STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK
DOI:
https://doi.org/10.32478/talimuna.v12i2.1691Keywords:
Inquiry Learning, Curriculum 2013Abstract
Abstract: The aim of this research is to describe the use of inquiry methods in learning moral beliefs. This inquiry-based learning approach focuses on giving students the freedom to think critically, by giving them the opportunity to find their own information and solve their own problems to provide more interesting learning and make students feel included in the process. Because students must have broad or free connections, inquiry learning is very important for them. Through this learning method, they will gain good and practical ideas, develop group cohesion, and form friendships with other people from different social groups. The method used is a qualitative procedure which includes descriptive and analytical data collection. The results of this research are that this inquiry-based learning approach can encourage children to think more critically. The novelty of this research is that students can think independently and take full advantage of their cognitive abilities by using inquiry learning techniques. Therefore, the inquiry learning approach is very beneficial for students because it gives them the opportunity to debate and develop problem solving skills.
Keywords: Inquiry Learning, akidah akhlak
Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan metode inkuiri dalam pembelajaran akidah akhlak. Pendekatan pembelajaran berbasis inkuiri ini berfokus pada memberikan kebebasan kepada siswa untuk berpikir kritis, dengan memberikan kesempatan kepada mereka untuk menemukan informasi sendiri dan menyelesaikan permasalahannya sendiri untuk memberikan pembelajaran yang lebih menarik dan membuat siswa merasa diikutsertakan dalam proses tersebut. Karena siswa harus mempunyai ikatan yang luas atau bebas, maka pembelajaran inkuiri sangat penting bagi mereka. Melalui metode pembelajaran ini, mereka akan memperoleh ide-ide yang baik dan praktis, mengembangkan kohesi kelompok, dan menjalin persahabatan dengan orang lain dari kelompok sosial yang berbeda. Metode yang digunakan adalah prosedur kualitatif yang meliputi pengumpulan data deskriptif dan analitis. Hasil dari penelitian ini yaitu pendekatan pembelajaran berbasis inkuiri ini dapat mendorong anak untuk berpikir lebih kritis. Kebaruan dari penelitian ini yaitu bahwa siswa dapat berpikir mandiri dan memanfaatkan sepenuhnya kemampuan kognitifnya dengan menggunakan teknik pembelajaran inkuiri. Oleh karena itu, pendekatan pembelajaran inkuiri sangat bermanfaat bagi siswa karena memberikan kesempatan kepada mereka untuk berdebat dan mengembangkan keterampilan pemecahan masalah.
Kata Kunci: Pembelajaran Inkuiri, akidah akhlak
Downloads
References
A.Jacobden, Paul Enggen dan Donald Kauchak, ‘Metode-Metode Pengajaran Meningkatkan Belajar Siswa’, Pendidikan, 2009
Al-Tabani, Trianto Ibnu Badar, ‘Mendesain Pembelajaran Inovatif, Progresif Dan Kontekstual’, Penelitian, 2015
Deni Siregar, Dukha Yunitasari, ‘Penerapan Pembelajaran Inkuiri Dalam Peningkatan Kreativitas Belajar IPS Pada Siswa Kelas V MI NW Kelayu Jorong’, Jurnal Ilmu Pendidikan, Vo.13, No. (2018)
Dini, Lestari, ‘Pendekatan Inquiry Based Learning’, Pendidikan, 2013
Herlina, ‘Implementasi Strategi Pembelajaran Inkuiri Pada Pembelajaran Fikih’, Pendidikan, 2019
Majid, Abdul, ‘Strategi Pembelajaran’, Pendidikan, 2013
Margono, ‘Metodologi Penelitian Pendidikan’, Pendidikan, 2010
Muhammad, Alim, ‘Pendidikan Agama Islam’, Pendidikan, 2011
Mulyani, Lili, ‘Analisis Pelaksanaan Strategi Pembelajaran Inquiry & Discovery Di TK Islam Semesta Khatulistiwa Pontian’, Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, Vol.5, No. (2016)
Mulyaningsih, ‘Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan’, Pendidikan, 2012
Oemar, Hamalik, ‘Proses Belajar Mengajar’, Pendidikan, 2011
Panenn, Paulina, ‘Pembelajaran Orang Dewasa’, Pendidikan, 2005
Risqiyanto hasan Hamdani, Syaiful Islam, ‘Inovasi Strategi Pembelajaran Inkuiri Dalam Pembelajaran’, Palapa: Jurnal Studi Keislaman Dan Ilmu Pendidikan, 7, No (2019)
Riyanto, Yatim, ‘Paradigma Baru Pembelajaran’, Pendidikan, 2012
Rusman, Dkk, ‘Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi’, Pendidikan, 2011
Sagala, Syaiful, ‘Konsep Dan Makna Pembelajaran’, Pendidikan, 2010
Sani, Ridwan Abdullah, ‘Inovasi Pembelajaran’, Pendidikan, 2013
Scholaria, ‘Pembelajaran Inkuiri’, Pendidikan, 2016
Setiasih, Shanty Della, Dkk, ‘Penggunaan Model Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa’, Pendidikan, 2016
Sitiatava, Putra R, ‘Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains’, Pendidikan, 2013
Sugiono, ‘Metode Penelitian Pendidikan’, Pendidikan, 2010
Wina, Sanjaya, ‘Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan’, Pendidikan, 2009
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
How to Cite
Similar Articles
- Victor Imaduddin Ahmad, Budaya Organisasi Madrasah Aliyah Negeri 1 Lamongan Sebagai Madrasah Adiwiyata Mandiri , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 13 No. 2 (2024): SEPTEMBER
- A. Qomarudin, PLURALISME DAN MULTIKULTURALISME DALAM PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 3 No. 2 (2014): SEPTEMBER
- Muh. Rodhi Zamzami, PERKEMBANGAN BIOPSIKOSOSIOSPIRITUAL PESERTA DIDIK , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 4 No. 2 (2015): SEPTEMBER
- Ashif Az Zafi, Dwi Wahyu Putri, Siti Qurrotu A’yun Nisa’Auliya, Karina Fikriatil Husna, Widiya Maudita, Karya Ilmiah Remaja sebagai Upaya Pengembangan Minat dan Bakat di SMA Syubbanul Wathon Tegalrejo , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 13 No. 1 (2024): MARET
- Muzammil Muzammil, PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM (Telaah Relevansi Konsep Pendidikan Dalam Kitab Ta'lim Muta'alim) , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 1 No. 1 (2012): MARET
- Arofatul Muawanah, METODE LEARNING BY DOING DALAM HADIS NABI , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 12 No. 1 (2023): MARET
- Helifsia Riany, Muslimah Muslimah, Yuliani Khalfiah, DAMPAK KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP SELF REGULATED LEARNING SISWA , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 12 No. 2 (2023): SEPTEMBER
You may also start an advanced similarity search for this article.