Islam dan Permaslahan Sosial; Mencari Jalan Keluar, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2003.
Ahmad Tafsir, Ilmu Pendidikan dalam Persepktif Islam, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2000, Cet. Ke-3.
As. Hornby, Oxford Advenced Learber’s Dictionary of Current English
AW Munawwir, Kamus al-Munawwir Arab-Indonesia Terlengkap, Surabaya: Pustaka Progresif, 1997, Cet. Keempat belas, Ed. Ke-2.
Azumardi Azra, dalam sebuah pengantar Charles Michael Stanton, Pendidikan Tinggi dalam Islam, Sejarah dan Peranannya, Jakarta: Logos Publishing House, 1994.
Azyumardi Azra, Pendidikan Islam; Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru, Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 2002.
Dar al-Arqam adalah rumah al-Arqam bin Abi al-Arqam, yang digunakan rasulullah Saw sebagai tempat belajar dan tempat pertemuan dengan para sahabat dan pengikutnya. Dalam perkembangannya dikenal dengan sistem pendidikan dar al-Arqam. Lihat Hasan Langgulung, Pendidikan Islam Menghadapi Abad ke-21, Jakarta: Pustaka al-Husna, 1988
Geoge Makdisi dalam The Rise of Colleges Institutions of Learning in Islam and West, Eidenburgh: Eidenburgh University Press, 1981.
Harun Nasution, Pembaharuan dalam Islam: Sejarah Pemikiran dan Gerakan, Jakarta: Bulan Bintang, 1975.
Hujair AH. Sanaky, Paradigma Pendidikan Islam; Membangun Masyarakat Indonesia, Yogyakarta: Safiria Insania Press dan MSI.
Imam Mawadi, Ilmu Pendidikan Islam, diakses melalui google, http://mawardiumm.wordpress.com/ilmu-pendidikan-islam/, diakses tanggal 23 Maret 2009.
Khoiruddin, Konsep Pendidikan Islam, diakses dari http//www.khairuddin.blogspot.com, tanggal 12 September 2008
M. Yusuf Qardhawi, Pendidikan Islam dan Madrasah Hasan al-Banna, (terj), Bustami A. Gani dan Zainal Abidin Ahmad, Jakarta: Bulan Bintang, 1980
Mehdi Nakosteen, Konstribusi Islam atas Dunia Intelektual Barat: Deskripsi Analisis Abad Keemasan Islam, alih bahasa Joko S. Kahhar dan Supriyanto, Surabaya: Risalah Gusti, 1994, Cet. I.
Muhaimin, Dasar-dasar Kependidikan Islam Suatu Pengantar Ilmu Pendidikan Islam, Surabaya: Karya Abditama, 1996.
Munawar Cholil, Kelengkaan Tarikh Nabi Muhammad Saw, Jakarta: Bulan Bintang, 1969.
Munzir Hitami, Menggagas Kembali Pendidikan Islam, Yogyakarta: Infinite Press, 2004.
Sayyid Quthub, Konsepsi Sejarah Dalam Islam, terj. Nabhan Husein, Al Nabhan Husein, Jakarta: Al-Amin, tt.
Syed Muhammad al-Naquib al-Attas, Konsep Pendidikan Dalam Islam Suatu Rangka Pikir Pembinaan Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Mizan, 1992.
Tim Redaksi, Sistem Pendidikan Islam, diakses dari google http://alhijrah.cidensw.net, tanggal 23 Maret 2009.
Usman Abu Bakar dan Surohim, Fungsi Ganda Lembaga Pendidikan Islam, Respon kreatif terhadap Undang Undang Sisdiknas, Yogyakarta: Safiria Insania Press, 2005.
Wikipedia Bahasa Melayu, ensiklopedia bebas, Institusi Pendidikan dalam Islam, diakses dari http//ms.wikipedia.org, diakses tanggal 11 September 2008
Zuhairini, dkk, Sejarah Pendidikan Islam, Jakarata: Proyek Pembinaan Sarana dan Prasarana PTAI, Dirjend Pembinaan Kelembagaan Agama Islam, 1986.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
How to Cite
Similar Articles
- Muzammil Muzammil, PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM (Telaah Relevansi Konsep Pendidikan Dalam Kitab Ta'lim Muta'alim) , Ta'Limuna: Vol. 1 No. 1 (2012): edisi MARET
- Ahsan Muzadi, Siti Mutholingah, INTEGRASI PENDIDIKAN BERWAWASAN LINGKUNGAN HIDUP (GREEN SCHOOL) MELALUI PEMBELAJARAN PAI DI SEKOLAH , Ta'Limuna: Vol. 8 No. 2 (2019): edisi SEPTEMBER
- Zaedun Naim, IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AKTIF, KREATIF, EFEKTIF DAN MENYENANGKAN (PAKEM) BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN PAI , Ta'Limuna: Vol. 2 No. 2 (2013): edisi SEPTEMBER
- Rosidin Rosidin, KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN DALAM AL-QURAN (Studi Pustaka Kisah-kisah dalam al-Quran) , Ta'Limuna: Vol. 6 No. 1 (2017): edisi Maret
- Mutamakin Mutamakin, RELASI GENDER DALAM PENDIDIKAN ISLAM ( Analisis Pendidikan Islam Menurut Al Ghazali ) , Ta'Limuna: Vol. 1 No. 2 (2012): edisi SEPTEMBER
- Muhammad Ilyas Junaidi Addahil, PROBLEMATIKA PENGEMBANGAN KURIKULUM DI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM : TINJAUAN EPISTIMOLOGI , Ta'Limuna: Vol. 8 No. 2 (2019): edisi SEPTEMBER
- Wely Dozan, TAFSIR AYAT-AYAT PENDIDIKAN Nilai-Nilai Pendidikan Q.S. Al-Alaq Ayat 1-5 (Studi Tafsir Al-Misbah Karya M.Quraish Shihab) , Ta'Limuna: Vol. 9 No. 2 (2020): edisi SEPTEMBER
- Ahmad Kholilul Adzim, KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER ANAK BERBASIS KELUARGA ISLAMI ERA SOCIETY 5.0 , Ta'Limuna: Vol. 10 No. 1 (2021): edisi MARET
- Yusuf Agung Subekti, RELEVANSI SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL DENGAN PEMBARUAN SISTEM PENDIDIKAN PESANTREN , Ta'Limuna: Vol. 3 No. 1 (2014): edisi MARET
- Zaidun Naim, IMPLIKASI DESENTRALISASI PENDIDIKAN PADA PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM , Ta'Limuna: Vol. 3 No. 2 (2014): edisi SEPTEMBER
You may also start an advanced similarity search for this article.