MEMBINGKAI KEPRIBADIAN ULUL ALBAB GENERASI MILENIAL

Misbahul Munir(1*),

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Problematika kepribadian yang dihadapi generasi millenial saat ini sangat memprihatinkan, diantaranya adalah persoalan adiksi gadget, tidak fokus pada belajar, emosinya mudah terganggu, pornografi, pergaulan bebas. Sebagai tawaran solusi adalah internalisasi nilai kepribian ulul albab, yaitu melalui pengamalan dzikir, fikir, amal soleh. Internealisasi kepribadian ulul albab memungkinkan bisa mengatasi krisis moral yang sedang terjadi saat ini. Keunikan yang dimiliki generasi millenial ulul albab ialah terampil dalam mengakses teknologi digital, sekaligus mempunyai prinsip nilai agama yang kokoh.


Keywords


Generasi Millenial, Kepribadian Ulul Albab

Full Text:

PDF

References


Ali, Hasanudin, Generasi Millennial Indonesia: Tantangan dan Peluang Pemuda Indonesia, http://alvara-strategic.com, pada tanggal 30 desember 2017 jam 07.00.

Hari wibawanto, Generasi z dan pembelajaran di pendidikan tinggi. http://event.elearning.itb.ac.id, pada tanggal 20 Januari 2018 pukul 21.30.

Jalaludin, Teologi Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2001.

Sayyid Muhammad ibn Muhammad al-Husaini al-Zubaidi, Ittihf al-Sadah al-Muttaqn bi Syarh Ihy Ulm al-Dn, Jilid VIII, Beirut: Dr al-Kutub al-Ilmiyyah, 1989.

Schultz, Duane, Theories of Personalit, Second Edition, California: Brooks/Cole Publishing Company Monterey, 1981.

Syams al-Dn ibn Abd Allh Ibn Qayyim al-Jauziyyah, al-Rh fi al-Kalm al Arwh al-Amwt wa al-Ahw bi al-Dall min al-Kitb wa al-Sunnah wa al-tsr wa al-Aqwl al-Ulam, Beirut: Dr al-Fikr, 1992.

Imam al-Ghazali, Tt. Kimiya al-Saadah, Beirut: al-Maktabah al-Sabiyah, tt.

Lancaster, L. C. and Stillman, D. When Generations Collide. Who They Are. Why They Clash. How to Solve the Generational Puzzle at Work, New York: Collins Business, 2002.

Mahmd, Muhammad, Ilm al-Nafs al-Mashir fDhawi al-Islm, Jeddah: Dr al-Syurq, 1984.

Manheim, The Problem of Generations, Essays on the Sociology of Knowledge, 24(19), 276-322-24.

Muhaimin, Penyiapan Ulul Albab, Pendidikan Alternatif masa Depan, el Hikmah, Jurnal Pendidikan Fakultas Tarbiyah, Vol.1 No.1, 2003.

Mujib, Abdul, Kepribadian dalam Psikologi Islam, Jakarta: Rajawali Pers, 2006.

Naisbitt, John. Et. All. High Tech High Touch, Jakarta: Pustaka Mizan, 2002.

Ocktaviany, Tuty (Ed), Selain Gangguan Kecemasan, Kaum Milenial Lebih Rentan Kena Depresi, www.inews.id, pada tanggal 21 Februari 2018 pukul 20.00.

Pauline Pantauw, Mendidik Generasi Z, www.beyondchildhood.com, pada tanggal 11 Januari 2018 pukul 08.00.

Pornografi rusak jaringan otak, www.gatra.com, pada tanggal 2 Maret 2009 pukul 13.00.

Rahmat Azis, Ulul Albab Citra Diri dan Religiusiras Mahasiswa di Era Globalisasi, Malang: UIN Maliki Press, 2012.

Soetjipto, Helly P. Pengujian Validitas Konstruk Kriteria Kecanduan Internet, Universitas Gadjah Mada, Volume 32, No. 32, No. 2, hlm. 74-91.

Suprayogo, Imam, Paradigma Pengembangan Keilmuan di Perguruan Tinggi: Konsep Pendidikan Tinggi yang dikembangkan UIN Malang, Malang: UIN Malang Press, 2005.

Suprayogo, Imam, Tarbiyatu ulil Albab: Dzikr, Fikr, dan Amal Saleh, Malang: Universitas Islam Indonesia-Sudan, 2002.

Suryadi, Bambang, Generasi Y: Karakteristik, Masalah dan Peran Konselor, (Makalah Workshop International MALINDO 4 di Bali, 22-23 Mei 2015).

Reynaldi Satrio Nugroho, Pengantar Teori Generasi Strauss-Howe, Majalah Ganesha, Kelompok Studi Sejarah, Ekonomi dan Politik, ITB Bandung 9 Februari 2016, lihat juga, Howe, N. dan Stauss W, Generation: The History of Americas Future. 1584 to 2069. (New York: William Morrow Paperback, tt).

Yanuar Surya, Teori Perbedaan Generasi, Putra Among Makarti, Vol.9 No.18, Desember 2016.

Zuhal, Visi Iptek Memasuki Milenium III, Jakarta: Universitas Pendidikan Indonesi Pers, 2000.


Article metrics

Abstract views : 385 | views : 572


DOI: http://dx.doi.org/10.32478/ta.v7i1.147

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 journal TA'LIMUNA



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.