Tahapan Operasional Konkret Jean Piaget dalam Internalisasi Moral Religius Anak Usia Sekolah Dasar 7 – 12 Tahun
DOI:
https://doi.org/10.32478/talimuna.v7i1.214Keywords:
Jean Piaget, operasional konkret, moral religiusAbstract
Usia rentang sekolah dasar 7-12 ialah masa yang sangat rentan dan peka terkait perkembangan sikap dan perilaku, dalam tahapan Jeans Piaget adalah operasional konkret. Pada tahap operasional konkret anak sudah mempunyai kemampuan mempertimbangkan tujuan-tujuan perilaku moral, anak memiliki kemampuan menyadari bahwa aturan moral adalah kesepakatan tradisi yang dapat berubah. Peran Orang dewasa dalam mengarahkan nilai religius kepada anak antara lain, memberikan keteladanan, membiasakan hal-hal yang baik, menanamkan disiplin, memberikan motivasi, memberikan penghargaan secara psikologis, memberikan punishment dalam hal kedisiplinan.
Downloads
References
Ahmad Tafsir, Metodelogi Pengajaran Agama Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004.
Alexander Sriewijoyo, dkk. Talkinc Point for Parents: Menjadi Teman Berlatih Anak untuk Mengenali Diri, Menggali Mimpi, dan Mengekspresikan Dirinya, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2010.
C. George Boeree. Sejarah Psikologi. Abdul Qodir (terj.). Yogyakarta: Prismasophi, 2007.
Elizabeth Hurlock. Perkembangan Anak Jilid 2. Jakarta: Erlangga 1998 Ahmad Tafsir,Metodelogi Pengajaran Agama Islam, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004.
Jean Piaget dan Barbel Inhelder. Psikologi Anak. Miftahul Jannah (terj.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010.
Muhibbin Syah. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. (Bandung: Ramaja Rosdakarya, 2008.
Nurkholis Madjid Masyarakat Religius. Jakarta: Paramadina, 1997.
Riana Mashar, Emosi Anak Usia Dini dan Strategi Pengembangannya, Jakarta: Prenda Grub, 2011.
Samuel Henry, Cerdas dengan game:panduan praktis bagi orangtua dalam mendampingi anak bermain game, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2010.
Talizuhu Ndaraha. Teori Budaya Organisa .Jakarta: Rineke Cipta, 2005.
Zaim El Mubarok. Membumikan Pendidikan Nilai, Mengumpulka yang terserak, Menyambung yang terputus dan Menyatukan yang Tercerai. Bandung: Alfabeta, 2008.
Hasil seminar “Pengaruh Gadget Terhadap Perkembangan Anak” pada tanggal 25 September 2016 oleh Suwarsi.
“KPAI Terima Aduan 26 Ribu Kasus Bully Selama 2011-2017”, https://news.detik.com/, pada tanggal 4 Januari 2017 jam 08.00 wib
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
How to Cite
Similar Articles
- Irsyad Zafir Ramadhan, Ali As'ad, Penerapan Pembelajaran Program Kitab Kuning untuk Menguatkan Karakter Religius Peserta Didik di MA Hasyim Asy’ari Bangsri Jepara , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 13 No. 2 (2024): SEPTEMBER
- Ahmad Kholilul Adzim, KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER ANAK BERBASIS KELUARGA ISLAMI ERA SOCIETY 5.0 , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 10 No. 1 (2021): MARET
- Rosidin Rosidin, SIRAH NABAWIYAH DALAM PERSPEKTIF TEORI KEBUTUHAN VERSI DAVID McCLELLAND , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 4 No. 1 (2015): MARET
- Achmad Roziqin, Rosidin, Internalisasi Nilai-Nilai Religius melalui Ektrakurikuler Pramuka di MTs dan MA Hidayatul Mubtadi’in Tasikmadu Malang , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 13 No. 2 (2024): SEPTEMBER
- Ulil Hidayah, LAKU TASAWUF ORANG TUA UNTUK PENCAPAIAN KECERDASAN MORAL DAN SPIRITUAL ANAK , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 9 No. 2 (2020): SEPTEMBER
- Akhmad Said, PROBLEMATIKA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DAN PERGURUAN TINGGI UMUM , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 2 No. 2 (2013): SEPTEMBER
- A. Qomarudin, INOVASI PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM MELALUI PROGRAM UNGGULAN , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 9 No. 2 (2020): SEPTEMBER
- Abdul Hadi, METODE ROSULULLAH SAW TENTANG PENGAJARAN AKHLAQ DALAM KITAB SHAHIH AL-BUKHORI , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 2 No. 1 (2013): MARET
- Rahmatullah Rahmatullah, Akhmad Said, IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER ISLAM DI ERA MILENIAL PADA PONDOK PESANTREN MAHASISWA , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 8 No. 2 (2019): SEPTEMBER
- Rusdiyanto Rusdiyanto, INTEGRASI PENDIDIKAN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP LEMBAGA PENDIDIKAN DI INDONESIA , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 7 No. 1 (2018): MARET
- Misbahul Munir, MEMBINGKAI KEPRIBADIAN ULUL ALBAB GENERASI MILENIAL , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 7 No. 1 (2018): MARET
- Abdul Gafur, Siti Mutholingah, Misbahul Munir, MEMBANGUN SIKAP TOLERAN DAN DEMOKRATIS MELALUI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 10 No. 2 (2021): SEPTEMBER
- Hidayatul Mutmainah, Samsul Arifin, Misbahul Munir, Nilai Kesetaraan Gender dalam Perspektif Islam , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 11 No. 2 (2022): SEPTEMBER
You may also start an advanced similarity search for this article.