PENDIDIKAN PESANTREN (Sarana Efektif Internalisasi Nilai Syari’ah)

DOI:

https://doi.org/10.32478/ta.v2i1.137

Authors

Keywords:

internalisasi, nilai syari’ah, pendidikan Islam, pesantren

Abstract

Terdapat dua peran penting agama di lingkungan pesantren yang sangat signifikan untuk dikembangkan, yakni: Peran directive system dan divensive system. Yang pertama, agama ditempatkan sebagai referensi utama proses perubahan, yang kedua agama ditempatkan sebagai supreme morality yang memberikan landasan dan kekuatan etik-spiritual bagi masyarakat pesantren ketika mereka berdialektika menuju proses perubahan. Dengan dua peran diatas, agama tidak bisa lagi dipandang sebagai penghambat perubahan seperti dalam filsafat materialisme, bahwa agama adalah candu masyarakat (religion is opium), tetapi sebaliknya agama justru menjadi daya dorong yang luar biasa bagi terciptanya  perubahan masa depan pesanten beserta umatnya menuju masyarakat yang konstruktif dan humanistik. Kemampuan merespon problem kehidupan sehari hari. Karenanya aktualisasi nilai-nilai agama diharapkan mampu menembus tradisi perilaku keseharian (amaliyah diniyah, afectif religousness), tidak sekedar terpaku pada memahami serta mengerti pelajaran agama semata (tafhim al-aqliyah al-ilmiyah kognitif akademik).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrahman Al-Nahlawi, Prinsip-Prinsip dan Metode Pendidikan Islam, dalam Keluarga, di Sekolah dan di Masyarakat, terj. Herry Noer Ali, Bandung: Diponegoro, 1996.

‘Abddurrahman Shahih Abdullah, Landasan dan Tujuan Pendidikan Menurut Al-Quran serta Implementasinya, terj. Mutammam, cet. Ke-1, Bandung: Diponegoro, 1991.

Abi ‘Abdillah Muhammad Ibn Mazid Al-Qaswini, Sunan Ibn Majah, Beirut: Dar Al-Fikr, 1995.

Al-Bagai, Nidham al-Duran fi Tanasuf al-Ayat wa al Suwar, jil, Beirut ; Dar al- Kitab al-Ilmiah,1995.

Al-Mawardi, al-Naktu wa al- Uyun Tafsir al-Mawardi, jil, Beirut : Dar al-Kutub al-Ilmiah. t.t.

Americana Coorparition, The Ecyclopedia Americana, USA : Ecyclopedia Americana Coorparation, 1994

Ahmad Tafsir, Pendidikan Agama dalam Keluarga, Bandung : Remaja Rosdakarya, 1996.

Ahmad Tafsir, Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam, cet, ke-2 Bandung : Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2018-08-07

Issue

Section

Articles

How to Cite

PENDIDIKAN PESANTREN (Sarana Efektif Internalisasi Nilai Syari’ah). (2018). Ta’Limuna, 2(1), 50-71. https://doi.org/10.32478/ta.v2i1.137

Similar Articles

1-10 of 116

You may also start an advanced similarity search for this article.