MANAJEMEN GURU ERA OTONOMI DAERAH
DOI:
https://doi.org/10.32478/evaluasi.v1i2.72Keywords:
Manajemen guru, rekrutmen, induksi, kesejahteraan, dan pengembangan profesi.Abstract
Guru adalah salah satu faktor yang sangat penting yang mempengaruhi kualitas pendidikan secara umum dan secara khusus prestasi peserta didik. Pendidikan yang berkualitas hanya akan dapat diwujudkan jika tersedia guru yang berkualitas. Untuk mewujudkan guru yang berkualitas diperlukan manajemen guru yang efektif mulai dari pengangkatan, penempatan, induksi, kesejahteraan, dan pengembangan profesi guru.
Metode analisis dilakukan dengan membandingkan manajemen guru yang telah dilakukan selama ini dengan manajemen guru yang ideal. Dengan demikian dapat diketahui perbedaannya yang selanjutnya diberikan saran-saran pemecahannya.
Kenyataannya manajemen guru di Indonesia dari waktu-kewaktu semakin tidak efektif. Manajemen guru banyak dipengaruhi oleh politik lokal dan sering dipolitisasi oleh penguasa. Manajemen guru belum dilaksanakan secara partisipatif, transparan, dan akuntabel. Oleh karena itu diperlukan perubahan yang mendasar dalam manajemen guru yang dimulai dari perubahan undang-undang dan peraturan pemerintah.
Downloads
References
Barber, M dan Mourshed, M. 2007. How The World’s Best-Performing School Systems Come Out On Top. No city: McKinsey & Company.
Buss, T and Bell, L. (editors). 2002. The Principles and Practice of Educational Management. London: Paul Chapman Publishing.
Chang, M.C. 2010. Supporting Teacher Reform in Indonesia (Presentasi). Jakarta: Kongres Guru Indonesia 2010.
Danim, S. 2011. Pengembangan Profesi Guru: Dari Prajabatan, Induksi, Ke Profesional Madani. Jakarta: Kencana.
Heck, S.F dan Williams C.R. 1984. The Complex Roles of Teacher: An Ecological Perspective. New York: Teacher College Press.
Jalal, F. Dan Supriyadi D. 2001. Reformasi Pendidikan Dalam Konteks Otonomi Daerah. Yogyakarta: Adicita.
Jawa Pos. 10 April 2012. Sebelas Daerah Terancam Kolaps.
Jawa Pos. 11 April 2012. Daerah Bangkrut Dilikuidasi.
Kartono, K. 1997. Tinjauan Politik Sistem Pendidikan Nasional: Beberapa Kritik dan Solusi. Jakarta: PT. Pradnya Paramita.
Kedaulatan Rakyat, 25 April 2012. Sistem Rekrutment Guru Diperharui.
Kompas. 1 Mei 2012. Peningkatan Kualitas Guru Butuh Jawaban.
Kompas. 1 Juni 2012. Kuota LPTK Dibatasi.
Kydd, L.; Crawford,M.; Riches, C (editors). 1997. Professional Development for Educational Management. Buckingham: Open University Press.
Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 27 Tahun 2010 tentang Program Induksi Bagi Guru Pemula.
Peraturan Pemerintah Nomor 37 Tahun 2008 tentang Pembagian Urusan Antara Pemerintah, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota.
Peraturan Pemerintah RI Nomor 74 tahun 2008 tentang Guru.
Rampell, C. 2009. Teacher Pay Arround The Word. Internet.
Rohman, A. 2009. Politik Ideologi Pendidikan. Yogyakarta: Laksbang Mediatama Yogyakarta.
Suyanto dan Hisyam, D. 2000. Refleksi dan Reformasi Pendidikan Di Indonesia Memasuki Milenium III. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa.
Tilaar, H.A.R. 1999. Beberapa Agenda Reformasi Pendidikan Nasional Dalam Perspektif Abad 21. Magelang: Indonesia Tera.
Tilaar, H.A.R. 2002. Soedijarto. Rekrutmen, Pendidikan, dan Penempatan, serta Pembinaan Guru untuk Menunjang Pendidikan yang Relevan dan Bermudu. Pendidikan Untuk Masyarakat Indonesia Baru: 70 Tahun Prof. Dr. H.A.R. Tilaar, MSc.Ed. Jakarta: Grasindo.
Tilaar, H.A.R. 2009. Kekuasaan dan Pendidikan: Manajemen Pendidikan Nasional Dalam Pusaran Kekuasaan. Jakarta: Rineka Cipta.
Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
How to Cite
Similar Articles
- Nur 'Azah, MANAJEMEN MAHASANTRI UNTUK MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN MA’HAD ALY , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 7 No. 1 (2023): EVALUASI- Edisi Maret
- Mu'tasim Billah, PENGEMBANGAN VARIASI MENGAJAR GURU DI MADRASAH TSANAWIYAH ATTARAQQIE MALANG , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 6 No. 2 (2022): SEPTEMBER
- Arika Oernika Mahanani, Sulistyorini Sulistyorini, MANAJEMEN KURIKULUM TERPADU; Studi tentang Penerapan Model Kurikulum Kulliyatul Mu’allimin al-Islamiyah (KMI) dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MA Al-Rosyid Bojonegoro , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 7 No. 2 (2023): EVALUASI- Edisi September
- Mahfida Inayati, Mulyadi Mulyadi, Ali Nurhadi, ANALISIS PENINGKATAN MUTU LEMBAGA PENDIDIKAN PESANTREN MELALUI MANAJEMEN HUMAS , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 7 No. 2 (2023): EVALUASI- Edisi September
- Hermon Susanto, MANAJEMEN PONDOK PESANTREN DALAM MENGEMBANGKAN KEWIRAUSAHAAN BERBASIS AGROBISNIS DI PONDOK PESANTREN DARUL AUFA , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 5 No. 2 (2021): EVALUASI: Edisi SEPTEMBER
- M Arief Affandi, Abdul Malik Karim Amrullah, Muhammad In'am Esha, Administrasi Pendidikan Islam dan Seni Mengelolanya , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 6 No. 1 (2022): EVALUASI- Edisi Maret
- Hamengkubuwono Hamengkubuwono, Eli Susanti, Hambatan Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah di SMAN 8 Rejang Lebong , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 5 No. 2 (2021): EVALUASI: Edisi SEPTEMBER
- Muhammad Syauqillah, Muhammad Zaironi, Ida Fitri Anggarini, PENGUATAN LEMBAGA PESANTREN MELALUI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT, SANTRI DAN ALUMNI PONDOK PESANTREN AL-KHOIROT KARANGSUKO PAGELARAN MALANG , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 7 No. 2 (2023): EVALUASI- Edisi September
- Siti Makhmudah, Pendidik dan upaya manajemen formulasi lembaga pendidikan Islam yang kreatif menghadapi masa pandemi covid-19 , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 5 No. 2 (2021): EVALUASI: Edisi SEPTEMBER
- Muhammad Haekal, ASPEK SUSTAINABILITAS DI PERGURUAN TINGGI ISLAM: ANTARA KONSEP DAN PRAKTIK KEPEMIMPINAN BERKELANJUTAN , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 5 No. 2 (2021): EVALUASI: Edisi SEPTEMBER
You may also start an advanced similarity search for this article.