TEORI DAN MODEL PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA Telaah Historis Epistemologis - Model Pendidikan Sejak Zaman Hindu Sampai Kemerdekaan
DOI:
https://doi.org/10.32478/ta.v2i2.143Keywords:
Model Pendidikan, Kepemimpinan, SejarahAbstract
Secara epistemologis model pendidikan di Indonesia di bangun melalui tahapan setapak demi setapak. Model pendidikan paling awal diperkenalkan di Indonesia adalah model per-cantrik-an, model ini menempatkan pendidik (resi, master, ustadz) sebagai guru sekaligus pemimpin spiritual secara individu. Kedua, model pendidikan dalam bentuk padhepokan atau biara, model ini mendapat inspirasi model guru-kula dari India, dalam model ini kepemimpinan pendidikan mulai bersifat kelembagaan. Ketiga, model pendidikan pesantren, model ini mendapat inspirasi model persaudaraan Sufi, Kuttab, Ribat, dan Hankah yang dikombinasi dengan model pendidikan guru-kula yang diberi corak ke-Islam-an, pendidikan tidak hanya bersifat profan, melainkan juga sakral. Keempat, model persekolahan (schooling system), model ini dibawa ke Indonesia oleh kolonialis Belanda, model ini mengacu pada desakralisasi peran pimpinan lembaga pendidikan. Kelima, model madrasah, model ini merupakan kombinasi antara model sekolah umum dengan model pesantren, jadi pelajarannya adalah materi umum yang bermuatan nilai-nilai agama Islam.
Downloads
References
Goldziher, Ignas, What is Meant by Jahiliyyah, Chicago : al-Dine, 1966.
Kahalla, Umar, A’lam al-Nisa’ fii A’lamay al-Araby wa al-Islam, Bairut : Al-Muassasah al-Risalah, 1902.
Mernisi, Fatimah, The Forgotten queens of Islam. Bloominton : Polity Press and Blackueell Plubiser, 1993.
Rasyad, Iswadi, Medieval History of India, Delhi : TP, 1908.
Tayfur, Imam Ibnu Thahir, Balaghat al-Nisa’ , Bairut : Daar al Nahdhah al-Hadis, 1972.
Al-Thabari, 1979, Tarikh al-Umam wa al-Mulk, Bairut : Daar al-Fikr, 1979.
Zarkaly, A’lam.,1958, Syiar al-A’lam al-Nubala’ , Kairo : Daar al-Ma’arif, 1958.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
How to Cite
Similar Articles
- Arif Zamhari, PENGARUH PENDIDIKAN TERHADAP MOBILITAS SOSIAL , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 1 No. 2 (2012): SEPTEMBER
- A. Qomarudin, INOVASI PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM MELALUI PROGRAM UNGGULAN , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 9 No. 2 (2020): SEPTEMBER
- Rahmatullah Rahmatullah, Akhmad Said, IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER ISLAM DI ERA MILENIAL PADA PONDOK PESANTREN MAHASISWA , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 8 No. 2 (2019): SEPTEMBER
- Ahmad Kholilul Adzim, KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER ANAK BERBASIS KELUARGA ISLAMI ERA SOCIETY 5.0 , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 10 No. 1 (2021): MARET
- Adi Sudrajat, PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM BERBUDAYA NIRKEKERASAN , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 7 No. 2 (2018): SEPTEMBER
- Alya Okta Nurjanah, KARAKTER TAKDIM DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM KONTEMPORER , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 9 No. 1 (2020): MARET
- Rusdiyanto Rusdiyanto, INTEGRASI PENDIDIKAN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP LEMBAGA PENDIDIKAN DI INDONESIA , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 7 No. 1 (2018): MARET
- Eko Prabowo, PENDIDIKAN ISLAM SEBAGAI UPAYA PENCENAGAHAN KENAKALAN ANAK USIA DASAR , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 8 No. 1 (2019): MARET
- Nurlela, Amirudin, Iqbal Amar Muzaki, Inovasi Pendidikan Melalui Penerapan Kurikulum Merdeka di SMK Al-Fathimiyah Karawang , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 13 No. 1 (2024): MARET
- Siti Mutholingah, Basri Zain, METODE PENYUCIAN JIWA (TAZKIYAH AL-NAFS) DAN IMPLIKASINYA BAGI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 10 No. 1 (2021): MARET
You may also start an advanced similarity search for this article.