STUDI EVALUATIF TENTANG KEBERADAAN SEKOLAH PROGRAM BAKAT ISTIMEWA DI MTsN MALANG III BERDASARKAN 8 STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN TINGKAT SMP/MTS

DOI:

https://doi.org/10.32478/evaluasi.v2i1.81

Authors

Keywords:

Program bakat istimewa, Standar nasional pendidikan.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara jelas tentang keberadaan sekolah program bakat istimewa dengan cara menganalisis standar kompetensi lulusan, standar isi, standar proses, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolahan, standar pembiayaan, dan standar penilaian pendidikan pada Program Bakat Istimewa di Madrasah Tsanawiyah Negeri Malang III dan mengevaluasi berdasarkan 8 standar nasional pendidikan tingkat SMP/MTs yang meliputi standar kompetensi lulusan, standar isi, standar proses, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolahan, standar pembiayaan, dan standar penilaian pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dimana sumber data diperoleh dari: informan (Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, Waka Sarana dan Prasarana, Waka Bendahara, Ketua Program Bakat Istimewa, guru dan pelatih, serta siswa) dan dokumen. Keabsahan data menggunakan triangulasi. Sementara hasil penelitian menggunakan teknik analisis model interaktif yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil dari temuan data penelitian di Madrasah Tsanawiyah Negeri Malang III pada Program Bakat Istimewa dapat disimpulkan bahwa: (1) Keberadaan Sekolah Program Bakat Istimewa di Madrasah Tsanawiyah Negeri Malang III dari awal diselenggarakan pada tahun pelajaran 2013/2014 sampai dengan 2016/2017 telah mengalami peningkatan dalam pemenuhan sarana dan prasarana bagi peserta didik program bakat istimewa, meskipun masih ada yang harus ditingkatkan lagi berkaitan dengan lapangan yang digunakan dalam proses latihan. Sedangkan dalam Standar Penilaian pada program Bakat Istimewa di Madrasah Tsanawiyah Negeri Malang III yang dilaksanakan masih kurang spesifik dalam perumusan kompetensi. Hal ini terlihat dari format raport yang tidak disesuaikan dengan cabang olahraga yang dipilih oleh peserta didik, (2) Keberadaan Sekolah Program Bakat Istimewa di Madrasah Tsanawiyah Negeri Malang III meningkatkan mutu peserta didik khususnya dalam bidang non-akademik olahraga. Hal ini dapat dilihat dari prestasi yang dihasilkan baik tingkat kabupaten, provinsi, maupun nasional yang diperoleh madrasah melalui peserta didik yang menempuh program bakat istimewa.

Kata Kunci: Program Bakat Istimewa, Standar Nasional Pendidikan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2013). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Arikunto, S., & Cepi, S.A.J. (2014). Evaluasi program pendidikan pedoman teoritis praktis bagi praktisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Badan Standar Nasional Pendidikan. (2007). Standar Pengelolahan Pendidikan Oleh Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.

Fredricks, J. A., Alfeld, C., & Eccles, J. (2010) Developing and fostering in academic and non-academic domains. ProQuest Professional

Education. Advance online publication, 54 (1). Doi: 001: 10.1177/0016986209352683

Imburgia, T. (2014) Comparing overexcitability scores between STEM talented students and generally gifted students using the OEQ-II. Advance Development Journal. 14 (1).

Karin, M. B. B., & Doret, J. R. (2011). Five values of giftedness. ProQuest Professional Education. Advance online publication. 33 (3), 198-207. Doi: 10.1080102783193.2011.580502

Kathryn, C. (2012). Race to the future: Innovations in gifted and enrichment education in Asia, and implications for the United States. Administrative Sciences. 2, 1-25. doi: 10.3390/admsci2010001

Khamidi, A. (2011). Penyelenggaraan Pendidikan Berbasis Olahraga (Studi Multi Kasus pada Sekolah Sepak Bola di Surabaya, Sekolah Menengah Atas Negeri Olahraga Sidoarjo dan Prodi S1, S2, S3 Olahraga Universitas Negeri Surabaya). Retrieved from http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/ disertasi/article/view/15601.

Krasilshchikov, O. (2011) Talent recognition and development elaborating on a principle model. International Jounal of Development Sport Management. 1(1).

Moleong, L.J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Munawir, Y. (2014). Evaluasi Diri Sekolah Inklusi. Solo: Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.

Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 60 Tahun 2015. Penyelenggaraan Pendidikan Madrasah. Jakarta: Departemen Agama

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 54 Tahun 2013. Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Departemen dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 64 Tahun 2013. Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Departemen dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Downloads

Published

2018-04-09

Issue

Section

Review Articles

How to Cite

STUDI EVALUATIF TENTANG KEBERADAAN SEKOLAH PROGRAM BAKAT ISTIMEWA DI MTsN MALANG III BERDASARKAN 8 STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN TINGKAT SMP/MTS. (2018). Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 311-331. https://doi.org/10.32478/evaluasi.v2i1.81

Similar Articles

51-60 of 78

You may also start an advanced similarity search for this article.