MANAJEMEN PEMBINAAN KARAKTER DISIPLIN SANTRIWATI DI PONDOK PESANTREN MIFTAHUL QULUB POLAGAN PAMEKASAN
DOI:

Keywords:
manajemen pembinaan karakter disiplin, santriwati, pondok pesantrenAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pengasuh dan pengurus dalam merencanakan, mengorganisasikan, melaksanakan dan mengevaluasi pembinaan karakter disiplin santriwati. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan dilaksanakan di Pondok Pesantren Miftahul Qulub Polagan Pamekasan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan pembinaan karakter disiplin santriwati yaitu membuat peraturan atau tata tertib kedisiplinan santriwati dan membuat atau menyusun pedoman pelanggaran beserta hukumannya diberikan kepada santriwati yang melanggar. Dalam pembinaan karakter disiplin santriwati sudah dibentuk struktur dan yang mengendalikan yaitu para pengurus dan pengasuh. Pelaksanaan pembinaan katrakter disiplin santriwati dilakukan dengan pembiasaan dan keteladanan yang baik dari pengasuh dan para pengurus, pemberian motivasi dan nasihat dari pengasuh dan para pengurus kepada santriwati, pemberian keputusan kepada para pelanggar aturan dengan hukuman atau sanksi, evaluasinya dilakukan dengan cara rapat bersama pengurus yang dilaksanakan secara bertahap yaitu setiap minggu sekali.
Downloads
References
Amtu, Onisimus. (2011). Manajemen Pendidikan di Era Otonomi Daerah. Bandung: Alfabeta.
Andriany, Debby. (2010). Manajemen Peserta Didik Sekolah Plus: Konsep, Strategi dan Implementasi. Jakarta: Mitra Wicana Media.
Atiqullah, Z. H., Nurhadi, A., & Wahyudi, K. (2021). DIMENSI TRANSENDENSI PROPHETIC LEADERSHIP. Duta Media Publishing.
Azmi, AF, Fachrur Razi Amir dan Radif Khotamir Rusli.( 2016) “Manajemen Pembinaan Santri Melalui Kegiatan Organisasi Ikatan Santri Tarbiyatul Huda Bogor.” Ta’dibi 5, no. 1 (April, 2016). http://ojs.unida.ac.id/JTM/article/view/422.
Badrudin. (2014). Manajemen Peserta Didik. Jakarta Barat: Permata Putri Media.
Dwi Ari Sandy, Setiawan. (2020) “Manajemen Pembinaan Disiplin Peserta Didik.” Muntazam: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 1, no. 1 (Desember, 2020). https://journal.unsika.ac.id/index.php/muntazam/article/view/4017/2330.
Fatah, Nanang. (2004) Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Kurniadin, Didin dan Imam Machali. (2012). Manajemen Pendidikan Konsep dan Prinsip Pengelolaan Pendidikan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Mulyasa, E. (2014) Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.
Mustajab. (2018). Pengembangan Kurikulum Pesantren: Analisis Pemikiran Pendidikan Nurcholish Madjid. Malang: CV Literasi Nusantara Abadi.
Ningsih, F., & Rijal, A. S. (2021). IMPLEMENTASI MANAJEMEN PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA MELALUI PROGRAM SKUA DI MA UMMUL QURO PUTRI PAMEKASAN. Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 191-203.
Nurhadi, Ali. (2007). Pengaruh Perilaku Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Disiplin Kerja Guru SDN di Kabupaten Sampang.Tesis. Surabaya: Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Surabaya. Ok 5
Nurhadi, Ali. (2015). Manajemen pengembangan pendidik dan tenaga kependidikan pada perguruan tinggi swasta (studi multi situs di STKIP PGRI Bangkalan, STKIP PGRI Sampang, dan STKIP PGRI Sumenep, Madura) (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).
Nurhadi, Ali, Novela Angga Pratiwi, dan Badrus Soleh. (2021). “PENARIKAN MINAT MASYARAKAT SEBAGAI WUJUD STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MEMBANGUN CITRA POSITIF LEMBAGA DI SMA WACHID HASYIM PAMEKASAN”. Re-JIEM (Jurnal Riset Manajemen Pendidikan Islam) 4 (2), 206-18. https://doi.org/10.19105/re-jiem.v4i2.5847.
Nurkholifah, Istikhomah. (2018). “Penerapan Sikap Disiplin pada Santri dan Santriwati di Pondok Pesantren.” Jurnal Kewarganegaraan, 2, no. 2 (Desember, 2018). https://journal.upy.ac.id/index.php/pkn/article/view/1296.
Rofiatun dan Mohammad Thoha. (2019). “Manajemen Pembinaan Kedispilinan Santri dalam Mengikuti Kegiatan Keagamaan di Pondok Pesantren Nurus Shibyan Ambat Tlanakan Pamekasan.” re-JIEM, 2, no. 2 (Desember 2019).http://ejournal.iainmadura.ac.id/index.php/re-jiem/article/view/2937.
Sa’adah, Ummi. (2017) “Hukuman dan Implikasinya Terhadap Pembentukan Kedisiplinan Santri di Pondok Pesantren.” Jurnal Pedagogik, 04, no. 01 (Januari-Juni, 2017). https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/pedagogik/article/view/6.
Sali, Muhammad. (2018). Mendisiplinkan Santri. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
How to Cite
Similar Articles
- Acep Husni Mubarok, Iwan Sopwandin, Ara Hidayat, MANAJEMEN PEMBIAYAAN OPERASIONAL BOARDING SCHOOL PUTRA DARUL HIKAM DAGO GIRI BANDUNG , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 5 No. 2 (2021): EVALUASI: Edisi SEPTEMBER
- Ainur Rahman, Sedya Santosa, Nora Saiva Jannana, PENERAPAN E-LEARNING DALAM PEMBELAJARAN DARING DI PRODI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 6 No. 2 (2022): SEPTEMBER
- Firdaus Ainul Yaqin, Umi Sumbullah, Ainur Rofiq, MANAJEMEN PEMBIAYAAN PENDIDIKAN DITINJAU TAFSIR DAN HADITS TEMATIK , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 5 No. 2 (2021): EVALUASI: Edisi SEPTEMBER
- Ahmad Khoiron Minan, Strategi Pengelolaan Kekayaan Menggunakan Wealth Management Dalam Upaya Mengembangkan Sarana Dan Prasarana Di Pondok Pesantren Sunan Drajat , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 6 No. 1 (2022): EVALUASI- Edisi Maret
- Walid Fajar Antariksa, Abdul Fattah, Mutiara Arlisyah Putri Utami, EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN PESANTREN MAHASISWA MODEL CIPP (CONTEXT, INPUT, PROCESS, PRODUCT) , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 6 No. 1 (2022): EVALUASI- Edisi Maret
- Sundaniawati Safitri, ANALISIS SWOT PONDOK PESANTREN AL-QURAN CIJANTUNG CIAMIS MENGHADAPI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 6 No. 1 (2022): EVALUASI- Edisi Maret
- Ebi Nabilah, Mohamad Erihadiana, TELAAH MANAJEMEN KURIKULUM KHAS SEKOLAH RABBANI DALAM UPAYA MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MANDIRI SISWA , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 6 No. 1 (2022): EVALUASI- Edisi Maret
- Isroqunnajah Isroqunnajah, Alfin Mustikawan, Zainur Rofiq, ANALISIS SISTEM MANAJEMEN LINGKUNGAN UIN MALANG MENUJU GREEN CAMPUS: PERSPEKTIF EMS ISO 14001 , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 6 No. 2 (2022): SEPTEMBER
- Wildan Agus Wicaksono, IMPLEMENTASI CONTINUOUS IMPROVEMENT PADA AKTIVITAS BELAJAR DI PONDOK PESANTREN , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 7 No. 1 (2023): EVALUASI- Edisi Maret
- Maudy Putri Alamanda, Novita Putri Amelia Ramdani, Suci Nur Indah Utami, Ani Nur Aeni, Pengembangan Media Flipbook Animation Untuk Meningkatkan Karakter Siswa Kelas V Sekolah Dasar , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 7 No. 1 (2023): EVALUASI- Edisi Maret
You may also start an advanced similarity search for this article.
Most read articles by the same author(s)
- Mahfida Inayati, Mulyadi Mulyadi, Ali Nurhadi, ANALISIS PENINGKATAN MUTU LEMBAGA PENDIDIKAN PESANTREN MELALUI MANAJEMEN HUMAS , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 7 No. 2 (2023): EVALUASI- Edisi September
- Yunita Kumala Sari, Ach Zahri N.A, Ali Nurhadi, PELAKSANAAN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DALAM MENGEMBANGKAN KOMPETENSI PEDADOGIK GURU DI TKS BUSTANUDDIN GALIS PAMEKASAN , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 9 No. 1 (2025): Evaluasi-Edisi Maret