PERAN FILSAFAT ISLAM DALAM MEMBANGUN PENDIDIKAN

DOI:

https://doi.org/10.32478/jis.v5i1.1507

Authors

Keywords:

Filsafat Islam, Konsep Pendidikan, Pendidikan Islam

Abstract

Peran filsafat dalam pendidikan Islam disatukan oleh sebuah tujuan yang sama, yakni pencarian kebenaran. Namun perbedaannya, filsafat lebih kepada rasio sedangkan pendidikan Islam berarti daya upaya untuk memajukan budi pekerti (kekuatan batin), pikiran (intelek), dan jasmani peserta didik yang harus selaras dengan lingkungan alam dan sosial kemasyarakatan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran filsafat Islam dalam membangun pendidikan. Metode penelitian adalah kajian pustaka yang di dalamnya memuat beberapa gagasan dan proporsi yang berkaitan dengan kajian didukung oleh data dan informasi yang diperoleh dari sumber pustaka. Beberapa temuan yang dihasilkan diantaranya pendidikan merupakan suatu proses penyiapan generasi untuk menjalankan kehidupan dan memenuhi tujuan hidupnya secara efektif dan efesien. Problematika pendidikan Islam didekati dengan kerangka berfikir segitiga hadharah. Dari pengembangan konseptual tersebut dengan tujuan bisa berubah menjadi pendidikan Islam yang visioner, integratif-interkonektif, non dikotomis dan bisa menjawab isu-isu kontemporer. Prinsip-prinsip tersebut dirajut dalam suatu konsep pendidikan Islam yang berkemajuan dan berperadaban. Penelitian falsafah dimaksudkan untuk mengkaji pemikiran tokoh beserta konsep pendidikannya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Ghazali, Abu Hamid Muhammad bin Muhammad. Ihya’ Ulumuddin I. Beirut: Darul Fikr, lihat juga Abu Hamid Muhammad bin Muhammad al-Ghazali. Ihya’ Ulumuddin I. Ilmu dalam Perspektif Tasawuf al-Ghazali. terj. Muhammad, Al-Baqir. 1996. Bandung: Karisma.

Ali, Mohammad Daud. 1995. Lembaga-Lembaga Islam di Indonesia. Jakarta, PT. Raja Grafindo Persada.

Mohammad Daud. 2002. Pendidikan Agama Islam. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Amrullah, Abdul Malik Karim. dan Djumransjah. 2007. Pendidikan Islam Menggali Tradisi Mengukuhkan Eksistensi. Malang: UIN-Malang Press.

Arikunto, Suharismi. 2000. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Suharismi. 1996. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

As’ad, Aliy. 2007. Tarjamah Ta’lim Muta’alim. Bimbingan Bagi Penuntut Ilmu Pengetahuan. Kudus: Menara Kudus.

Collin, Denis. 1999. Paulo Freire Kehidupan Karya dan Pemikirannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Departemen Agama Republik Indonesia. 1998. al-Qur’an dan Terjemahannya. Surabaya: Al-Hidayah.

Hajar, Ibnu. 1999. Metodologi Penelitian Kuantitatif dalam Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Hasbullah. 1997. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Jalaluddin. 2001. Theologi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Muhaimin. 2006. Nuansa Baru Pendidikan Islam Mengurai Benang Kusut Dunia Pandidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Munardji. 2004. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: PT Bina Ilmu. dalam Lois Ma’luf. 1951. Kamus al-Munjid. Bairut: Al Maihbah Al Kathalikyah.

Nata, Abuddin. 2001. Perspektif Islam Tentang Pola Hubungan GuruMurid “Studi Pemikiran Tasawuf al-Ghazali”. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Ngainun, Naim. 2009. Rekontruksi Pendidikan Nasional. Membangun Paradigm Yang Mencerahkan. Yogyakarta: TERAS.

Nurdin, Muhammad. 2008. Kiat Menjadi Guru Profesional. Jakarta: Ar-Ruzz, Media Group.

Patoni, Achmad. Metodologi Pendidikan Agama Islam. Jakarta: PT Bina Ilmu.

Poerwadarminto. 1984. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Rahman, Fazlur. 2014, “ Filsafat Pendidikan Islam Studi Pemikiran Pendidikan Islam fazlur Rahman”. Epistime.Vol. 9, No. 2.

Rizal, Ahmad Syamsul. 2014, “Filsafat Pendidikan Islam sebagai Landasan Membangun Sistem Pendidikan Islam”. Pendidikan Agama Islam- Ta‟lim. Vol. 12, No. 1.

Rosyadi, Khoiron 2004. Pendidikan Profetik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sauqi, Ahmad dan Ngainun Naim, 2008, Pendidikan Multi Kultural Konsep dan Aplikasi, Yogyakarta: Ar-Ruz Media Group.

Shofan, M. 2004. Pendidikan Berparadigma Profetik Upaya Konstruktif Membongkar Dikotomi Sistem Pendidikan Islam. Yogyakarta: Ircisod.

Sudjana, Nana. 1997. Tuntunan Penyusunan Karya Ilmiah. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Qonon Publishing, 2004.

Wahid, Abd. 2012 .“Korelasi Agama, Filsafat dan Ilmu”, Jurnal Substantia, Vol. 14, No. 2.

Downloads

Published

2023-03-25

Issue

Section

Articles

How to Cite

PERAN FILSAFAT ISLAM DALAM MEMBANGUN PENDIDIKAN (R. R. Rahmatullah & A. K. Kamal , Trans.). (2023). Journal Islamic Studies, 4(1), 15-31. https://doi.org/10.32478/jis.v5i1.1507

Similar Articles

11-19 of 19

You may also start an advanced similarity search for this article.