EFFECTIVENESS OF THE TAHFIDZ AL-QUR'AN PROGRAM RIGHT BRAIN METHOD ON IMPROVING MI/SD STUDENTS' COGNITIVE LEARNING ACHIEVEMENT / EFEKTIVITAS METODE OTAK KANAN PROGRAM TAHFIDZ AL-QUR'AN TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR KOGNITIF SISWA MI/SD

DOI:

https://doi.org/10.32478/al-mudarris.v6i2.1808

Authors

  • Sigit Dwi Laksana Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Indonesia -  Indonesia
  • Muh. Prio Susilo Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Indonesia -  Indonesia
  • Anip Dwi Saputro Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Indonesia -  Indonesia

Keywords:

Tahfidz Al-Qur’an, Pretasi Belajar, Metode Otak Kanan, Kognitif

Abstract

Program Tahfidz Al-Qur’an menjadi suatu proses pembelajaran yang mengutamakan pencapaian hafalan dari ayat-ayat Al-Qur’an. Semakin banyak hafalan Al-Qur’an dan semakin sempurna hasil hafalan Al-Qur’an memberikan efek positif terhadap meningkat pula konsentrasi dan memaksimalkan fungsi otak. Peningkatan prestasi belajar menjadi ukuran yang digunakan melihat berhasil tidaknya dalam proses belajar mengajar pada suatu sekolah atau madrasah. Peningkatn belajar yang diharapkan dapat dicapai dalam proses belajar mengajar ini adalah pada lingkup prestsi belajar kognitif, prestasi belajar afektif ataupun prestasi belajar psikomotorik. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan sistim penyebaran angket dan hasil dari penilaian agket di hitung menggunkan program SPSS untuk mengetahui apakah program Tahfidz Al-Qur’an meberikan pengaruh terhadap peningkatan prestasi belajar siswa pada lingkup prestasi belajar kognitif. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah siswa-siswi MI Muhamadiyah 2 Ponorogo. Hasil penelitian ini menunjukkan uji T table didapatkan nilai variable Program tahfidz al-qur’an (X)  dengan nilai signifikasi 0,000 lebih kecil dari 0,05 atau T hitung  sebesar 4,179 lebih besar dari T tabel dengan nilai sebesar 1.697. Maka Hipotesis nihil (H0) ditolak dan Hipotesis Alternatif (Ha) di terima serta dapat dijelaskan bahwasanya ada pengaruh yang signifikan antara variable program tahfidz al-qur’an (X) dengan variable peningkatan prestasi belajar peserta didik (Y). Hal ini memberikan hasil yang positif terhadap peningkatan prestsi belajar siswa pada lingkup prestasi belajar kognitif siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta.

Djamion, D. A. (2019). Pengaruh Kegiatan tahfidzul Qur’n Terhadap prestasi Belajar IPA Pada Siswa mts Muhammadiyah Jayapura. Jurnal Pendidikan, 9(1), 116–126.

Dwiyanti, D., Ali, M., & Marmawi, R. (2016). PENERAPAN METODE WAFA DALAM PEMBELAJARAN PENGENALAN AL-QUR ’ AN PADA ANAK KELOMPOK A TKIT AL-MUMTAZ PONTIANAK. 1–8.

Muawanah, S., Said, A., Furqoni, R., Muzayanah, U., & Mustolehudin. (2022).

Evaluating Mandatory Tahfȋẓ Quran Program Implementation At Madrasah. Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 239–254. https://doi.org/10.15575/jpi.v8i2.20330

Nafiati, D. A. (2021). Revisi taksonomi Bloom: Kognitif, afektif, dan psikomotorik. Humanika, 21(2), 151–172. https://doi.org/10.21831/hum.v21i2.29252

Oflaz, M. (2011). The effect of right and left brain dominance in language learning. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 15, 1507–1513. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.03.320

Paramita, R. W. D., Rizal, N., & Sulistyan, R. B. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif. Pandiva Buku.

Sappaile, B. I. (2010). Konsep Penelitian Ex-Post Facto. Jurnal Pendidikan Matematika, 1, 105–113.

Siswanto, H., & Izza, D. L. (2018). Hubungan Kemampuan Menghafal Al Qur’an dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar PAI Siswa Madrasah Aliyah Al Fathimiyah Banjarwati Paciran Lamongan. Darajat: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 78 – 94–78 – 94.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.

Sukendra, I. K. I. K. S. A. (2020). Instrumen Penelitian. In Journal Academia.

Syafi’i, A., Marfiyanto, T., & Rodiyah, S. K. (2018). Studi Tentang Prestasi Belajar Siswa Dalam Berbagai Aspek Dan Faktor Yang Mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 115. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.114

Zaluchu, S. E. (2020). Strategi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif Di Dalam Penelitian Agama. Evangelikal: Jurnal Teologi Injili Dan Pembinaan Warga Jemaat, 4(1), 28. https://doi.org/10.46445/ejti.v4i1.167

Downloads

Published

2023-10-30

Issue

Section

Original Research Article

How to Cite

EFFECTIVENESS OF THE TAHFIDZ AL-QUR’AN PROGRAM RIGHT BRAIN METHOD ON IMPROVING MI/SD STUDENTS’ COGNITIVE LEARNING ACHIEVEMENT / EFEKTIVITAS METODE OTAK KANAN PROGRAM TAHFIDZ AL-QUR’AN TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR KOGNITIF SISWA MI/SD. (2023). Al-Mudarris: Journal Of Education, 6(2), 151-159. https://doi.org/10.32478/al-mudarris.v6i2.1808

Similar Articles

71-80 of 81

You may also start an advanced similarity search for this article.