INOVASI KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH KREATIF DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SEKOLAH

ja'far ja'far(1*),

(1) STAI al-Yasini Pasuruan
(*) Corresponding Author

Abstract


This knowledge has a purpose to know the problems of the headmaster to make the innovation and creation to increase the education quality. The method of knowledge that used is qualitative, the presentation method is descriptive Analysis, also designed with the literature phenomenology that allow some literature related to the study of headmaster problems to make the innovation and creation to increase the education quality such as low support from the parents and society about the finance like the parents feel exception when the school fee increase, the minimally finance a facility, the inappropriate teacher with the qualification also minimally teachers commitment. So, it can be the problem of the headmaster to make innovation and creation to increase education quality. The solution of those problems such as keep on giving the understanding to the parents and society that what headmaster and teachers do have a purpose to their students. They use school finance efficiently. For better facilities, the headmaster tried to get the assist from the government to complete the school facilities. And for the inappropriate teacher with the qualification, the institute must allow the teachers to participate in the training or study at university. And for lower commitment, the headmaster can give the motivation so that the teacher will have the motivation to be better.

Keywords


Inovasi, kepemimpinan, kreatif, dan mutu pendidikan

Full Text:

PDF

References


Alimah Nur, 2013, Upaya Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Smp Negeri Di Kecamatan Gondokusuman Yogyakarta, :“Skripsi” Universitas Negeri Yogyakarta

Burhanuddin, 1994 Analisis Administrasi Menejemen dan Kepemimpinan,Jakarta: Bumi Aksara

Departemen Agama RI. Al-Qur’an dan terjemahnya, 2005. Bandung: CV Penerbit J-Art.

Daud, Ma’mur. 1993. Terjemah Hadits Shahih Muslim. Jakarta: Widjaya

Dede Dede rosyada, Paradigm Pendidikan Demokrasi Sebuah Model Peibatan Masayarakat dalam Penyelenggaraan Pendidikan, Jakarta: PT Kencana Prenada Media Group: 2007

Dirawat dkk, Pengantar Kepemimpinan Pendidikan, Surabaya: Usaha Nasional cet III, 1986

E.Mulyasa, 2007, Menjadi Kepala Sekolah Profesional dalam Kontek Menyukseskan MBS dan KBK (Bandung: PT Remaja Rosdakarya,

Hikmat, Manajemen Pendidikan, Bandung: PT Pustaka Setia, 2009

H.M Daryanto, Administrasi Pendidikan, Cet 3, Jakarta, Rineka Cipta, 2005

Kartono, Kartini. 1990. Pemimpin Dan Kepemimpinan. Jakarta: Rajawali

Kamila Dwiana Karomi, 2017 Upaya Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pai Di Smp N 5 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2016/2017, “Skripsi” Institut Agama Islam Negeri Surakarta

Indrafachrudi, Soekarto,1994, Pengantar Bagaimana Memimpin Sekolah Yang Baik, Jakarta: Ghalia Indonesia,

Imam, Sutari Barnadib,1982 , Pengantar Ilmu Pendidikan Sistematis,Yogyakarta: FIP IKIP

Mulyasa, E, 2002. Manajemen Berbasis Sekolah, Konsep Strategi dan Implementasi. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

M. Ngalim Purwanto, Administrasi dan Supervisi Pendidikan, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 1987

Nana Syaodih Sukmadinata. Dkk, Pengendalian Mutu Pendidikan Sekolah menengah: Konsep, Prinsip, dan Instrumen Bandung: Refika Aditama, 2006

Nawawi Hadari, Kepemimpinan Menurut Islam, Yogyakarta: Gajah Mada University Press, 1993

Oteng Sutisna, Administrasi Pendidikan Dasar Teori Untuk Praktik Profesional, (Bandung: Angkasa, 1987

Ramli Muhammad, Kepemimpinan Inovatif Dalam Implementasi Kebijakan Strategis Pemerintah Kota Makassar, Jurnal politik profetik, volum 5. No 02 tahun 2017

Rosyada, Dede, 2004. Paradigma Pendidikan Demokratis: Sebuah Model Pelibatan Masyarakat Dalam Penyelenggaraan Pendidikan, Jakarta: Kencana.

Subandijah, 1993, Pengembangan dan Inovasi Kurikulum, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada,

Sukmadinata, Nana Syaodih.dkk, 2006, Pengendalian Mutu Pendidikan Sekolah Menengah (Konsep, Prinsip, Instrumen), Bandung: Refika Aditama.

Suprayogo, Imam. 2004. Pendidikan Berparadigma Al-Qur’an Cet I. Malang: Aditya Media Bekerja Sama Dengan UIN Malang Press

Suryosubroto, B. 2004. Manajemen Pendidikan Di Sekolah, Jakarta: Rineka Cipta.

Soekanto, Soerjono. 1990. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT Raja Grafindo

Sondang P. Siagian, Filsafat Administrasi, Jakarta: Gunung Agung, 1982

Undang-undang RI No. 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Bandung: Citra Umbara

Wahyosumidjo, 2002, Kepemimpinan Kepala Sekolah, Cet 3, Jakarta: Grafindo Persada.

Zuhri , Moh. Dipl. Tafl, 1992, Tarjamah (Sunan At-Tirmidzi), Semarang: CV. Asy Syifa’,

Fitri Silvia Darnalita, 2014 Upaya Kepala Sekolah Untuk Meningkatkan Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Di Smp Pembangunan Laboratorium Unp. Jurnal Administrasi Pendidikan Volume 2 Nomor 1, Juni

ArtikelnPendidkan,nKonsepDasar,nMPMBS,n http:nwww.dikdasmen.depdiknas.go.id, 02, 08, 2016

www.Dikdasmen.Depdiknas.go.id, Artikel Pendidikan, Konsep Dasar Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah.

www.kabar-pendidikan.blogspot.com, 04, 09, 2017

http://iwankurniawan4u.blogspot.com/2012/11/kepemimpinan-dan-inovasi.

html, 20, 12, 2018

http://jelapattamban.blogspot.com/2014/12/normal-0-false-false-false-en-us-x- none_9.html, 20, 12, 2018

http://hestalopink44.blogspot.com/2012/06/kendala-dan-solusi-peningkatan-mutu.html, 12, 01, 2019

https://www.padamu.net/kendala-dan-tantangan-kepala-sekolah, 12, 01, 2019

http://kabar-pendidikan.blogspot.com/2011/10/makalah-kendala-dan-solusi-peningkatan.html, 12, 01, 2019


Article metrics

Abstract views : 43 | views : 19


DOI: http://dx.doi.org/10.32478/evaluasi.v3i1.215

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 ja'far ja'far

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.