Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Melestarikan Budaya Mutu Sekolah

DOI:

https://doi.org/10.32478/evaluasi.v2i1.77

Authors

Keywords:

Kepemimpinan, kepala sekolah, Melestarikan budaya mutu.

Abstract

Bertolak pada Peraturan Menteri pendidikan Nasional, no 28 tahun 2010, tentang penugasan kepala sekolah bahwa kepala sekolah berfungsi sebagai leader dan manajer di sekolah yang mempunyai peran penting dalam mewujudkan visi dan misi sekolah. Hal ini sesuai dengan peraturan Menteri Pendidikan Nasional dimana kepala sekolah adalah seorang guru yang diberikan tugas tambahan sebagai kepala sekolah atau madrasah untuk memimpin dan mengelola sekolah atau madrasah dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan. Mengelola sekolah atau madrasah memerlukan model dan gaya kepemimpinan. Model dan gaya kepemimpinan kepala sekolah bukanlah suatu kebetulan, akan tetapi ada nilai-nilai yang mendasarinya. yaitu dimensi soft yang mempengaruhi terhadap kinerja individu dan mutu, yaitu nilai-nilai (values), keyakinan (belief), norma, budaya mutu (culture) pembentuk budaya mutu sekolah merupakan perpaduan nilai-nilai, keyakinan, asumsi, pemahaman, dan harapan yang diyakini oleh warga sekolah serta dijadikan pedoman bagi perilaku dan pemecahan masalah internal dan eksternal yang mereka hadapi dan merupakan dasar dan landasan bagi perubahan dalam hidup pribadi atau kelompok.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Barnawi, Sistem Penjaminan Mutu pendidikan Teori dan Praktik, (Yogyakarta: Arruz Media, 2017).

Benyamin Situmorang, Influence of organizational culture, leadership, interpersonal Communication, and job satisfaction to organizational commitment of school principals, (artikel yang dikeluarkan oleh Universitas Negeri Medan).

D Katz, & Kahn, R. L, The Social Psychology of Organizations (2nd ed) (New York: John Wiley, 1978.

E. Mulyasa, Menjadi Kepala Sekolah Profesional; Dalam Konteks Menyukseskan MBS dan KBK, PT. Remaja Rosda Karya, Bandung, 2005.

Eko Djatmiko,The Effect of the Principal's Leadership and Facilities on the Teacher’s Performance of State Junior High Schools of Semarang Municipality, (jurnal Fokus Ekonomi Vol. 1 No. 2 Desember 2006 : 19 ­ 30, ISSN : 1907­6304).

Eko Djatmiko,The Effect of the Principal's Leadership and Facilities on the Teacher’s Performance of State Junior High Schools of Semarang Municipality, (jurnal Fokus Ekonomi Vol. 1 No. 2 Desember 2006 : 19 ­ 30, ISSN : 1907­6304).

Hemphill, J.K., & Coons, A.E., "Development of The Leader Behavior Description Questionnaire", In R.M.Stogdill & A.E.Coons (Eds), Leader behavior: Its Description and Measurement (Columbus: Bureau of Business Research, Ohio state University, 1957).

Ida Ayu Brahmasari dan Agus Suprayetno, Pengaruh Motivasi Kerja, Kepemimpinan dan Budaya Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan serta Dampaknya pada Kinerja Perusahaan, (jurnal manajemen dan kewirausahaan, vol.10, no. 2, September 2008: 124-135, Pasca Sarjana Universitas 17 Agustus Surabaya).

J.R. Harrison dan G.R.Carrol, Keeping the Faith: A model of Cultural Transmission in Formal Organizations, Administrative Science Quarterly, Desember 1991.

Kartini Kartono, Pemimpin dan Kepemimpinan, (Jakarta: Rajawali, 1990).

Ma’mur Daud, Terjemah Hadits Shahih Muslim, (Jakarta: Widjaya, 1993), hlm. 14 dan bisa dilihat http://www.nabulsi.com/blue/ar/art.php?art=3468&id=104&sid=111&ssid=780&sssid=784. Diakses tgl 16-12-2015

Made Pidarta, Peranan Kepala Sekolah Pada Pendidikan Dasar, PT. Grasindo, Jakarta, 1995.

Mardiyah, Kepemimpinan Kiai Dalam Memelihara Budaya Organisasi (Tlogomas Malang, Aditya Media Publishing, 2013).

Mohyi, Teori dan Perilaku Organisasi, 1999. UMM Press; Malang.

Muchlis Fahrudin, jurnal of Islamic education, issn 2036-5902, edisi Juli-Desember 2014, budaya organisasi teori dan praktek dalam kehidupan organisasi, pengalaman budaya organisasi religious UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Muhaimin, Rekontruksi Pendidikan Islam dari Paradigma Pengembangan Manajemen Kelembagaan Kurikulum hingga StrategiPembelajaran, (PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2009).

Muhammad Syafii Antonio, Ensiklopedia PROLIM Prophetic Leadership and Management Widom, (Jakarta Selatan, Tazkia Publishing, 2013).

Peraturan Menteri pendidikan Nasional, no 28 tahun 2010, tentang penugasan kepala sekolah bagian A.

R. J House, A theory of Charismatic Leadership. In J. G Hunt and L. L. Larson (Eds), Leadership: The cutting edge (Carbondale: Southern Illinois University Press 1976).

Robbins Stephen P., Organiztional Behavior (san dieago state university: Person education international, 2003) Hlm 178 dan http://edwinhafidz.blogspot.co.id/2012/10/budaya-organisasi.html. Diakses tgl 2 desember 2015

Standar Kompetensi Kepala sekolah, peraturan menteri pendidikan nasional Republik Indonesia nomor 13 tahun 2007, Tanggal 17 April 2007. Dan peraturan menteri pendidikan nasional nomor 28 tahun 2010 tentang penugasan guru sebagai kepala sekolah atau madrasah bab 1 ketentuan umum pasal 1 ayat 5.

Stephen P Robbins, Organizational Behavior (Mexico: Prentice Hall, 2003).

Stephen P. Robbins, Organiztional Behavior (Mexico: Prenticel Hall, 1995).

Thomas Stefanus Kaihatu dan Wahju Astjarjo Rini, Kepemimpinan Transformasional dan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan atas Kualitas Kehidupan Kerja, Komitmen Organisasi, dan Perilaku Ekstra Peran: Studi pada Guru-Guru SMU di Kota Surabaya, (jurnal manajemen dan kewirausahan, vol.98, no. 1, mret 2007: 49-61).

Ulrich Jick dan Van Glinow M.A, Hing Impac Learning: Building and Diffusing Learning Capability, Organizational Dynamics, 1998.

Downloads

Published

2018-04-09

Issue

Section

Original Research Article

How to Cite

Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Melestarikan Budaya Mutu Sekolah. (2018). Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 257-273. https://doi.org/10.32478/evaluasi.v2i1.77

Similar Articles

41-50 of 57

You may also start an advanced similarity search for this article.