IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER ISLAM DI ERA MILENIAL PADA PONDOK PESANTREN MAHASISWA
DOI:
https://doi.org/10.32478/talimuna.v8i2.269Keywords:
Pendidikan karakter, Milenial, PesantrenAbstract
Pendidikan karakter Islam bagi kalangan mahasiswa diera milenial mutlak diperlukan, karena mahasiswa merupakan aset bangsa yang menjadi agen perubahan (agent of change) dan calon pemimpin di masa yang akan datang. Pendidikan untuk menghargai pentingnya nilai- nilai moral membentuk rasa ingin berbuat baik dan mampu berbuat baik adalah cita-cita yang diharapkan mampu diwujudkan di era perubahan yang semakin cepat. Oleh karenanya dibutuhkan formulasi pendidikan karakter yang sesuai dengan keadaan jaman dan dalam menghadapi tantanganya.
Penelitian dengan pendekatan fenomenoologis perlu dilakukan untuk mengetahui implementasi pendidikan karakkter Islam di era minelial pada lembaga pendidikan Islam (pondok pesantren mahasiswa), sehingga dengan menggunakakn metode penelitian kkualitatif diharapkan menemukan pelaksanaan pendidikan karakter yang efektif dan efisien.
Hasil penelitian ini diantaranya adalah pelaksanaan pendidikan selama 24 jam meliputi pendidikan Ri’ayah wal Irsyad (kepengasuhan), Ta’dib wat Tahdzib (kesantrian), dan Dirosah/ Tadris Wat Ta’liim (Pengajaran) ditambah empat lainnya yaitu tradisi pesantren, jiwa pesantren, kedisiplinan, dan struktur organisasi/manajemen dapat dijadikan bahan rujukan dalam meningkatkan mutu pendidikan karakter di IndonesiaDownloads
References
al-Ghazaly, Abi Hamid Muhammad bin Muhammad. Ihya’ ulumuddin. juz 3.
Dokumen Profil Berdirinya Pesantren Mahasiswa Al-Hikam Malang. 2016.
http://msaa.uin-malang.ac.id/sample-page/ diakses 1 Oktober 201. Jam 10.38 Am.
Lalo, Kalfaris. Menciptakan Generasi Milenial Berkarakter dengan Pendidikan Karakter guna Menyongsong Era Globalisasi. Jurnal Ilmu Kepolisian Volume 12 Nomor 2 Juli 2018.
Mike Frye, at all. Character Education Informational Handbook and Guide. Public Schools of North Carolina State Board of Education Department of Public Instruction Division of Instructional Services Character Education. 2002.
Nurina, Siti Hakim dan Aliffatullah Alyu Raj. Dampak kecanduan internet (internet addiction) pada remaja. Prosiding Temu Ilmiah X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia.
Octavia, Lanny dkk. Pendidikan karakter berbasis tradisi pesantren. Jakarta: Rumah Kitab. 2014.
Putra, Yanuar Surya. Theoritical Review: Teori Perbedaan Generasi. Among Makarti. Vol.9 No. 18. Desember 2016.
Ryan, Kevin dan Karen E Bohlin. building charakter in schools Practical ways to bring moral intruction to life. San Fransisco:Jossey-Bass Publishers. 1999.
Said, Akhmad. "Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Melestarikan Budaya Mutu Sekolah." journal EVALUASI 2.1 .2018.
Sugono, Dendy dan Meity Taqdir Qodratillah (eds). Kamus Bahasa Indonesia Jakarta: Pusat Bahasa, 2008.
Umro, Jakaria. Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Islam ( Kajian Penerapan Pendidikan Karakter Anak dalam Keluarga ) Jurnal Al-Makrifat Vol 2, No 1, April 2017.Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
How to Cite
Similar Articles
- Fathur Rahman, Abdurrohim, Taufik Mustofa, Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Grup Seni Hadrah Al-Banjari Al-Qur’aniyyah di Kampung Pulogebang Cakung Jakarta Timur , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 13 No. 1 (2024): MARET
- Muzammil Muzammil, PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM (Telaah Relevansi Konsep Pendidikan Dalam Kitab Ta'lim Muta'alim) , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 1 No. 1 (2012): MARET
- Zaedun Naim, IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AKTIF, KREATIF, EFEKTIF DAN MENYENANGKAN (PAKEM) BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN PAI , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 2 No. 2 (2013): SEPTEMBER
- Mukani Mukani, KONTRIBUSI HASYIM ASY’ARI PADA PENDIDIKAN ISLAM , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 4 No. 2 (2015): SEPTEMBER
- A. Qomarudin, INOVASI PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM MELALUI PROGRAM UNGGULAN , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 9 No. 2 (2020): SEPTEMBER
- Aslan Aslan, SEJARAH PERJALANAN KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM DI MALAYSIA , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 8 No. 1 (2019): MARET
- Ali Rif'an, NILAI MULTIKULTURAL BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI PESANTREN KULON BANON - KAJEN , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 9 No. 2 (2020): SEPTEMBER
- Adi Sudrajat, PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM BERBUDAYA NIRKEKERASAN , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 7 No. 2 (2018): SEPTEMBER
- Rusdiyanto Rusdiyanto, INTEGRASI PENDIDIKAN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP LEMBAGA PENDIDIKAN DI INDONESIA , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 7 No. 1 (2018): MARET
- Eko Prabowo, PENDIDIKAN ISLAM SEBAGAI UPAYA PENCENAGAHAN KENAKALAN ANAK USIA DASAR , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 8 No. 1 (2019): MARET
- Rahmatullah Rahmatullah, LANDASAN PENGEMBANGAN KURIKULUM 2013 , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 2 No. 2 (2013): SEPTEMBER
- Sumarji Sumarji, Rahmatullah Rahmatullah, UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN (Studi Kasus di SMP Islam Muqorrobin Singosari Malang) , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 7 No. 1 (2018): MARET
- Akhmad Said, PROBLEMATIKA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DAN PERGURUAN TINGGI UMUM , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 2 No. 2 (2013): SEPTEMBER
- Rahmatullah Rahmatullah, Ahmad Fahrul Misbah, PENDIDIK DAN PESERTA DIDIK PERSPEKTIF KH. HASYIM ASY'ARI , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 12 No. 1 (2023): MARET
You may also start an advanced similarity search for this article.