INTEGRASI PENDIDIKAN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP LEMBAGA PENDIDIKAN DI INDONESIA

DOI:

https://doi.org/10.32478/ta.v7i1.145

Authors

Keywords:

Integrasi, Pendidikan Islam

Abstract

Wacana Integrasi di Indonesia sudah lama digaungkan sebagaimana yang tertuang dalam UUSPN Nomor 20 Tahun 2003 pasal 30 yang mewajibkan penyelenggaraan pendidikan Agama pada semua strata pendidikan sebagai bentuk kesadaran bersama untuk mencapai kualitas hidup yang utuh. Pelaksanaan pendidikan memiliki dua misi utama yaitu pembinaan daya intelektual dan pembinaan daya moral, Mensinergikan sains dan Islam (Agama) merupakan sesuatu yang sangat penting, bahkan keharusan, karena dengan mengabaikan nilai-nilai Agama dalam perkembangan sains dan tekhnologi akan melahirkan dampak negatif yang luar biasa. Dampak negatif dari kecendurungan mengabaikan nilai-nilai (moral Agama) bisa kita lihat secara emperik pada perilaku korup dan lain sebagaianya yang dilakukan oleh manusia dimuka bumi ini dengan munggunakan kekuatan sains dan tekhnolog. Fokus Pembahasan:  Apa Pengertian Integrasi Pendidikan dan Bagaimana Implikasinya terhadap lembaga Pendidikan di Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Barbour, Ian. G., Juru Bicara Tuhan Antara Sains dan Agama, Terj. E.R. Muhammad, Bandung; Mizan, 2004.

Barizi, Ahmad, http://blog.uin-malang.ac.id diakses tanggal 13 desember 2017.

Barizi, Ahmad, Pendidikan Integratif Akar Tradisi dan Integrasi Keilmuan Pendidikan Islam, Malang: UIN Maliki Press, 2011.

Haidar, Mengenai ordonansi guru Baca juga Nurhayati Jamas, Dinamika Pendidikan Islam di Indonesia Pasca Kemerdekaan, Jakarta : Rajawali Pers, 2008.

http://www.anekamakalah.com/2012/12/integrasi-pendidikan-agama-dan-umum.html Diakses Tanggal 15 Desember 2017.

Karni, Asrori s., Etos Studi Kaum Santri Wajah Baru Pendidikan Islam, Bandung: Mizan, 2009.

M. Dahlan Dkk, Kamus Induk Istilah Ilmiah Seri Intelektual Surabaya; Target Press, 2003.

M. Fakhrur Rozy, “Pendidikan Agama Berbasis Integrasi”, Skripsi UIN Malang, Malang: Perpustakaan Pusat UIN Malang, 2007.

Saefuddin dkk, On Islamaic Civilization Menyalakan Kembali Lentera Peradaban Islam Yang Sempat Padam, Semarang: UNISSULA Press, 2010.

Suprayogo, Imam, Pendidikan Berparadigma Al-Quran Pergulatan Membangun Tradisi dan Aksi Pendidikan Islam, Malang: UIN Press, 2004.

Wawacara dengan Uci Elly, tenaga pengajar di Man 3 Malang, tanggal 1 Juni 2013 dan informasi dari www.man3malang.com diakses tanggal 13 Maret 2017.

Tim Penyusun Buku, 2004 Memadu Sains dan Agama menuju Menuju Universitas Islam Masa Depan, Malang: Bayumedia, 2004.

Wawanara dengan Safitri Yuliana, alumni SMA Nurul Jadid tahun 2012. Diakses Tanggal 1 Maret 2017.

Downloads

Published

2019-01-06

Issue

Section

Articles

How to Cite

INTEGRASI PENDIDIKAN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP LEMBAGA PENDIDIKAN DI INDONESIA. (2019). TA’LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 13-27. https://doi.org/10.32478/ta.v7i1.145

Similar Articles

51-60 of 106

You may also start an advanced similarity search for this article.