Development of Ispring Learning Media to Improve Student's Curiosity Character in STEM-Based Science Learning / Pengembangan Media Pembelajaran Ispring untuk Meningkatkan Karakter Rasa Ingin Tahu Siswa Pada Pembelajaran IPA Berbasis STEM

Kafa Sakinah(1), Retno Triwoelandari(2), Muhammad Fahri(3),
(1) PGMI, UNIVERSITAS IBN KHALDUN, Indonesia
(2) PGMI, UNIVERSITAS IBN KHALDUN, Indonesia
(3) PGMI, UNIVERSITAS IBN KHALDUN, Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2020 Al-Mudarris: Journal Of Education

: https://doi.org/10.32478/al-mudarris.v3i2.499

Full Text:    /  Language : en
Submitted : 2020-09-17
Published : 2020-10-31

Abstract


The purpose of this study was to determine the feasibility, of ispring learning media in STEM-based science learning, to improve the character of student curiosity. This type of research is research and development Research and Development. Research and Development (R&D) with the ASSURE research model. Research instruments in the form of questionnaires and observation sheets. The results of this study obtained a percentage of the fesibility of the material aspect of 84.7% with the very valid category, the language aspect obtained by 84.2% with the very valid category, and the design aspect obtained by 75% with the valid category. So it can be concluded that the ispring learning media in STEM-based science learning to improve the character of student curiosity is feasible to use.


Keywords


Media Ispring, Science, STEM, Curiosity

References


Alfiandra, Mulyadi. (2016). Pengembangan Produk Pembelajaran Melalui Media Ispring Pada Mata pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan (PPKn) Di SMK Negeri 2 Palembang. Jurnal Bhinneka Tunggal Ika, 1-11.

Afriana, Permanasari & Fitriani. (2016). Penerapan Project Based Learning Terintegrasi STEM untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Ditinjau dari Gender. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 202-212.

Arsyad. (2017). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Asmoro, Mukti. (2019). Peningkatan Rasa Ingin Tahu Ilmu Pengetahuan Alam, Melalui Model Contextual Teaching And Learning Pada siswa Kelas Va Sekolah Dasar Negeri Karangroto 02. Jurnal Abdau, 155-142.

Elpira, Ghufron. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Powerpoint Terhadap Minat Dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 95-103.

Fardani. (2018). Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Islam Untuk Siswa SD Solusi Bagi Problematika Pendidikan Sekolah Dasar Islam Terpadu di Era Modern. Al-Mudarris, 88-99.

Fathurrahman. (2017). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: PT Refika Aditama.

Febrianshari, Kusuma & Jayanti. (2018). Analisis Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Pembuatan Dompet Punch Zaman Now. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan SD, 88-95.

Handayani, Awaludins. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbantu Software Ispring Terhadap Retensi Mahasiswa pada Konsep Kulkulus II. Arithmetic, 89-98.

Julaiha. (2014). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran. Dinamika Ilmu, 226-238.

Koriaty, A. (2016). Pengembangan Model Pembelajaran Game Edukasi Untuk Meningkatkan Minat Siswa Kelas X TKJ SMK Negeri 7 Pontianak. Jurnal Edukasi , 277-288.

Kurniawan. (2013). Integrasi Pendidikan Karakter ke dalam Pembelajaran Kewarganegaraan di Sekolah Dasar . Jurnal Pemikiran dan Pengembangan SD, 37-45.

Kusmarni. (2017). Menumbuhkan Karakter Rasa Ingin Tahu Siswa Dalam Pembelajaran Sejarah Melalui Media Puzzle. Factum, 230-242.

Mahnun. (2012). Media Pembelajaran (Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran). Jurnal Pemikiran Islam, 27-33.

Martiningsih. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Himpunan Dengan Menggunakan Aplikasi Ispring Suite 8. Jurnal Teknodik, 1-13.

Maryana, Suaedi & Nurdi. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Powerpoint Dan Ispring Quizmaker Pada Materi Teorema Pythagoras. Proximal, 53-61.

Purnama. (2013). Metode Penelitian Dan Pengembangan (Pengenalan untuk Mengembangkan Produk Pembelajaran Bahasa Arab). LITERASI, 19-32.

Rahmatina, Jannah & Anisa. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Science, Technology, Engeneering, and Mathematics (STEM) di SMA/MA. Jurnal Phi, 27-34.

Ramadhani, Fatmawati & Oktarika. (2019). Pelatihan Pembuatan Media Evaluasi Dengan Menggunakan Ispring Di Sma Wisuda Kota Pontianak. GERVASI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 24-33.

Ramadhani, Fatmawati & Oktarika. (2019). Pelatihan Pembuatan Media Evaluasi Dengan Menggunakan Ispring Di SMA Wisuda Kota Pontianak. GERVASI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 24-33.

Safiq, Salamah. (2019). Relevansi Pemikiran Mahmud Yunus Dalam Kitab At-tarbiyyah Wa At-ta'lim dengan Kompetensi Guru (Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005). Al-Mudarris, 224-242.

Sastrakusumah, Suherman & Darmawan. (2018). Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Berbantuan Aplikasi Ispring Presenter Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. JTEP-Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, 462-485.

Sukmana. (2017). Pendekatan Science, Technology, Engineering And Mathematics (Stem) Sebagai Alternatifdalam Mengembangkan Minat Belajar Peserta Didik. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 191-199.

Sulthon. (2016). Pembelajaran IPA yang Efektif dan Menyenangkan Bagi Siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI). Elementary, 1-17.

Susilana, Riyana. (2014). Media pembelajaran Hakikat, Pengembangan, Pemanfaat, dan Penilaian. Bandung: CV Wacana Prima.

Suwaid. (2010). Prophetic Parenting Cara Nabi Mendidik Anak. Yogyakarta: Pro-U Media.

Utami, Septianto & Suryana. (2017). Pengembangan Stem-A (Science, Technology, Engineering, Mathematic And Animation) Berbasis Kearifan Lokal Dalam Pembelajaran Fisika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi, 68-73.

Yulianto. (2018). Konsep Eksplorasi Kitab Tahriru al-Maqol Fi Adabi Wa Ahkami Wa Fawa'idu Yahtaju Ilaiha Mu'addibu al-atfal. Al-Mudarris, 39-54.

Yuniasih, Aini & Widowati. (2018). Pengembangan Media Interaktif Berbasis Ispring Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas V Di SDN Ciptomulyo 3 Kota Malang. http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/jrnspirasi, 85-94.

Zainiyati. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis ICT Konsep dan Aplikasi pada Pembelajaran Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.


Article Metrics

 Abstract Views : 261 times
 PDF Downloaded : 77 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.