Tata Kelola Pembiayaan Pendidikan di Pesantren Modern

DOI:

https://doi.org/10.32478/evaluasi.v5i1.544

Authors

Keywords:

Pembiayaan Pendidikan, Pondok Pesantren Modern

Abstract

Tujuan penulisan kajian ini yaitu untuk mengungkap tata kelola pembiayaan di pondok pesantren modern berdasarkan filsafat empiris David Hume dan filsafat positif Auguste Comte. Lokasi kajian yaitu Pesantren Modern Ummul Quro Al-Islami Leuwiliang Bogor. Metode kajian adalah filsafat empiris. Maksud dari kajian ini menggunakan filsafat empiris yaitu kajian ini ditulis berdasarkan pengalaman penulis sebagai sumber dari pengetahuannya yaitu melalui pengamatan/observasi. Hasil kajian ini menunjukkan bahwa tata kelola pembiayaan pendidikan di Pesantren Modern Ummul Quro Al-Islami telah sesuai dengan standar lembaga pendidikan, semua bentuk pengecekan dan pelaporan sudah menggunakan kwitansi sebagai bukti yang valid. Monitoring dan evaluasi pengelolaan anggaran dilaksanakan oleh sekretaris yayasan dan disetujui oleh pimpinan yayasan. Faktor pendukung pembiayaan di Pesantren ini yaitu banyaknya donatur yang secara sukarela menghibahkan sebagian hartanya seperti mobil, gedung dan lain sebagainya sedangkan faktor penghambatnya yaitu banyaknya santri yang kehilangan kwitansi pembayaran spp. Pengelolaan pembiayaan di lembaga pendidikan islam merupakan salah satu hal yang penting, salah satu manfaatnya yaitu meningkatnya efektivitas serta efisiensi pengelolaan keuangan. Jika pengelolaan pembiayaannya tidak dikelola dengan baik maka akan menimbulkan permasalahan yang substansial.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

  • Anisa Wahyuni, Pascasarjana UIN Sunan Gunung Djati Bandung
    Management of Islamic Education
  • M Ihsan Alhusaeni Hijaz, Pascasarjana UIN Sunan Gunung Djati Bandung
    Management of Islamic Education
  • Irawan Irawan, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
    Management of Islamic Education

References

Abdul Tolib. (2015). Pendidikan Di Pondok Pesantren Modern Terpadu. Risalah.

Ara Hidayat, A. S. (2019). Manajemen Sumber Dana dan Alokasi Pembiayaan pada Pesantren Mahasiswa. 3 (2), 120–133.

Arifi, A. (2008). Anggaran Pendidikan dan Mutu Pendidikan (Respon Kebijakan Anggaran Pendidikan 20% dari APBN bagi Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan Madrasah). Jurnal Pendidikan Agama Islam.

Arifin, Z. (2012). Perkembangan Pesantren di Indonesia. Pendidikan Agama Islam.

Azhari, U. L., & Kurniady, D. A. (2016). Manajemen Pembiayaan Pendidikan, Fasilitas Pembelajaran dan Mutu Sekolah. Jurnal Administrasi Pendidikan. https://doi.org/10.17509/jap.v23i2.5631

Badrudin. (2013). Dasar-dasar Manajemen. Bandung: Alfabeta.

Badrudin. (2014). Manajemen Peserta Didik. Jakarta: PT. Indeks.

Bahruni. (2018). Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Bendahara Pesantren. Bogor: Pesantren Ummul Quro Al-Islami.

Fattah, N. (2008). Pembiayaan Pendidikan: Landasan Teori dan Studi Empiris. Jurnal Pendidikan Dasar.

Hamid, H. (2018). Manajemen Berbasis Sekolah. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v1i1.86

Harsono. (2007). Pengelolaan Pembiayaan Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Book Publisher.

Hidayat, A. (2012). Pengelolaan Pendidikan (Konsep, Prinsip, dan Aplikasi dalam Mengelola sekolah dan Madrasah). In Universitas Pendidikan Indonesia.

Irawan. (2019). Filsafat Manajemen Pendidikan Islam . Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Jahari, J., Khoiruddin, H., & Nurjanah, H. (2019). Manajemen Peserta Didik. Jurnal Isema : Islamic Educational Management. https://doi.org/10.15575/isema.v3i2.5009

Masditou. (2017). Manajemen Pembiayaan Pendidikan Menuju Pendidikan Yang Bermutu. Jurnal ANSIRU PAI.

Masyhud, S. (2005). Manajemen Pondok Pesantren. Jakarta: Diva Pustaka.

Menteri Pendidikan Nasional. (2009). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 69 Tahun 2009. Salinan.

Mulyasa, E. (2007). Menjadi Kepala Sekolah yang Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Munir, A. (2013). Manajemen Pembiayaan Pendidikan dalam Perspektif Islam. Jurnal At-Ta’dib.

Nugroho, I. (2016). Positivisme Auguste Comte: Analisa Epistemologis Dan Nilai Etisnya Terhadap Sains. Cakrawala: Jurnal Studi Islam. https://doi.org/10.31603/cakrawala.v11i2.192

Rindawati, S. (2017). Responsibilitas Pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Bengkulu. Sosiohumaniora. https://doi.org/10.24198/sosiohumaniora.v19i2.11200

Sanisah, S. (2015). Kebijakan Pengelolaan Anggaran Pendidikan di Kabupaten Lombok Tengah. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis (JPEB). https://doi.org/10.21009/jpeb.003.1.5

Seran, A. (2014). Masa Depan Filsafat Dalam Era Positivisme Logis. RESPONS.

Suharsaputra, U. (2013). Administrasi Pendidikan. Bandung: Refika Aditama.

UQI, P. (2020). Data Bendahara Umum. Bogor: PM UQI.

UQI, P. (2020). Data Bendahara Pesantren. Bogor: PM UQI

Wahyuni, A. (2020). Instrumen Wawancara bersama Bendahara Pesantren Modern Ummul Quro Al-Islami. Bogor.

Winda, C., Rizal, A. S., & Afriatin, T. S. (2018). Implementasi Manajemen Pendidikan Islam dalam Membina Kepribadian Islami di SMA Islam Terpadu Mifthul Khoir Dago Bandung. TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education. https://doi.org/10.17509/t.v4i2.9482

Downloads

Published

2021-03-12

Issue

Section

Original Research Article

How to Cite

Tata Kelola Pembiayaan Pendidikan di Pesantren Modern. (2021). Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 19-48. https://doi.org/10.32478/evaluasi.v5i1.544

Similar Articles

81-88 of 88

You may also start an advanced similarity search for this article.