PENGUATAN LEMBAGA PESANTREN MELALUI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT, SANTRI DAN ALUMNI PONDOK PESANTREN AL-KHOIROT KARANGSUKO PAGELARAN MALANG
DOI:
https://doi.org/10.32478/evaluasi.v7i2.1847Keywords:
Penguatan lembaga pesantren, pemberdayaan masyarakatAbstract
Pondok Pesantren Al-Khoirot yang berada di Desa Karangsuko Kecamatan Pegelaran Kabupaten Malang merupakan lembaga pendidikan yang berhaluan Ahlussunnah Wal Jamaah An-Nahdliyah dan melaksanakan pendidikan dengan perpaduan antara salaf dan modern. Pondok Pesantren Al-Khoirot melakukan penguatan kelembagaan melalui beberapa aspek, diantaranya adalah dengan mendirikan madrasah diniyah, madrasah tsanawiyah, madrasah aliyah, taman pendidikan al-Qur’an, koperasi syariah ikmal dan ikatan keluarga ma’had Al-Khoirot yang di dalamnya terdapat beberapa divisi seperti pendidikan, ekonomi dan pembangunan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan bagaimana penguatan lembaga pesantren melalui pemberdayaan masyarakat, santri dan alumni Pondok Pesantren Al-Khoirot Karangsuko Pagelaran Malang, dengan sub fokus mencakup: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) evaluasi.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penguatan lembaga pesantren melalui pemberdayaan masyarakat, santri dan alumni Pondok Pesantren Al-Khoirot dilaksanakan dengan berlandaskan para perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Perencanaan disusun setiap awal tahun atau ajaran baru yang berlandaskan hasil evaluasi kerja tahunan, hasil dari perencanaan kerja dilaksanakan dalam bentuk aksi yang memperhatikan hasil perencanaan dan dievaluasi setiap semester dan satu tahun satu kali bersama dengan masing-masing lembaga yang berada di bawah naungan yayasan Pondok Pesantren Al-Khoirot.
Kata kunci: Penguatan lembaga pesantren, pemberdayaan masyarakat
Downloads
References
Abdul Aziz Al-Fauzan (2007), Fikih Sosial Tuntunan dan Etika Hidup Bermasyarakat (Jakarta Timur: Qisthi Press),
Achmad Saeful & Sri Ramdhayanti, (2020) konsep pemberdayaan Masyarakat dalam islam. SYAR’IE, Vol. 3
Amka, (2021), Manajemen dan Administrasi Sekolah, Nizamia Learning Center, Sidoarjo.
Arifin, Z. (2019) Evaluasi Program. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Asep Dawami, (2022) Pemberdayaan Alumni Terhadap Peningkatan Mutu Sumber Daya Manusia di Pesantren Al Binaa. Idarah Tarbawiyah: Journal of Management in Islamic Education. Vol. 3, No. 2,
Badrudin, (2014). Manajemen Peserta Didik. Jakarta: PT. Indeks.
Bogdan, Robert & Sari Knopp Biklen, (1982), Penelitian Kualitatif untuk Pendidikan: Pengantar Teori dan Metode, (Boston: Allyn & Bacon Inc)
Hadari Nawawi, (2003), Manajemen Sumber Daya Manusia, (Yogyakarta: Gadjah Mada University Press),
M. Karebet W & M. Ismail Yusanto, (2002), Pengantar Manajemen Syariat, (Jakarta: Gramedia,).
Masykur Hakim & Tanu Widjaya, (2003), Model Masyarkat Madani (Jakarta: Intimedia Cipta Grafika),
Milles, Matthew B., Michael Huberman& Johnny Saldana, (2014), Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Metode, Sage Publications Inc,
Minarti, S. (2012). Manajemen sekolah. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Munir Yusuf (2018). Pengantar Ilmu Pendidikan, Lembaga Penerbit Kampus IAIN Palopo.
Notoatmodjo, S. (2003). Pengembangan sumber daya manusia. Jakarta: Rineka Cipta.
Susanto Nugroho dan Lismadiana, (2016). Manajemen Program Latihan Sekolah Sepakbola (SSB) Gajah Mada (GAMA) Yogyakarta. Jurnal Keolahragaan. 4 (1).
Taufiqurokhman, (2008), Konsep Dan Kajian Ilmu Perencanaan. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Prof. Dr. Moestopo Beragama.
Undang-undang Nomor 18 Tahun 2019 tentang Pesantren
Wawancara dengan KH. Ahmad Fatih Syuhud selaku Pengasuh Pondok Pesantren Al-Khoirot, Hari Senin 5 Juni 2023
Wawancara dengan Nasiruddin selaku ketua ikatan keluarga ma’had Al-Khoirot, Hari Senin 12 Juni 2023
Wawancara dengan Syamsul Huda selaku kepala Madrasah Diniyah Al-Khoirot, Hari Kamis 8 Juni 2023
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
How to Cite
Similar Articles
- Ahmad Khoiron Minan, Strategi Pengelolaan Kekayaan Menggunakan Wealth Management Dalam Upaya Mengembangkan Sarana Dan Prasarana Di Pondok Pesantren Sunan Drajat , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 6 No. 1 (2022): EVALUASI- Edisi Maret
- Dicky Artanto, Zainal Arifin, Diningrum Citraningsih, STRATEGI KEPEMIMPINAN PROFETIK DALAM MENGELOLA LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM DI MASA KRISIS , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 6 No. 1 (2022): EVALUASI- Edisi Maret
- Walid Fajar Antariksa, Abdul Fattah, Mutiara Arlisyah Putri Utami, EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN PESANTREN MAHASISWA MODEL CIPP (CONTEXT, INPUT, PROCESS, PRODUCT) , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 6 No. 1 (2022): EVALUASI- Edisi Maret
- Sundaniawati Safitri, ANALISIS SWOT PONDOK PESANTREN AL-QURAN CIJANTUNG CIAMIS MENGHADAPI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 6 No. 1 (2022): EVALUASI- Edisi Maret
- mayana ratih permatasari, BRANDING IMAGE STRATEGY PESANTREN SALAF WALISONGO SRAGEN DI ERA DISRUPSI; SEBUAH PERGESERAN PARADIGMA LEMBAGA , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 7 No. 1 (2023): EVALUASI- Edisi Maret
- ali nurhadi, Dewi Ulandari, MANAJEMEN PEMBINAAN KARAKTER DISIPLIN SANTRIWATI DI PONDOK PESANTREN MIFTAHUL QULUB POLAGAN PAMEKASAN , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 6 No. 2 (2022): SEPTEMBER
- Wildan Agus Wicaksono, IMPLEMENTASI CONTINUOUS IMPROVEMENT PADA AKTIVITAS BELAJAR DI PONDOK PESANTREN , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 7 No. 1 (2023): EVALUASI- Edisi Maret
You may also start an advanced similarity search for this article.